TERJEBAK DI ZONA NYAMAN?


Zona-Nyaman-4.jpg

Read 162 

Anak Muda, kalian tahu apa itu zona nyaman? Mungkin masih ada yang berujar bahwa zona nyaman itu adalah zona yang tidak keluar dari lingkaran yang Dia sukai. Apakah cukup sampai disana? Tidak!!!. Sebenarnya tidak masalah jika Anda tidak keluar dari zona nyaman Anda, karena itu urusan Anda sendiri. Namun jika Anda masih terus berada pada zona nyaman mu, maka Anda tidak pernah beranjak dari kondisi Anda saat itu. Tapi saya sudah berada diposisi yang baik, saya sudah menjadi yang terpintar, saya sudah menjadi yang paling kaya, jadi saya tinggal menikmati nya. Apakah semua itu menjamin akan berjalan selamanya? Kita belajar dari produk Nokia. Siapa yang tidak tahu brand yang satu ini, di tahun 70-90 an produk ini merajai pasar smartphone dunia. Tapi di tahun 2000 an, brand ini musnah tanpa arah. Salah satunya penyebabnya mereka menikmati zona nyaman nya, sehingga mereka malas berinovasi menciptakan produk yang berbeda. Alhasil posisi mereka digusur oleh brand smartphone yang mampu berinovasi.

Keluar dari zona nyaman merupakan suatu keharusan bila ingin meraih kesuksesan secara masif. Zona nyaman dapat melenakan Anda. Diri Anda tidak mau ada perkembangan, ada peningkatan, tidak mau melakukan inovasi yang baru, tidak mau menciptakan sesuatu hal yang unik dan sebagainya. Sehingga Anda tidak akan berubah menjadi pribadi yang lebih tangguh, lebih kuat, dan lebih baik untuk masa depan Anda. Jadi zona nyaman disini adalah Anda nyaman dengan apa yang ada lakukan, tidak peduli apakah yang Anda lakukan itu membawa suatu manfaat, kebaikan, dan keberkahan.

Anda akan menjadi orang yang rata-rata jika Anda tidak mau keluar dari zona nyaman mu. Anda harus menyadari bahwa perubahan dan persaingan di luar sana terus bergulir tanpa henti. Bila Anda tidak merubah diri Anda dengan mencoba menyesuaikan dengan keadaan di luar, maka Anda akan tertinggal dan tersisihkan dengan sangat mudah. Bukan hanya akan tersisih, namun Anda justru benar-benar kalah karena Anda sudah tidak layak berada di medan pertempuran.

Proses keluar dari zona nyaman memang tidak mudah dan butuh perjuangan. Anda akan merasakan sesuatu yang mungkin aneh dan hal itu membuat Anda tidak nyaman, tapi itu lah proses. Karena istilah tidak nyaman itu muncul dari orang-orang yang bermindset orang tidak mau berubah. Baik sadar mau pun tidak, Karena Anda menganggap proses dalam usaha perubahan itu tidak nyaman. Mungkin Anda tidak nyaman melakukan sesuatu yang baru, melakukan sesuatu yang belum bisa, menekuni hal yang selama ini masih Anda kerjakan setengah-setengah yang menuntut Anda untuk kerja lebih keras lagi, lebih cerdas lagi dan lebih teliti lagi. Karena hal tersebut membuat kebanyakan kita semua enggan melakukan proses ketidaknyamanan tersebut, dan memilih untuk berada di zona nyaman yang menjadi kebiasaan dan rutinitas kita selama ini.

Jika Anda ingin lebih baik lagi atau lebih sukses dan berhasil. Hal yang tidak nyaman itu lah harus tetap Anda lakukan dan jalani. Karena sekali lagi itu adalah proses bila Anda ingin berkembang dan meraih perubahan. Kesuksesan meraih cita-cita Anda adalah suatu hal yang berharga yang membutuhkan bayaran yang mahal. Bagaimana pun perasaan Anda, seperti malas, cape, letih, malu, takut dan sebagainya merupakan suatu proses yang berharga yang tentu Anda harus bergerak untuk meraih itu semua. Karena dengan mengalahkan perasaan itu, Anda bisa dikatakan berhasil keluar dari zona nyaman.

Latest posts by Agis Hidayatulloh (see all)

Agis Hidayatulloh

12345