Yuk Kenali Penyebab Insecure agar Bisa Membenahi Diri!


20210112_102704_0000.png

Read 170 

Guys, kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah insecure? Mungkin kamu pernah mendengar orang lain bilang, “Aku nggak PD deh ini kulit aku kusam dan jerawatan” atau “Aku ngerasa insecure deh sama hasil kerjaan aku”. Kalau kamu masih bingung, salah satu tanda dari merasa insecure adalah dengan berkata seperti itu lho. Lebih lengkap, pengertian insecurity adalah Perasaan tidak aman ini sebenarnya adalah hal yang biasa dialami setiap orang pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, ketika kamu sedang kuliah dan diberi pertanyaan yang nggak kamu kuasai, atau ketika kamu harus melewati gang kecil dan gelap setelah mendengar ada kejadian mengerikan pada malam sebelumnya. Merasa insecure adalah wajar terjadi pada saat-saat seperti itu.

Di sisi lain, perasaan insecure ini bisa terus menghantui kamu lho, meski tanpa pemicu apa pun. Hal seperti ini tentunya bisa mengganggu dan membuat kamu tidak nyaman. Nah, kondisi ini biasanya disebut generalised insecurity, atau insecurity yang umum. Lantas, apa penyebab kondisi ini? Apa yang bisa menyebabkan seseorang merasa insecure? Kenapa orang bisa merasa insecure? Ini pertanyaan besarnya, bukan? Apa penyebab insecurity? Alasan dari perasaan insecure kamu kemungkinan besar sangat pribadi. Kemungkinannya, kamu perlu beberapa refleksi diri untuk mengidentifikasi penyebab insecurity dan keraguan dirimu sendiri. Siapa pun bisa merasa insecure. Tapi, apa sih yang sebenarnya bisa membuat orang merasa insecure? Berikut beberapa sebabnya menurut pakar psikologi. Akar penyebab dari seseorang merasa insecure adalah ketakutan, dan itu dibentuk oleh pengalaman masa lalu, insecure disebabkan oleh pengalaman buruk saat kecil.

Menurut Sal Raichbach, seorang psikolog, perasaan tidak berharga sebagai seorang anak biasanya terbawa hingga dewasa. Itu bisa mempengaruhi persepsi diri kita dan cara kita berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, ketakutan juga bisa memicu insecurity. Mungkin ketakutan bahwa kamu nggak cukup baik untuk orang-orang di sekitarmu bisa menyebabkannya. Ini biasanya terjadi akibat pengalaman seseorang dari hubungan sebelumnya, di mana kepercayaan telah hilang.

Daripada mencoba menyembunyikan insecuritymu, lebih baik coba untuk mengatasinya. Ini bukan perkara yang mudah, tetapi hasil jangka panjangnya bisa membuatmu bahagia, nyaman, dan damai. Perasaan insecure dimulai dari rumah, dengan siapa yang mengasuh dan mendidikmu. Banyak orang saat ini akan menyalahkan hal-hal yang ditayangkan oleh televisi dan media sosial, yang memproyeksikan gambar yang tidak realistis, padahal itu tidak sepenuhnya benar kok.

Kalau kamu pernah bingung dari mana sih asal kurangnya rasa aman di diri kamu, nah itu berasal dari ketakutan, guys. Kebanyakan berasal dari ketakutan tentang masa depan. Biasanya, pertanyaan dalam diri seperti ini akan muncul “Gimana ya nanti kalau aku ga punya suami?”, “Gimana ya kalau nanti aku gak lulus kuliah?”

Kekhawatiran itulah yang biasanya memicu perasaan tidak aman dalam diri kamu, karena sudah membayangkan apa yang akan terjadi kalau suatu hal tidak berjalan sesuai keinginanmu. Perasaan insecure bisa muncul karena kamu sangat mendengarkan kritik batinmu Salah satu sebab kamu merasa insecure adalah bisa jadi karena mendengarkan kritik batin dalam dirimu. Kritik batinmu biasanya mengatakan hal-hal yang nggak akan pernah kamu katakan kepada orang lain.

Kemudian membandingkan diri kamu dengan orang lain adalah hal yang wajar bagi banyak orang. Tapi membandingkan diri sendiri dengan orang lain juga bisa merugikan diri kamu. Terutama karena ada banyak hal yang nggak kamu lihat ketika membandingkan dirimu dengan orang lain. Ini adalah salah satu penyebab munculnya rasa insecure.

Kamu melihat kesuksesan orang lain, tapi kamu tidak melihat semua hal yang harus mereka lalui untuk sampai di titik itu. Kamu nggak tahu saat dan keadaan di mana mereka merasa gagal, dan hal-hal lain yang harus mereka hadapi. Alih-alih membandingkan dirimu dengan orang lain, ada baiknya jika kamu melihat kemajuan pribadi dirimu, dan seberapa jauh kamu telah berkembang sejak awal.

So, kalian sudah mengenal lebih jauh insecure dan penyebabnya bukan? Yuk, lebih fokus kepada perbaikan diri saat ini dibanding memikirkan hal yang belum terjadi apalagi membandingkan hidup dengan orang lain

Latest posts by Putri Dhiyaul Fitriyani (see all)

Putri Dhiyaul Fitriyani

Putri is a woman born in Kuningan, West Java who is currently carrying out education at UIN Sunan Gunung Djati Bandung majoring in Islamic Guidance Counseling.