Bisakah, Pada Zaman Milenial, Remaja Berkualitas? Kenakalan Remaja Bisa Hilangkah?


inbound1654804186347598691.png

Read 387 

Masa remaja adalah masa yang paling berkesan karena memberikan begitu banyak sekali pengalaman hidup yang berarti untuk masa depan. Di masa remaja inilah saat yang paling tepat untuk mengukir begitu banyak prestasi, karena masa remaja peluang untuk meraih begitu banyak prestasi sangatlah terbuka lebar bagi siapapun dia yang bisa memanfaatkan waktunya.

Disaat remaja lain menghabiskan waktunya dengan bersenang-senang karena merasa diri telah dewasa, namun untuk dirimu sendiri jadikanlah hal itu digunakan menjadi hal-hal yang sangat mengesankan dengan mengubah pola arah menjadi lebih produktif dan positif. Hilangkan stigma bahwa fase remaja itu NEGATIF!

Ini Tipsnya Menjadi Remaja Berkualitas
1. Berlatihlah menjadi pemimpin. Jangan meragukan kemampuan dirimu sendiri.
2. Rajin belajar apapun yang kamu suka, asahlah itu agar menjadi bakatmu.
3. Jangan malas mempelajari apa yang kurang kamu suka, karena remaja prestasi tidak pilih-pilih, semua harus bisa.
4. Percaya diri, jangan mudah patah semangat, jangan hiraukan kekurangan dan cibiran orang. Jadikan cibiran sebagai penyemangatmu untuk membuktikan kepada mereka kamu BISA!
5. Mengurangi, bahkan hilangkan kebiasaan mencontek. Mereka saja bisa, masa kamu tidak? Itu namanya meragukan kemampuan diri sendiri.
6. Jangan malu bertanya. Pada dasarnya semua orang punya peluang untuk berprestasi, hanya saja terkadang mereka pemalu, rasa malu inilah yang membuat seseorang terlihat kurang pintar, padahal mereka bisa.
7. Cukup istirahat, sangat penting untuk menjaga kebugaran jasmani dan rohani. Istirahat juga berguna untuk menyegarkan kembali pikiran yang lelah.

Naah bagaimana? Sudah punya semangat baru untuk menjadi remaja yang berkualitas dengan prestasi dan bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar? Semoga sudah ya, aamiin.

Di zaman milenial ini tidak bisa diragukan jugaa yaa tentang IpTek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dimana dengan ini kita bisa menemukan apa yang kita mau dari hal yang POSITIF sampai hal yang NEGATIF! Dengan adanya IpTek ini sangat seruu…. Benerkan ? Ayoooo ngakuuu.. hehee. Tidak hanya menyenangkan namun membuat kecanduan, apalagi di zaman milenial ini serba serbi menggunakan Digital seperti (Hp. Laptop, dan sejenisnya).

Aku nyaraninnn agar menjadi remaja yang berkualitas maka dengan penggunaan serba-serbi digital ini digunakan dengan sebaik-baiknya yaaa teman-temankuuu!

TIDAK HANYA ITU! Cirle pertemanan juga harus di perhatikan yaa teman-temankuuuu…. Kita memang tidak boleh membeda-bedakan teman satu dengan teman yang lainnya. Namun, dengan memperhatikannya sebuah lingkup pertemanan maka hal itu dapat berdampak juga terhadap diri kita sendiri.

Jika kita berteman dengan orang-orang yang berkualitas, orang yang berprestasi, orang yang baik dan orang yang semangatnya tinggi, setidaknya kita akan termotivasi oleh orang-orang dengan kepribadian ituu. Kita akan terbawa semangat dalam melakukan hal-hal yang baik dan positif.

Dengan memberikan kesadaran dan menanamkan secara dini pentingnya memiliki etika dalam keseharian, sehingga remaja tidak memiliki kehidupan suram yang jelas akan disesalinya kelak ketika ia dewasa atau ketika telah menerima akibat dampak buruknya. Apa saja pengaruhnya teman, kenapa etika harus diajarkan sejak dini dan terus ditanamkan dalam diri remaja? berikut selengkapnya, 13 PERAN ETIKA DALAM PERGAULAN REMAJA.

1. Keberadaan individu Lain
Remaja terkadang merasa paling benar dan tidak butuh individu lain. Seperti teman-teman ketahui bersama bahwa setiap individu pasti akan membutuhkan individu lain. Keadaan ini harus teman-teman sadari betul, supaya teman-teman tidak menjadi individu paling egois serta memiliki etika baik sehingga ketika membutuhkan individu lain mereka dengan senang hati membantu.

2. Nilai Positif
Persahabatan yang baik adalah persahabatan yang saling menguntungkan. Aku yakin teman-teman tidak suka di rugikan demikian sebaliknya individu lain juga tidak suka sobat rugikan. Dari itulah salah satu dasar pergaulan sehat yang lain adalah saling menguntungkan. Jangan sampai sobat berpikir melanggar etika untuk merugikan individu lain.

3. Menghormati dan Menghargai
Satu kata yang selalu aku ingat jika teman-teman ingin dihargai dan di hormati individu lain, maka teman-teman harus lebih dulu bisa menghargai dan menghormati individu lain. Menghargai dan menghormati individu lain ini bisa di lakukan dengan banyak hal seperti menghargai dan menghormati pendapat individu lain, menghargai dan menghormati cara beribadah individu lain, menghargai dan menghormati adat istiadat individu lain, menghargai dan menghormati cara berpikir individu lain dan sebagainya sesuai etika yang selama ini teman-teman ketahui.

4. Menghindari Prasangka
Agama manapun jelas melarang individu untuk berprasangka buruk kepada individu lain. Karena prasangka buruk hanya akan mendatangkan masalah dan permusuhan antara teman-teman dengan individu lain dan membuktikan minimnya etika dalam hati dimana orang buruk juga sering berfikiran buruk ya teman-teman.

5. Memahami Perbedaan
Individu di lahirkan dengan berbagai macam perbedaan, baik itu dari segi fisik, psikologis, ras, suku, budaya dsb. Setiap individu itu memiliki keunikan tersendiri, karena hal inilah teman-teman harus memahami perbedaan tersebut dengan etika misalnya tidak menghina cara bicara atau budaya orang dari daerah lain.

6. Memberikan Nasihat
Individu bijak berkata sahabat yang baik adalah sahabat yang selalu mengajak ke jalan yang baik dan mencegah ke jalan yang tidak baik. Ini juga salah satu prinsip pergaulan yang sehat. Dengan saling memberikan nasehat etika kepada sobat secara tidak langsung, dapat menjalin persahabatan yang lebih sehat bukan hanya untuk dunia saja, tapi juga untuk akhirat kelak.

7. Memahami Prinsip Bergaul
Nah teman-teman, prinsip bergaul yang sesuai etika ialah sebagai berikut yang teman-teman akan paham ketika teman-teman menerapkan etika dalam pergaulan sehari hari.
a. Hak dan kewajiban.
b. Tertib dan disiplin.
c. Senantiasa menjaga sopan santun, baik dengan sahabat sebaya atau individu tua dan juga guru dimanapun dan kapanpun.
d. Bersikaplah sederhana.
e. Kejujuran.
f. Keadilan
g. Cinta Kasih
h. Suasana dan tempat pergaulan teman-teman. Ini sangat penting juga buat teman-teman agar berada di tempat yang benar, misal remaja tentu tak pantas bergaul di lingkungan diskotik dsb.

8. Memiliki Sopan Santun
Etika persahabatan adalah sopan santun atau tata krama dalam persahabatan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar aturan aturan yang berlaku baik aturan agama, kesopanan, adat, hukum dsb.

9. Memahami Cara Baik dalam Bergaul
Cara yang baik bersikap dalam persahabatan adalah bagaimana seseorang tersebut mengutamakan perilaku yang sopan santun saat bersahabat dengan setiap individu.

10. Paham Pengaruh Baik dan Buruk
Dunia persahabatan banyak jenisnya. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor, yaitu faktor umur, pekerjaan, keterikatan, lingkungan dan sebagainya, sebab itu etika akan memberikan pemahaman mana yang baik dan buruk.

11. Kepribadian
Dampak positif dari persahabatan adalah mampu membentuk kepribadian yang baik yang bisa diterima di berbagai lapisan sehingga bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok individu yang pantas diteladani.

12. Jauh dari Hal Negatif
Dampak negatif dari persahabatan adalah tumbuh menjadi sosok individu dengan kepribadian yang menyimpang dna hal itu tidak akan didapat jika remaja bergaul dengan etika yang baik.

13. Mendekatkan dengan Lingkungan
Peran orang tua, sahabat, guru, dan masyarakat tentu sangatlah dibutuhkan bagi remaja dalam bentuk contoh dan nasihat untuk menghadapi masalah persahabatan remaja ya teman-teman. Sehingga menjadi dasar timbulnya rasa peduli terhadap lingkungan dan persahabatan remaja, setelah melakukan perbuatan yang baik dan berguna seusai etika yang benar.

Mari kita bergaul dengan cara yang baik dan berkualitas. Agar kita semua terhindar dari kesesatan yang merugikan. Bergaul lah dengan santun dan jangan sombong, berbicara dengan sopan, jangan saling menghina dan iri hati. Agar kita terhindar dari ini semua sebaiknya melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk masa depan saat bergaul, seperti memanfaatkan waktu luang dengan belajar bersama dan berbuat kebaikan yang berguna untuk orang lain yang membutuhkan.

Febriyanti Dwi Colunga

Haii, perkenalkan nama saya Febriyanti Dwi Colunga, biasa dipanggil cici, saya kuliah di UIN Bandung jurusan Bimbingan Konseling Islam