Mewujudkan Masa Remaja Penuh Makna


inbound8267096392610179753.png

Read 384 

“Hidup memberikan banyak warna setiap harinya. Terang atau gelap adalah bagian yang harus kau nikmati”
Apa itu masa remaja ? Masa remaja adalah masa yang penuh dengan dinamika. Masa remaja adalah masa dimana kamu sedang mencari jati diri, dengan berbagai cara melatih peran dan keyakinan baru dalam membangun identitas ego kamu. Pada masa ini kamu akan mengalami masa pubertas dan itu lebih menunjukkan perkembangan biologisnya. Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak. Pada masa ini suasana hati (mood) kamu bisa berubah dengan sangat cepat. Perubahan suasana hati yang drastis kamu seringkali di sebabkan oleh pekerjaan rumah, sekolah bahkan permasalahan “Cinta” yang kamu alami bisa menjadi salah satu penyebab pada perubahan suasana hatinya. Dalam hal kesadaran diri, kamu akan mengalami perubahan yang dramatis dalam kesadaran diri sendiri,

Kamu akan cenderung untuk menganggap diri kamu sendiri sangat unik dan bahkan kamu mempunyai kepercayaan diri yang sangat tinggi sehingga kamu percaya bahwa keunikan kamu akan berakhir dengan kesan dan ketenaran. Seperti seorang remaja putri akan bersolek berjam-jam di hadapan cermin sambal berkata “Aku cantik juga ternyata”, karena kamu percaya orang akan melirik dan tertarik pada kecantikannya, sedangkan remaja putra akan membayangkan dirinya dikagumi lawan jenisnya jika kamu terlihat unik dan hebat.

Masa muda adalah masa yang penuh kejutan dan menyenangkan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan selagi muda untuk memperkaya kualitas diri demi menjemput kesuksesan di masa depan. Di masa ini pula, karektermu sudah mulai terbentuk. Jika kamu salah melangkah dalam perjalananmu sekarang. Maka akibatnya bis afatal dan permanen. Sangat penting bagi kamu yang masih menduduki usia remaja untuk benar-benar memanfaatkan waktu dan kesempatan yang kamu punya sekarang. Hal ini bisa kamu lakukan untuk membuat masa mudamu produktif, positif dan bemakna / berkesan,
Temukan apa yang jadi passion mu

Selama kamu masih muda, jangan berhenti untuk mencari tahu apa yang menjadi passionmu. Jika kamu sudah menemukannya, kamu bisa lebih menentukan karir dan jalan hidup apa yang tepat untukmu. Kamu harus ingat pilihan karir yang tepat itu enggak berasal dari kata orang apalagi dari pendapat masyarakat umum. Ciri utama karir yang tepat adalah satu yaitu kamu tidak merasa terbebani untuk berkerja keras berkat kecintaamu pada apa yang kamu lakukan. Cara menemukan passion mu bisa di lakukan dengan cara mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah atau berkonsutasi pada guru oembimbingmu.

Jangan coba-coba jadi orang lain, jadilah diri sendiri
Selagi karaktermu berkembang di masa muda, kamu harus bisa menganalisa kelebihan, keunikam dan kekurangan diri kamu sendiri. Dan kamu tidak akan bisa melakukan ini kalu kamu mencoba jadi orang lain. Nggak ada gunanya menjadi seseorangan yang bukan diri kita. Mengesankan orang dengan “topeng” uang kita pasang nggak akan pernah membuat kita bangga. Karena kita tahu bahwa yang sebenarnya membuat orang lain terkesan adalah bukan diri kita sendiri. Hal ini akan menimbulkan ketidak sukaan terhadap diri sendiri.

Bertemanlah dengan siapapun termasuk mereka yang nggak keren
Masa muda adalah masa yang tepat untuk menjaring pertemanan sebanyak mungkin, jangan pedulikan tekanan sosial untuk hanya berteman dengan mereka yang cool, keren, popular, ganteng, cantik atau mereka yang terlahir dari keluarga kaya. Kamu sebaiknya jangan membatasi dirimu untuk berteman dengan hanya mereka yang dapat memberimu keuntungan material. Bertemanlah dengan siapapun yang dapat memberikan pengaruh positif untukmu.

Pelihara rasa ingin tahumu
Di perjalanan masa muda mu, kamu akan menemukan banyak hal yang memicu rasa ingin tahu. Kamu akan terkejut, terpanan dan mungkin dihangatkan oleh hal-hal yang tidak kamu sangka sebelumnya. Di saat yang sama kamu juga mulai bertanya-tanya tentang boleh tidaknya melakukan hal yang baru diperkenalkan lingkungan kepadamu. Latihlah jiwa kritismu untuk menjawab besarnya rasa ingin tahumu, dari situlah pengetahuanmu akan bertambah dalam.

Kepentingan dan kebahagiaan dirimu itu nomor 1
Menyenangkan, membahagiakan dan membantu orang lain memang perlu. Tapi jangan sampai kamu harus mengorbankan kepentingan dan kebahagiaan dirimu sendiri. Kamu harus tetap menjadi prioritas utama. Bagaimana bisa membantu dan menyenangkan orang lain kalau dirimu sendiri saja tidak dalam kondisi yang baik?

Latest posts by Alliva Zamzami Nur Maulida (see all)

Alliva Zamzami Nur Maulida

Aku adalah Alliva Zamzami. Lahir di Tasikmalaya 04 Juni 2000. Umurku 20th, aku mempunyai satu adik laki-laki. aku berasal dari Tasikmalaya. Aku adalah salah satu mahasiswa UIN SGD Bandung jurusan Bimbingan Konseling Islam, saat ini aku berada di Smt 5.