Jadilah pemuda yang berperan, bukan baperan!


20211118_230949_0000.png

Read 227 

Teman-teman, tidak kerasa ya umur kita sekarang udah beranjak dewasa dan sudah bukan anak-anak lagi. Baik disadari atau tidak banyak sekali perubahan dalam hidup kita ini baik dari segi fisik, mental, perilaku, lingkungan, bahkan keluarga, dan lain sebagainya. Jika usia kanak-kanak kita hanya memikirkan tentang main, main dan main. Berbeda halnya dengan saat ini. Jika beranjak remaja kita sibuk memikirkan tentang perasaan semata, baik itu memikirkan doi yang ada di kelas sebelah, doi yang lebih memilih jalan dengan teman kita, putus dengan doi atau bahkan ditolak sebelum mengungkapkan perasaan kita sendiri.

Namun nyatanya di usia saat ini peran kita tidaklah sesederhana saat masa anak-anak atau remaja. Saat ini kita sudah mulai memasuki masa dewasa awal (pemuda). Ternyata peran kita tidaklah sesederhana hanya dengan mengikuti perasaan semata atau hanya sibuk dengan waktu bermain saja. Saat memasuki masa dewasa awal atau menjadi seorang pemuda kita memiliki berbagai peran dan tanggung jawab di dalam hidup kita baik untuk diri sendiri, keluarga, lingkungan, ataupun bangsa dan negara.

Tahukah kamu apa saja peran pemuda? Berikut ini peran dan tanggung jawab pemuda.
Peran pemuda yang pertama yaitu agent of change atau agen perubahan. Baik disadari atau tidak lambat laun hidup terus berubah-ubah. Tidak bisa dipungkiri perubahan tersebut membuat kehidupan menjadi berbeda. Setiap perubahan tidak selalu membawa kebaikan, ada juga perubahan yang membawa ke arah keburukan. Maka dari itu kita sebagai pemuda sudah sepatutnya memiliki kesadaran tentang peran dan tanggung jawab kita untuk membawa perubahan bagi bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik lagi, serta merubah segala sesuatu yang buruk menjadi baik.

Peran pemuda yang kedua yaitu agent of development atau agen pembangunan. Di negara kita sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam pembangunan baik dari segi infrastruktur atau yang lainnya. Kadang kala dalam pembangunan tersebut tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya. Sebagai pemuda kita harus bisa membangun bangsa ini menjadi lebih maju dan lebih baik lagi supaya dapat diakui oleh bangsa luar. Kita bisa membangun bangsa ini dari segi akademik, budaya, olahraga ataupun kreativitas. Dengan itu semua, kita dapat memperkenalkan kepada dunia luar bahwa image bangsa kita itu baik dan pembangunan yang dijalankan berjalan dengan lancar. Sebagai pemuda kita harus menjunjung tinggi kreativitas dan inovasi agar pembangunan dan sumber daya manusia bangsa ini terus maju dan lebih baik lagi.

Peran pemuda yang ketiga yaitu agent of modernization atau agen pembaharuan. Dari zaman dulu hingga zaman sekarang keadaan terus berubah-ubah dari segi apapun. Kita sebagai pemuda yang hidup di zaman modern tentunya mempunyai tantangan tersendiri. Di zaman ini kita dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, dan cerdas untuk bisa mengatur, mengolah, serta memperbaharui berbagai hal-hal yang belum ada atau sesuatu yang sebelumnya telah ada. Contohnya, zaman dahulu kita hanya bisa berkirim pesan suara lewat telepon genggam atau telepon rumah, zaman sekarang kita bisa bertukar kabar, pesan, atau bisa bertatap muka lewat virtual di gadget yang kita pegang saat ini. Tentunya segala pembaharuan yang ada akan terus berkembang di masyarakat. Pemuda seperti kita tidak boleh hanya menikmati saja, kita harus turut ambil peran serta tanggungjawab dalam berbagai pembaharuan yang ada agar bisa dikembangkan menjadi lebih luas lagi.

Peran pemuda yang keempat yaitu building an education atau membangun pendidikan. Dari taman kanak-kanak hingga saat ini kita sudah mengenyam berbagai macam pendidikan dan pengajaran. Kita sangat tahu bahwa pendidikan merupakan hal terpenting bagi semua orang. Orang yang beruntung bisa mengenyam bangku pendidikan hingga tahap akhir, tetapi untuk orang yang kurang beruntung mereka hanya bisa mengikuti takdir. Sudah selayaknya kita sebagai pemuda berperan aktif untuk membangun pendidikan bangsa ini menjadi lebih baik dan lebih layak lagi. Bangsa ini memerlukan orang-orang hebat untuk dapat memajukan dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita hebat. Karena tanpa adanya pendidikan yang layak bangsa ini akan hancur dijajah oleh bangsa asing.

Peran pemuda yang kelima yaitu building high fighting spirit atau membangun semangat juang yang tinggi. Pernahkah kalian mendengar sebuah lirik lagu pak haji Rhoma Irama? Kira-kira begini isi liriknya “darah muda, darahnya para remaja yang selalu merasa gagah tak pernah mau mengalah, darah muda”. Disadari atau tidak ternyata itu sangat persis seperti apa yang dirasakan oleh para pemuda di usianya. Pemuda memiliki semangat yang membara di dalam dirinya, maka dari itu semangat yang berkobar dalam diri seorang pemuda haruslah dituangkan ke dalam hal-hal yang positif dan bermanfaat. Kita bisa menuangkan semangat tersebut ke dalam perjuangan yang baik untuk bangsa dan negara ini. Salah satu contohnya adalah semangat membangun prestasi bagi bangsa, agar bangsa ini dikenal oleh dunia luar. Selain itu semangat untuk membawa perubahan dengan menjunjung tinggi nilai yang dianut oleh bangsa. Semangat perjuangan ini haruslah dibarengi dengan niat yang kuat.

Itulah kelima peran dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan oleh pemuda. Sudah selayaknya kita sebagai pemuda harus memajukan dan mensejahterakan bangsa dengan menjunjung tinggi moral. Sebagai penerus bangsa kita harus berperan aktif terhadap keberlangsungan bangsa ini.
Kita tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri saja, apalagi hanya perihal percintaan jangan bermain-main saja. Di umur kita yang sekarang urusan percintaan, memilih pasangan, patah hati, atau diselingkuhi itu sudah bukan masanya lagi. Ada hal yang lebih penting lagi dilakukan daripada itu. Saya ingat seseorang pernah berkata “Jadilah pemuda yang berperan, bukan baperan”. Maka dari itu sebagai pemuda bangsa kita harus meneruskan perjuangan untuk Mewujudkan bangsa yang makmur, adil, dan sejahtera.