“Lulus SMA, lanjut kemana?”


inbound82482572.jpg

Read 249 

Ga kerasa ya, tinggal menghitung bulan, anak kelas XII akan segera lulus. Tidak sedikit loh mereka yang duduk dibangku akhir SMA sering mengalami kegalauan. Mereka bingung dalam menentukan karir atau langkah selanjutnya setelah lulus SMA. Hal ini merupakan hal yang wajar, karena mereka dituntut untuk menentukan pilihan yang secara tidak langsung dapat menentukan masa depannya kelak. Lulus SMA bukanlah akhir perjuangan, melainkan awal perjalanan dalam mencari dan menemukan jati diri, kehidupan sesungguhnya, pun dengan kebermaknaannya.

Tak dapat dipungkiri, pertanyaan mengenai “setelah lulus SMA, mau lanjut kemana?” sering muncul dibenak remaja yang berada ditingkat akhir SMA. Mereka bingung, mau kemana setelah lulus SMA. Mencari pekerjaankah? melanjutkan pendidikan di universitas kah? atau mau langsung walimahan atau nikahan aja?

Dari pertanyaan yang muncul, idealnya pilihan bagi siswa yang baru lulus SMA hanya dua, bekerja atau melanjutkan pendidikan (kuliah). Namun sekarang, tak sedikit juga yang memutuskan untuk langsung walimahan, alias NIKAHAN. Sebenarnya, dari berbagai pilihan yang muncul, siswa tidak akan bingung jika mereka sudah memiliki tujuan dan arah kehidupannya itu mau dibawa kemana, karena setidaknya sudah tergambar bagaimana rencana-rencana dalam menjalani kehidupannya kedepan.

Naaah.. buat kamu yang masih bingung nanti mau lanjut kemana setelah lulus SMA, yuk kita cari tahu bersama apa yang harus dipersiapkan jika kita memilih salah satu dari pilihan yang ada (kerja, kuliah, menikah).
1. Jika lulus SMA, memilih langsung bekerja
Tidak sedikit, yang lulus SMA memilih untuk langsung bekerja. Namun mereka sering melupakan hal penting ketika memutuskan untuk bekerja, yaitu skill atau kemampuan. Jika dilihat secara nyata, ketika terjun ke dunia kerja, lulusan SMA akan kalah saing dengan lulusan SMK. Mengapa demikian? Karena sejatinya lulusan SMK memang sudah dipersiapkan dan dilatih untuk langsung terjun ke dunia kerja. Naaah, untuk mensiasatinya, lulusan SMA bisa mengikuti pelatihan di lembaga-lembaga tertentu. Agar tidak insecure ketika nanti bersaing di dunia kerja. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan mencarai pekerjaan, diantaranya; skill yang mumpuni, motivasi bekerja yang tinggi, harus siap berkompetisi.

2. Jika lulus SMA, memilih lanjut kuliah
Jika bertanya “setelah SMA,mau kuliah ga?”, mayoritas siswa pasti akan menjawab mau. Namun, pada kenyataannya hanya sebagian saja yang beruntung atau berkesempatan untuk merealisasikannya. Hal ini karena beberapa faktor, salah satunya yaitu biaya.
Naaah.. buat kamu yang sudah ada rencana untuk melanjutkan kuliah, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan dari sekarang, diantaranya;
a. Universitas mana yang akan dipilih?
b. Jurusan apa yang akan dipilih?
c. Perkiraan estimasi biaya kuliah
d. Peluang lapangan pekerjaan 5-6 tahun kedepan

3. Lulus SMA, langsung menikah
Menikah setelah lulus SMA memang marak terjadi selama beberapa tahun terakhir. Hal ini menyebabkan pertumbuhan angka penduduk semakin meningkat. Kemiskinan, ekonomi, budaya, bahkan kehamilan yang tidak diinginkan akibat pergaulan bebas menjadi faktor penyebabnya. Selain itu, ketika kita memutuskan untuk menikah setidaknya kita harus siap secara lahir maupun batin, siap melepas kebebasan, siap menjadi orang tua, siap untuk dinafkahi ataupun menafkahi, siap untuk bermasyarakat dengan baik, juga siap untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.
Jadi, buat kamu yang memiliki rencana untuk menikah setelah lulus SMA, coba deh pikir-pikir lagi. Karena menikah itu sakral, perjanjian yang langsung dengan Tuhan. Tidak seperti pacaran, yang kalau bosan bisa langsung udahan.

Hidup adalah pilihan. Dimana kita selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan, namun yang harus dipilih hanyalah satu. Dalam hal ini, kita dituntut untuk dewasa. Harus berani dan mampu dalam menentukan setiap langkah yang akan diambil dari berbagai pilihan yang ditawarkan. Kekurangan, kelebihan, resiko, dan segala hal yang berkaitan dengan pilihan itu harus kita ketahui terlebih dahulu. Karena setiap keputusan atau pilihan akan berdampak pada proses dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, pikirkan terlebih dahulu sebelum memutuskan pilihan, beranikan diri untuk mengambil langkah ke depan.

Latest posts by Alqurbatulillah (see all)

Alqurbatulillah

Anak keempat dari empat bersaudara. Berasal dari Kuningan-Jawa Barat. Ia menjadi salah satu alumni Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kuningan angkatan tahun 2017. Saat ini sedang menempuh pendidikan strata 1(S1) program studi Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Waktu luangnya banyak dihabiskan dengan membaca, terutama novel dan buku-buku motivasi.