Remaja Yang Produktif Di Masa Pandemi


REMAJA-YANG-PRODUKTIF-DI-MASA-PANDEMI.jpg

Read 475 

Masa remaja merupakan tahap perkembangan antara masa anak-anak dan masa dewasa yang ditandai oleh perubahan fisik umum serta perkembangan kognitif dan sosial. Karena wabah Covid-19 yang melanda di Indonesia membuat aktivitas para remaja terhambat.

Biasanya di masa-masa remaja ini, mereka sangat suka untuk berkumpul dengan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka.

Namun sayangnya di tengah pandemi ini sebaiknya tetap untuk di rumah saja, jika tidak ada kegiatan yang tidak penting. Dengan begitu, para remaja harus memiliki cara untuk mengisi waktu yang kosong dengan kegiatan yang produktif.

Nah tenang saja, ada beberapa cara untuk mengisi waktu kekosoangan remaja agar produktif, diantaranya:

1. Mencari Passion Pada Dirimu
Menurut Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengungkapkan, periode sekolah menengah merupakan masa penting bagi remaja untuk bisa berpikir lebih kritis. Remaja juga perlu membangun rasa percaya diri pada kemampuannya untuk menciptakan perubahan. Dengan cara mengenali potensi-potensi yang ada dalam diri remaja. Dan juga Passion sebenarnya bisa dengan mudah ditemukan dalam aktivitas remaja sehari-hari. Untuk itu maka harus adanya komitmen, Jika seorang remaja tidak memiliki komitmen yang kuat, segala potensi yang ada dalam dirinya tidak akan bisa dikembangkan dengan baik.

2. Membuat To Do List
To do list merupakan daftar tugas-tugas atau kegiatan yang harus kamu lakukan pada suatu rentang waktu. Sesuai artinya, to do list ini merupakan daftar to do atau untuk melakukan sesuatu. Biasanya daftar ini dibuat dengan rentang waktu harian, mingguan, atau bulanan.
Nah, to do list ini bisa kamu buat di dalam binder, buku catatan, atau bahkan aplikasi handphone. Semuanya tergantung kenyamanan masing-masing. Ada orang yang masih nyaman menggunakan buku, ada pula yang memilih lebih simple dengan menggunakan aplikasi.
Dengan membuat to do list ini, para remaja akam menetapkan tujuan untuk hari itu secara efektif. Tujuan harian lebih mudah dicapai, dan secara perlahan juga akan membantu Anda mend ekati tujuan jangka panjang yang lebih besar.

3. Berolahraga Secara Teratur
Bagi para remaja, olahraga mungkin bisa menjadi suatu hobi atau pun hal yang justru menjemukan. Untuk kalian yang tidak menyukai olahraga, mulai lah berolahraga secara teratur. Olahraga bisa menjaga stamina di tengah-tengah akvitas. Apalagi lagi di tengah pandemi saat ini olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari PHBS merupakan hal yang sangat penting. Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

4. Batasi Penggunaan Social Media
Media sosial menjadi salah satu godaan terbesar saat bekerja dari rumah. Batasilah penggunaan media sosial agar kamu bisa tetap fokus. Buatlah jadwal penggunaan medsos hanya di jam istirahat. Ini akan menolong kamu untuk lebih produktif setiap hari.

5. Me Time
Me time adalah meluangkan waktu sejenak untuk diri sendiri. Memberikan waktu sejenak untuk diri sendiri atau me time penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental.

Sudahkah kamu menjadi remaja yang produktif? Jika belum, mari kita ubah kebiasaan malas menjadi produktif.

Latest posts by Amelia Nuriyaratri (see all)

Amelia Nuriyaratri

Hii kenalin nama aku Amelia Nuriyaratri aku merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Aku kuliah di salah satu Universitas yang berada di Bandung yaitu UIN Sunan Gunung Djati. Aku mengambil jurusan Bimbingan Konseling Islam.