Hidup Hemat dan Sederhana


inbound4099331166863012002.jpg

Read 370 

Menurut kalian hidup hemat dan sederhana itu apa? Apakah kikir? Yang dimaksud dengan pola hidup hemat berarti gaya hidup yang tidak boros dan tidak berlebihan. Dapat dicontohkan seorang ibu yang pergi berbelanja dengan membawa daftar belanja, maka ia akan berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Lain halnya bila seorang ibu yang pergi belanja tanpa daftar belanja, maka ia akan berbelanja diluar yang dibutuhkan, dan ini biasanya akan menimbulkan pemborosan. Sederhana artinya apa adanya dan tidak berlebih-lebihan, hidup sederhana bukan berarti hidup miskin. Lebih simpelnya hidup sederhana itu harus menerapkan lebih banyak penghasilan daripada pengeluaran

Adapun tips hidup hemat dan sederhana diantaranya
1. Membawa botol minum sendiri
Investasikan uang Anda untuk membeli botol air minum berkualitas tinggi sehingga aman untuk dipakai ulang. Dengan demikian Anda bisa mengisinya sebelum bepergian. Selain menghemat uang, juga ramah lingkungan.

2. Buat daftar belanjaan
Atur dengan cermat menu mingguan untuk keluarga sehingga Anda mengetahui bahan makanan yang harus dibeli. Buat daftar belanja dan disiplin hanya membeli yang dibutuhkan. Hal yang sama juga berlaku saat Anda belanja baju.

3. Cari diskonan
Jangan gengsi memanfaatkan kupon diskon, cashback, atau promo dari bank penerbit kartu kredit. Jika kebetulan ada program diskon untuk barang yang dibutuhkan, kenapa tidak dimanfaatkan. Dengan catatan, Anda membayar penuh tagihan di bulan berikutnya dan tetap beli barang yang memang dibutuhkan.

4. Sisihkan uang kembalian
Jangan biarkan celengan Anda hanya jadi pajangan di meja. Setiap kali Anda mendapat uang kembalian, masukkan ke dalamnya. Buat target, misalnya tiap mendapat kembalian uang Rp 20.000 harus masuk ke celengan. Kumpulkan setiap hari dan lihat berapa hasilnya setelah sebulan. Lumayan kan.

5. Masak sendiri
Anda tak harus sepintar chef untuk menyiapkan makanan lezat di dapur sendiri. Ada ribuan resep mudah, bahkan ada videonya, yang bisa diikuti. Selain menyehatkan, masak sendiri juga berhemat banyak.

6. Matikan listrik saat tidak dipakai
Walau sepele, tetapi menghemat pemakaian listrik berarti menghemat pengeluaran.
Hidup hemat itu simpel dan mudah, dengan melakukan hal-hal sederhana diatas Anda sudah berhasil menghemat banyak sekali pengeluaran, dengan begitu Anda bisa menyimpan uang yang ada untuk keperluan lain atau berjaga-jaga saat sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Pada akhirnya memang berhemat saja tidaklah cukup untuk bisa hidup sukses, Anda juga harus meningkatkan penghasilan secara bertahap, jadi sembari berhemat tetaplah berusaha untuk mencari uang dan menambah pundi-pundi pemasukan yang ada.

Latest posts by Ilma Nurma Latipah (see all)

Ilma Nurma Latipah

Saya Ilma Nurma Latipah, dilahirkan dan besar di kota tahu yaitu Sumedang sekarang sedang mengenyam bangku pendidikan di UIN SGD Bandung mengambil jurusan BKI