Tahun Baru Islam: Mulai Aja Dulu dari Perubahan Kecil


Read 231 

Hi Teens, Kata Hijrah sudah tentu selalu mengiringi Tahun Baru Islam. Penetapan Tahun baru Islam memang diawali dari sejarah hijrahnya Rasulullah Saw dari Mekah ke Madinah. Namun, arti hijrah itu sangat luas bukan hanya sekedar pindah tapi ada perubahan-perubahn kepada hal yang lebih baik. Sering kita juga berujar ingin berhijrah tapi mulai darimana karena kalau tiba-tiba berubah drastis itu pun banyak banget konsekuensi terutama urusan keistiqomahan alias konsisten. Ada ungkapan “meraih lebih mudah daripada mempertahankan”. Dan hal itu “true” banget. Kita sering berubah yang drastis sehingga kadang menimbulkan kondisi sosial psikologis yang ga semua orang bisa nerima perubahan itu. Perubahan itu malah menimbulkan bullying walaupun perubahan itu ke arah yang baik. Hasilnya malah kita jadi kembali ke kondisi sebelumnya.

Kita tentunya punya banget niat dan keinginan buat jadi sholeh dan sholehah. Cuman sering terganjal sama pertanyaan harus mulai dari mana dulu nih? Kita bisa mulai dari hal yang sederhana dan kadang dianggap sepele tapi ini akan jadi kebiasaan yang menghadirkan keistiqimahan menjalaninya tanpa ngegerutu ko gini, ah cape, bosen dan sebagainya.

Bisa Karena Biasa, Biasa karena dimulai, jadi mulai aja dulu

  1. Mulai dari kita biasain bangun shalat subuh

Kalau udah dibiasain ini, kita bakal jauh punya waktu untuk produktif dan badan juga lebih sehat. Banyak banget penelitian tentang bangun pagi termasuk bangun subuh. Apalagi sampai bisa shalat tahajud.

2. Baca Al-Qur’an

Al-qur’an itu petunjuk hidup bagi umat islam. Kita belum tentu paham kalau hanya ngebaca teks arabnya aja. Maka kita perlu juga ngebiasain baca dengan terjemahannya. Ga usah banyak-banyak dulu seayat pun bagus yang penting istiqomah. Lama-lama juga bakalan ketagihan buat ngaji karena disana ada candu dan kesejukan. Ga percaya? Coba aja pasti kecanduan ga ada obat.

3. Makan tak Bersisa

Dunia lagi dilanda pandemi. Banyak cerita orang susah makan, Jadi kalau kita menyia-nyiakan makanan sama dengan kita ga bersyukur. Dan sekarang kita pun menhadapi darurat sampah sisa makanan. So, habisin kalau makan itu

4. Puasa

Duh, puasa lagi PPKM gini sulit dong. Karena lapar lebih sering melanda. Ya kita mulai aja dari puasa ga julid di medsos dan ga buang-buang kuota buat konten yang ga berfaedah. Ingat puasa itu artinya menahan. Menahan dari apa aja dulu biar nanti kita bisa menahan dari godaan yang lebih besar lagi.

5. Berdzikir

Makna berdzikir itu mengingat Tuhan. Banyak berdzikir berarti kita banyak berbuat. Banyak berbuat tentu dong akan banyak diberi. So, kita banyakin aja dzikir nanti juga dipenuhi apa yang kita butuhkan.

6. Bantu Orangtua

Ridha Alloh ada pada Ridha orangtua. Kalau kita lagi ga sekolah online bantulah orangtua daripada rebahan mulu. Setiap beres shalat do’ain juga mereka biar sehat, selalu dilindungi sang Maha Kuasa.

7. Bersahabat

Pas Pa Luhut ngumumin PPKM versi perpanjangan kesekian kalinya. Nyebutin juga kita akan bertahun-tahun hidup sama masker. Jadi mulailah kita bersahabat dengan prokes walaupun suka males-malesan karena ini dan itu.

Kuy kita mulai, dari mulai tahun baru islam ini. Selamat Tahun Baru Hijriah 1443 Hijriah

infiniteens.id

Youth Digital Literacy