Kenapa anak muda saat ini harus mengetahui investasi?


Read 169 

Investasi saat ini sedang digemari oleh banyak orang, dari kalangan anak muda hingga orang tua mereka semua berlomba-lomba untuk berinvestasi karena dengan berinvestasi membantu seseorang untuk menabung, menyimpan uang, dan berpenghasilan. Investasi juga dapat membantu kita di masa yang akan datang.

Banyak juga aplikasi yang membantu kita untuk berinvestasi dari koin digital, emas, saham, dan juga reksadana. Aplikasi yang menawarkan tempat untuk berinvestasi juga sudah banyak yang di setujui oleh pemerintah salah satunya adalah dengan diizinkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Maka dari itu kita juga harus berhati-hati dengan aplikasi yang menawarkan keuntungan yang besar ternyata aplikasi itu bodong atau ilegal karena bisa saja mereka hanya menipu dan ingin mengambil uang kita.

Berikut beberapa alasan agar anak muda saat ini harus mengetahui dan paham tentang investasi:

  • Mempunyai sumber keuangan tambahan

Berinvestasi memberi Anda kesempatan untuk menambah nilai uang Anda. Ketika dana investasi Anda menghasilkan bunga, bunga itu adalah keuntungan Anda. Lain halnya dengan menabung, di mana uang Anda hanya akan disimpan di bank dan tidak menambah nilai.
Salah satu penawaran paling menarik dari investasi seperti saham misalnya adalah memiliki passive income. Beberapa emiten diketahui rajin membagikan dividen. Artinya semakin besar kepemilikan Anda pada suatu perusahaan tertentu, maka semakin besar pula keuntungan yang akan dibagikan oleh perusahaan tersebut. Hal ini juga akan menambah uang jajan untuk menunjang gaya hidup.
Berinvestasi tidak seperti menabung yang hanya membiarkan uang mengendap di bank. Berinvestasi berarti nilai uang yang dimiliki akan meningkat karena adanya peredaran uang atau pertumbuhan nilai.

  • Mencapai tujuan keuangan

Dana yang diinvestasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang diperoleh. Dari penghasilan tambahan ini, Anda bisa “menikmati” hidup dengan melakukan apa yang Anda inginkan, seperti jalan-jalan, melanjutkan pendidikan, atau modal untuk membangun bisnis.
Sebagai anak muda, Anda pasti memiliki banyak cita-cita yang ingin dicapai. Misalnya, mengunjungi negara tertentu, menonton konser band favorit, atau membeli gadget impian. Nah, tujuan seperti inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus berinvestasi. Seperti disebutkan di atas, investasi menawarkan potensi keuntungan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa.

  • Mempunyai dana pensiun

Alasan lain mengapa perlu berinvestasi sejak usia dini adalah dana pensiun. Idealnya, semakin cepat Anda menyiapkan dana pensiun, semakin besar dana pensiun Anda. Saat ini, ada banyak instrumen investasi yang bisa disiapkan sebagai dana pensiun.
Akan ada saatnya Anda harus pensiun dan meninggalkan dunia kerja. Tentu saja, Anda perlu menyiapkan sumber penghasilan saat Anda sudah tidak produktif lagi. Jika Anda telah berinvestasi sejak usia dini, Anda dapat menikmati reksa dana dan keuntungan saat Anda pensiun. Nilai uang Anda akan tumbuh seiring waktu.
Dengan bertambahnya usia, kondisi tubuh tidak seefisien dulu. Pada titik tertentu, Anda juga harus menarik diri dari dunia kerja. Bahkan, bahkan di masa pensiun, Anda masih membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu, jika Anda perlu berinvestasi, investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan dana pensiun. Semakin cepat Anda mulai berinvestasi, semakin banyak dana pensiun yang Anda kumpulkan.

Itulah beberapa alasan kamu harus tahu atau memahami tentang investasi.