Yuk, mulai Self-Love dari sekarang!


selflove.png

Read 621 

How much do you love yourself? Yes, self love is a very important thing that we have do in our life. Kenapa sih self love itu penting? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut alangkah lebih baik jika kita tahu dulu apa sih self love itu? Nah di tulisan kali ini aku bakalan membahas tentang self-love. Kenapa sih self-love ini perlu dibahas? Karena self-love itu amat sangat penting, terlebih lagi bagi para remaja yang masih dalam tahap transisi dari anak menuju dewasa. Sudah pasti mulai ditemukan permasalah-permasalah yang dapat mengguncang kondisi psikis remaja.

Sebagai manusia biasa udah pasti kita pernah melakukan kesalahan yang dapat memposisikan diri kita dalam rasa bersalah yang mendalam, bahkan sampai menghakimi diri sendiri. Kita mungkin juga pernah merasa terlahir sebagai manusia tidak berguna, apalagi ketika kita menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang kita miliki. “ih bodoh banget sih ngerjain kaya gini aja ga bisa, kenapa sih ga kaya orang lain punya bakat yang bisa dibanggain, ga berguna banget hidupnya selalu nyusahin orang”. Hayo, siapa nih yang suka kaya gitu? Gapapa, it’s okay. Karena hal-hal seperti itu merupakan hal yang biasa terjadi dalam kehidupan dan wajar jika pernah ada dalam posisi seperti itu. Tapi hal semacam ini tentunya tidak boleh dibiasakan terjadi dalam hidup kita. Kita harus berusaha untuk merubah kebiasaan tersebut agar menjadi lebih positif, salah satunya dengan cara self love.

Self love atau mencintai diri sendiri adalah ketika kita mampu menghargai diri kita sendiri, mencintai apa yang ada dalam diri kita termasuk menerima kelebihan tanpa tinggi hati dan menerima kekurangan tanpa ditutupi.

Terus kenapa self-love itu penting?
Temen-temen tau ga? Dalam pandangan Islam ternyata self-love itu menjadi suatu kewajiban loh sebagai perwujudan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah swt. Bahkan Rasulullah saw. pun pernah bersabda “barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya”. Dengan mencitai diri sendiri, maka kita dapat lebih mensyukuri dan menghargai kelebihan serta kekurangan yang telah dititipkan Allah dalam diri kita.

Dalam pandangan psikologi, rasa cinta terhadap diri sendiri merupakan kunci untuk memperoleh kesehatan mental dan kesejahteraan hidup. Selain itu, self-love juga dapat menjaga diri kita dari depresi dan kecemasan. Aaron Krasnow berkata “self-love is the primary relationship you’ll have in your life. The more you develop this relationship the more fulfilling your life will be.” Rasa cinta terhadap diri sendiri merupakan hubungan utama yang akan kita miliki dalam kehidupan kita, yang mana apabila semakin kita kembangkan hubungan ini akan semakin memuaskan hidup kita.
Temen-temen perlu ingat bahwa Mencintai diri sendiri bukanlah suatu hal yang egois. Dengan mencintai diri sendiri kita dapat memberikan manfaat, baik untuk diri kita maupun orang lain. Selain itu, kita juga menjadi tahu caranya bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Kita ga akan sempat untuk memikirkan apalagi mengomentari kehidupan orang lain dan membandingkan diri kita dengan orang lain.

Terus gimana dong cara untuk memulai self-love?
Membangun self-love tentunya membutuhkan waktu, kesabaran, dan latihan. Semua orang berhak mencapainya. Untuk mulai mencintai diri sendiri kita dapat melakukan 7 cara ini.
Pertama, lakukan afirmasi positif. Afirmasi bekerja untuk membantu meningkatkan harga diri. Contoh afirmasi yang biasa aku lakuin seperti ini “hai Irfa, kamu cantik, kamu baik, terimakasih sudah bertahan sampai sejauh ini. Tetaplah baik walau baikmu tak berbalik. Kamu istimewa dengan apa yang ada dalam dirimu. Jangan bosen untuk terus belajar dan berusaha menjadi lebih baik lagi kedepannya. You are an extraordinary girl. So proud of you.” Berikan pujian dan kata-kata positif setiap kali akan memulai hari agar hari-harimu menjadi hari yang positif pula.
Kedua, hindari pertemanan tidak sehat. Kalau kamu merasa saat ini orang-orang di sekitarmu kurang mendukungmu, maka tinggalkanlah. Mereka hanya akan jadi toxic yang akan menjatuhkanmu. Mulailah cari teman yang mendukungmu, karena teman yang baik akan memotivasimu untuk melakukan hal baik dan bukan sebaliknya.

Ketiga, memaafkan diri sendiri. Gapapa kok kalau kamu melakukan kesalahan hari ini. Yang terpenting besok kamu harus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Wajar setiap orang melakukan kesalahan, tapi setelah itu harus ada perubahan yang dilakukan dengan mencoba memaafkan diri sendiri dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

Keempat, berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Mungkin saat ini kamu sedang berada dalam posisi sulit yang menyebabkan kamu merasa kurang dibanding teman-temanmu yang lain. Kamu merasa kurang beruntung, merasa jadi orang paling bodoh, atau lainnya. Tapi ingatlah, setiap orang punya keunikannya sendiri. Bisa jadi kamu punya sesuatu yang orang lain ga punya. Jadi, mulai sekarang, berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, karena hal itu hanya akan membuatmu fokus pada hal negatif. Padahal, ada banyak hal positif yang kamu punya yang harus lebih dipikirkan dan dilakukan. Sayang banget kan kalau kamu hanya buang-buang waktu untuk memikirkan dan merenungi kekuranganmu.

Kelima, menerima kekurangan yang ada pada diri. Menerima kelebihan diri sendiri udah pasti mudah untuk dilakukan. Kalau menerima kekurangan? Hmmm, cukup sulit ya. Tapi percayalah, nobody is perfect, tidak ada manusia yang sempurna. Semua pasti punya kekurangan, tugas kita adalah menerima kekurangan tersebut tanpa perlu menutupinya dan berusaha menjadi lebih baik dengan kekurangan itu. Self-love is self acceptance, kalau kamu sudah bisa menerima kekuranganmu maka kamu sudah berhasil mencintai dirimu sendiri.

Keenam, kembangkan potensi diri. Lakukanlah hal positif yang kamu sukai karena hal tersebut akan memunculkan versi terbaik dari dirimu. Kamu suka melukis, maka melukislah. Kamu suka naik gunung, maka mendakilah. Kamu suka travelling, ambil backpackmu dan berpetualanglah. Kamu suka menulis, maka menulislah untuk menginspirasi banyak orang melalui tulisanmu.
Ketujuh, nah ini nih yang paling penting. Bersyukur. Pastikan selalu bersyukur atas semua pencapaian dalam kehidupanmu. Bersyukurlah karena apa yang kamu capai belum tentu dirasakan oleh orang lain. Bersyukur juga ketika kamu sedang diuji oleh Allah, karena itu tandanya kamu sedang dipersiapkan untuk ada di level lebih tinggi.

Gimana ga sulit kan? Udah siap belum buat self-love? Harus siap dong, siap ga siap harus siap ya. Ada banyak cara untuk mulai mencintai diri sendiri, kamu bisa memulainya dengan berdamai dengan diri sendiri. Jangan menunggu sampai dirimu mencapai hal-hal yang kamu inginkan, mulailah untuk mencintai diri dari sekarang.

Loving yourself would bring your happiness. Good luck!
Mencintai dirimu akan membawa kebahagiaan untukmu.

Latest posts by Irfa Laila Syarifah (see all)