Belajar dari Kekeyi: Mengubah Insecure Jadi Karya


Read 503 

Sempat Trending nomor 1 di Youtube, nama Kekeyi menjadi sorotan. Siapa dan gimana sih perjalanan karier seorang kekeyi.

Rahmawati Kekeyi Putri Cantika atau yang lebih dikenal dengan nama Kekey ini merupakan seorang Beauty Vlogger, sejumlah video yang di unggah-nya berhasil mencuri perhatian netizen.

Awal Karier Kekeyi
Berawal dari video tutorial make up DIY, makeup challenge, menggunakan balon air sebagai beauty blender, dan beberapa video viral lainnya. Semua video tersebut diunggah melalui kanal YouTube dan berhasil mencapai 183 ribu subscriber di akunnya tersebut.

Salah satu videonya mencapai 1,2 juta penonton dalam waktu satu minggu saja, video itu berjudul “Make Up Pemula” yang di upload pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu. Kekey pun diundang oleh banyak artis dan beberapa stasiun tv karena ketenarannya tersebut. Salah satunya adalah Rans Entertainment, Hitam Putih, serta Kekey pun bertemu dengan Beauty Vlogger favoritnya yaitu Tasya Farasya, serta Kekey pun bertemu dengan Makeup Artist ternama yaitu Ryan Ogilvy.

Perempuan kelahiran Nganjuk, Jawa Timur ini ternyata sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari teman-temannya. Dia sering kali diejek, dicemooh, dan jadi bahan olok-olok karena memiliki tubuh yang gempal dan tidak tinggi. Namun, Kekey bertekad dengan membuat video ini dia akan membuktikan bahwa orang biasa pun bisa tetap menjadi cantik.

Tekadnya ini pun membuahkan hasil yang manis, kini Kekey menjadi salah satu Beauty Vlogger yang memiliki potensi besar dan terkenal dikalangan Beauty Vlogger lainnya.

Kontroversi Kekeyi

Kekeyi nama semakin melejit lagi ketika mengakui status berpacaran dengan seorang laki-laki bernama Rio, yang belakang diketahui sebagai pacar setingan semata. Berdasarkan pengakuan Kekeyi dibeberapa media televisi bahwa semuanya hanyalah setingan untuk meningkatkan popularitas Rio. Makanya Kekeyi membuat lirik lagu berjudul “Keke bukan Boneka” yang isinya terinspirasi ketika masih bersama Rio. Tidak disangka-sangka single perdananya bisa menempati trending nomor 1 Youtube dengan 18 Juta viewer mengalahkan collab Black Pink dan Lady Gaga. Dengan suara yang kalah jauh dengan Lyodra idol, tapi karyanya mampu membuat popularitas Kekeyi di atas penyanyi-penyanyi profesional.

Namun kesuksesannya diguncang isu plagiat, kemiripan irama lagu Keke Bukan Boneka dengan Aku bukan Boneka yang dipopulerkan Rini Wulandari menjadi kontroversi yang dituai oleh Kekeyi saat ini. Sampai dibuat tulisan ini (5/06) video tersebut sudah di take down alias lenyap dari Youtube yang secara otomatis menghilangnya dari deretan trending.

Apa alasan atau penyebab video di “take down” bisa jadi karena terkait hak cipta atau keinginan sendiri Kekeyi yang dari awal memang ingin menghapus video. Mau hapus video karena takut di penjara. Itulah yang disampaikan Kekeyi di kanal Youtube Anji.

Mengubah Insecure dengan Karya

Kita bisa belajar banyak kepada Kekeyi dengan hujatan, pusaran bullying tapi tetap berkarya. Dari karya tersebut Kekeyi membuktikan semakin banyak hujatan dan bully kepadanya semakin banyak rejeki mengalir.

Jadi ayo kita semua tetep berkarya aja walaupun dianggap sama orang lain cuman karya yang B aja. Siapa tau karya itu malahan jadi pintu rejeki yang tak terduga.

infiniteens.id

Youth Digital Literacy