Sex Education


DD1673A8-4767-4E98-87BE-DD623E3D1E7C.jpeg

Read 204 

Sadar atau nggak, sex education di Indonesia masih menjadi satu hal yang tabu buat di bahas. Jangankan di lingkup keluarga, kadang, di circle pertemanan sendiripun masih menjadi satu pembahasan yang kadang-kadang sering kita hindari. Iyaa, kan? Padahal sex education itu penting. Banget malahan.

Nah kalau kalian bertanya nih apa sih sex education itu? Sex education sendiri adalah pendidikan soal anatomi seksual manusia, soal reproduksi seksual, soal sexual intercourse dan soal aspek lain yang berkaitan dengan perilaku seks manusia. Iyaaa. Seluas itu emang. Dan kalau kalian tanya juga kenapa sih hal ini penting buat kita bahas atau seengganya penting untuk kita tau?

Rangenya agak luas sih. Kita bahas yang krusial aja. Kenapa kita harus tau soal sex education? Karena ini yang nentuin keputusan-keputusan terkait seks kalian kedepannya. Juga dengan kita belajar atau membahas soal ini, kita bisa lebih aware sekaligus tau soal masalah apa sih yang bisa muncul di ranah seks dan tentu masih banyak hal lain lagi yang jadi alasan kenapa sex eduxation itu perlu.

Terlebih lagi untuk remaja, yaa. Ini penting buat kita semua tau karena ngeliat dampak yang di timbulkan kalau kita tutup mata dan telinga soal sex education. Bukan cuma resiko psikis, mental danmasa depan aja yang jadi taruhan. Tapi kemungkinan soal kesehatan juga bakalan kena dampaknya. Terlebih lagi resiko HIV/AIDS dan kehamilan yang tidak di inginkan. Dengan kata lain aborsi.

Iyaa. Rangenya seluas itu emang. Dari mulai yang trivial sampai kompleks yang mana itu bakalan berpengaruh sama kehidupan kita.

Kapan kita siap buat hubungan seks pertama dan apa yang buat kita berpikir bahwa kita siap? Apa kita tau dampak first sexual intercourse? Apa resikonya punya rekan seks lebih dari satu? Apa yang harus kita lakuin buat moveon dari kekerasan seksual? Dan apakah kita siap punya anak?

Itu adalah sedikit pertanyaan yang bisa kita pahami jawabannya dengan lebih bijak ketika kita belajar dan paham soal sex education. Maka dari itu, ayo kita sama-sama belajar dan lebih peduli kepada diri sendiri. Juga orang-orang disekitar kita dengan cara mempelajari dan memberi informasi tentang sex education.

Latest posts by Inggri Ayu Alfiyah (see all)

Inggri Ayu Alfiyah

Perempuan bernama inggri ayu alfiyah lahir 31 Desember 1999 di kuningan jawa barat.