Ayoo Bergerak Aktif! Jadilah Remaja Produktif!


20200103_113028_0000-1.png

Read 923 

Berbicara tentang remaja adalah berbicara tentang semangat yang menggebu-gebu, berbicara tentang pencarian jati diri dan berbicara tentang hal-hal yang berbau perjuangan. Selain itu remaja juga merupakan makhluk yang sedang berproses untuk merubah kematangan mental, emosional sosial dan juga fisik. Masa remaja juga adalah masa-masa sedang bugar dan produktif. Namun sayang remaja masa kini lebih disibukkan dengan dunia mayanya dibanding dengan dunia nyatanya, kini remaja lebih senang menghabiskan waktunya didepan layar ponsel ketibang melakukan hal-hal produktif dan bersosialisasi.

Nah gimana sih caranya supaya para remaja bisa menjadi remaja yang sehat dan produktif? Menurut WHO sehat adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental, dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sedangkan sehat menurut undang-undang kesehatan No.36 Tahun 2009 adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yyang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan produktif berasal dari kata berbahasa Inggris “product” yang berarti hasil, productive berarti menghasilkan kemudian diadopsi ke dalam bahasa Indonesia yaitu produktif yang berarti kemauan untuk menghasilkan sesuatu atau mendatangkan hasil. Produktif dapat juga diartikan dengan menghasilkan atau berkarya.

Untuk menjadi sehat para remaja harus bergerak aktif sesuai porsinya jangan menjadi kaum rebahan aja, untuk mendapatkan tubuh yang sehat setiap remaja harus memperbanyak mengkonsumsi air putih, kurang-kurangi minuman bersoda apalagi minuman keras. Selanjutnya setelah mengkonsumi air putih ditunjang pula dengan tidur dan istirahat yang cukup, ingat yang cukup ya jangan dilebih-lebihkan nanti jadi kaum rebahan, karena tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat apalagi dikalangan remaja yang banyak beraktivitas. Dengan berolahraga yang teratur minimal satu minggu sekali juga menjadi penunjang hidup sehat bagi para remaja yang masih sangat padat kegiatannya. Selain itu juga harus dibarengi dengan asupan kebutuhan energi yang seimbang dengan memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan, hindari makanan-makanan cepat saji dan junk food, karena kandungan gizi yang terdapat dalam junk food tidak dapat memenuhi energi yang butuhkan oleh kaum remaja yang masih sangat membutuhkan energi yang banyak untuk aktivitasnya.

Ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadi remaja yang produktif, diantaranya yang pertama miliki rencana, embuat rencana membantu seseorang untuk mengelola waktu dan menetapkan apa saja yang ingin dilakukannya. Yang kedua harus fokus, jika seseorang berhasil melatih kemampuan untuk selalu fokus ketika mengerjakan tugas-tugas penting, maka orang itu akan berhasil menjadi pribadi yang lebih produktif. Yang ketiga ganti suasana, mencari tempat baru, cara baru atau pendekatan yang baru sehingga pikiran lebih segar dan ide-ide bermunculan. Selanjutnya yang keempat jangan menunda-nunda, sikap suka menunda-nunda apa yang sebenarnya bisa dikerjakan saat itu juga, akibatnya pekerjaan bertumpuk dan terasa berat. Tidak hanya itu, sikap menunda tak jarang membuat seseorang kehilangan kesempatan. Dan yang terakhir yaitu terampil dalam membaca, salah satu rahasia menjadi remaja produktif adalah dengan membaca lebih cepat. Bayangkan jika seseorang bisa membaca dua kali lebih cepat dari orang rata-rata, maka orang tersebut bisa menyelesaikan berbagi tugas yang berhubungan dengan membaca hanya dalam waktu setengahnya saja.

Nah kurang lebih itulah beberapa cara sederhana agar kamu para remaja millenial bisa menjadi remaja yang sehat dan juga produktif tidak hanya manja-manja diatas kasur dengan gadgetmu yaa, ayo mulai bergerak aktif untuk menjadi remaja yang produktif dan sehat secara fisik, mental, spiritual dan juga sosial.

Follow me
Latest posts by Leny Yulianty (see all)

Leny Yulianty

nama saya Leny Yulianty, saya seorang mahasiswi jurusan bimbingan konseling Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. saat ini saya sedang menempuh semester lima dengan segala ke hektikan dan segudang pengalam baru. Saya adalah seorang yang suka menonton film sci-fi dan lebih sering menghabiskan waktu diatas tempat tidur, tapi saya juga orang yang senang bersosialisasi dan bertemu banyak orang dengan beragam pikiran dan karakter yang bikin happy karena saya merasa punya banyak ilmu baru dari orang baru tersebut.