ARTICLEHEALTHY LIFESTYLESI-TEEN LITERATOUR OF THE WEEKI-TEENS LITERATOUR

Kembali Bebas dari Toxic Relationship


PicsArt_12-31-01.08.53.jpg

Loading

Buku Psychopath Free: Menghapus Luka Terdalam adalah sebuah buku yang ditulis oleh Jackson Mackenzie. Buku ini merupakan buku terjemahan yang diterbitkan PT Elex Media Komputindo tahun 2021. Ini merupakan buku pertama dari psycopath free series, dan buku keduanya adalah Kembali Pulih.

Jackson Mackenzie, ia menulis buku ini sebagai panduan pertama bagi korban toxic people. Jackson juga merupakan seorang penyintas, oleh karena itu ia paham dengan apa yang orang-orang rasakan ketika bersentuhan dengan para toxic people. Buku ini ia tulis untuk menawarkan harapan bisa kembali pulih dan berkembang dari pengalaman pahit psikopatik.

Jackson menyebut orang-orang toxic sebagai psikopat yang tidak punya hati. Karena terlibat dengan psikopat seperti perjalanan gelap yang akan menghempaskanmu ke dalam depresi, kemarahan, dan kesepian. Ia akan mengungkapkan ketakutan terdalammu, meninggalkanmu dengan kekosongan yang menghantuimu di setiap embusan napas. Tetapi pada akhirnya ia akan menyembuhkanmu.

Dalam buku ini dijelaskan dengan sangat detail dan mudah dipahami, mulai dari apa itu psikopat, bagaimana psikopat berhasil menguasai diri kamu, dan yang terpenting ia juga menjelaskan proses dari penyembuhan setelah keluar dari toxic relationship.

Tahap awal ketika kamu sedang dalam proses pemulihan, mungkin kamu belum sadar telah berurusan dengan seorang psikopat. Kamu biasanya akan menyalahkan diri sendiri dan merasa bahwa kamu tidak akan pernah bahagia lagi. Kamu belum mengerti bagaimana penyiksaan dari psikopat itu telah menghancurkan kepercayaan diri dan identitasmu bahkan dengan polosnya kamu tidak tahu itu adalah penyiksaan. Jika kamu terus mengisi otakmu dengan keraguan akibat kebohongan psikopat dan kemudian menegaskannya, kamu tidak akan memiliki ruang bagi kebenaran dalam pikiranmu.

Kemudian apa yang harus kita lakukan? Disini Jackson memberikan pesan, yang harus kita lakukan dalam proses penyembuhan dari toxic relationship adalah “Rangkul dirimu yang baru dan buka hatimu untuk mencintai lagi. Kamu harus bangga pada dirimu sendiri. Kamu berhasil melewatinya, dan melalui kejadian tersebut, jalan hidupmu selamanya berubah menjadi lebih baik. Mungkin akan kembali bertemu dengan toxic people lainnya, namun kamu tidak akan pernah lagi jatuh cinta padanya. Pikiran, hati, dan tubuhmu menjadi selaras, membuatmu tidak terkalahkan dalam permainan pikiran orang tak berjiwa. Kamu akan menemukan dirimu tidak lagi membuang waktu untuk merenungkan masa lalu karena saat ini dan masa depan jauh lebih cerah. Daripada menggali kenangan masa lalu, biarkan dirimu melepaskannya. Menangislah sebanyak yang kamu mau. Kirimkan gelombang kasih sayang untuk menyembuhkan bagian yang perlu disembuhkan, atau untuk menyentuh bagian yang hilang.”

Dan kata terakhirnya dalam buku ini adalah “Ucapkan selamat tinggal pada keraguan diri, viktimisasi, dan luka. Jadilah bebas”

social media
Latest posts by Dita Khairunnisa (see all)