Kesehatan Mental dan Remaja


mental-health-2019924_640.jpg

Read 338 

Sering kali kita mendengar istilah stress atau depresi dilingkungan sekitar, khususnya sering kali diucapkan oleh para remaja. Hal itu terjadi karena di usia remaja seseorang akan lebih mudah mengalami stres karena disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah media sosial. Stres yang diabaikan akan menimbulkan depresi dan tentunya akan mengganggu kesehatan mental anak tersebut.
Lalu, apa sih kesehatan mental itu? …..
Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, orang lain dan masyarakat sekitar serta lingkungan dimana ia hidup. Definisi lain menjelaskan bahwa kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi masalah-masalah yang terjadi di kehidupan dan dapat merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan yang dimiliki dirinya.
Maka dari itu, kesehatan mental sangat penting untuk dijaga khsusnya di masa remaja karena di usia remaja kesehatan mental sangat rentan terjadi akibat ketidaksanggupannya para remaja dalam menjaga dan menghindari faktor-faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan mental.
Nah,, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental bagi remaja
1. Mengelola stress
Stres biasanya cukup sulit untuk dihindari tetapi hal tersebut dapat dibatasi dengan cara-cara yang mudah dan dapat dilakukan sehari hari seperti berjalan santai di luar ruangan, berolahraga, melakukan meditasi, bertukar pikiran dengan sahabat, atau menulis buku harian. Hal-hal tersebut dapat membantu pikiranmu untuk tenang dan melihat hidup dengan lebih jernih.
2. Tetapkan tujuan yang realistis
Memahami apa tujuan hidupmu akan membuatmu lebih terarah dalam menentukan cara mencapai tujuan tersebut. Lengkapi dengan keterangan target waktu, serta daftar hal-hal yang telah berhasil kamu capai.
3. Berkumpul dengan orang-orang yang selalu mendukung langkahmu
Orang yang punya hubungan sosial yang sehat terbukti mengalami lebih sedikit gangguan kesehatan dan dapat hidup lebih lama. Menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan teman-teman dekat atau keluarga dapat membantumu melepas penat. Kamu bisa bersenda gurau, meluapkan emosi, atau berbagi cerita dan pengalaman sehingga kamu bisa mendapatkan saran serta dukungan dari mereka.
4. Melakukan rutinitas baru
Rutinitas yang monoton dapat membuatmu mudah stres. Cobalah lakukan hal-hal yang baru, seperti mengganti cat dinding rumah, belajar bahasa baru, memperbarui penampilan, atau sekadar mengganti rute pulang-pergi kantor. Melakukan hal baru dapat menyegarkan pikiranmu, bahkan membuatmu lebih semangat dalam menjalani hari.
5. Merawat kesehatan tubuh
Kesehatan mental tentu sangat bergantung pada caramu merawat diri sendiri. Pastikan kamu makan beragam makanan sehat, istirahat, dan minum air putih yang cukup, berolahraga, serta menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum minuman keras. Dan ingat, bukan hanya kurang tidur, kelebihan jam tidur juga tidak baik untuk kesehatan mental.

Latest posts by Azzahra Fikriyatun Nurfadillah (see all)

Azzahra Fikriyatun Nurfadillah

Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara orang tua saya bekerja sebagai guru, kesibukan saya saat ini kuliah.