APAKAH KAMU TERMASUK? Yuk kenali gejala HIV AIDS!!!


IMG_20191212_214527.jpg

Read 72 

Hallo sobat infiniteens yang berbahagiaaa!! Ini adalah tulisan pertama saya di website infiniteens.id. Salam kenal semua. Oke langsung aja….

Teman-teman semua pasti udah tau kalo tanggal 1 Desember diperingati sebagai “Hari AIDS sedunia”. Kita sebagai generasi milenial sudah sepantasnya tau tentang HIV/AIDS itu seperti apa. Emang penting ya? Jelas itu sangat penting sekali sobat infinyteen, pengetahuan tentang AIDS bisa mejadi media kita sebagai seorang remaja untuk mencegah resiko AIDS.

Teens, tulisan pertama saya kali ini akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan AIDS. Banyak sekali tulisan di media-media cetak maupun online yang membahas tentang kasus AIDS. Saya langsung berfikir bahwa sobat semua juga harus tahu informasi yang benar tentang AIDS.

Apa sih HIV/AIDS itu?? HIV (Human Immunodeficiency Virus) sedangkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) adalah sebuat peyakit yang menyerang sistem imun kita. Banyak sekali penyebab seseorang terjangkit penyakit ini, salah satunya adal Free Sex. Saya punya sebuah perumpamaan, andaikan kita adalah sebuah kerajaan, dan setiap kerajaan pasti memiliki tantara-tentara untuk melindungi kerajaan tersebut dari musuh-musuh, whice is like human, bacteri, virus. Penyakit HIV/AIDS ini menyerang tentara kita, bukan menyerang kita secara langsung. Jadi ketika sistem imun kita lemah, maka akan sangat mudah terinfeksi dengan bakteri dan virus yang lain.

Singkat kata nih ya, kita itu kayak tidak punya pertahanan tubuh, badan kita gak punya tentara lagi. Begitu memasuki tubuh, partikel virus HIV/AIDS ini akan bergabung dengan DNA sel orang tersebut, sehingga satu kali seseorang terinfeksi penyakit HIV/AIDS, seumur hidup dia terinfeksi. Serem banget kan Teens?

Banyak banget berita bahwa ratusan remaja itu terinfeksi HIV/AIDS karena perilaku sex bebas, so far sih pasti ketika kita mendengar tentang ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), banyak orang itu berstigma bahwa orang yang kena HIV AIDS itu orang yang nakal banget, penjajal sex, oh dia itu pengguna narkoba, padahal perilaku negative ini bukan satu-satunya penyebab penularan HIV AIDS, ada banyak banget cara penularan HIV AIDS dan inilah yang mau saya sampaikan sama sobat infinyteen semua.

Pertama yang harus sobat infinyteen tahu bahwa HIV ini memiliki stadium-stadium. Ketika seseorang tertular atau terinfeksi dia belum menunjukkan gejala. Sebelum memasuki stadium satu ada yang namanya window periode atau periode jendela. Apa sih window periode itu? Jadi window periode adalah ketika seseorang terkena dan terinfeksi HIV tapi badannya belum memproduksi antibody HIV, kalo orang ini melakukan tes HIV maka hasil yang keluar adalah negative, tapi sebenarnya dia udah terinfeksi, namun tidak menunjukkan gejala-gejala itu selama 3-6 minggu setelah terinfeksi. Sebagain menjunjukkan gejala-gejala yang gak khas gitu seperti ruam, pusing, demam, sakit tenggorokan, gak enak badan, dan kayak orang flu biasa aja. So, you would never know, if it’s already infected.

Setelah periode jendela ini barulah masuk ke HIV stadium satu yaitu stadium asimtomatic atau tanpa gejala, disini antibody HIV sudah terbentuk artinya walaupun kalian tidak ada gejala HIV tapi kalau test HIV hasilnya udah positif atau udah reaktif. Stadium satu ini bisa bertahan secara berfareasi ada yang 8-10 tahun ada yang jauh lebih cepet, berprogresif banget ya sobat infinyteen, ada yang jauh lebih lama sampai 15 tahun.

Apabila stadium satu tidak diketahui dan tidak ditangani dengan baik, maka akan berlanjut ke HIV stadium dua. Pada stadium dua ini menunjukkan beberapa gejala-gejala, seperti berat badan mulai turun, tapi kurang dari 10% berat badan normal.

Jika pada stadium dua tidak dilakukan pengobatan maka akan berlanjut ke HIV stadium tiga, udah mulai berasa nih cii-cirinya sobat infinyteen, seperti berat badanya udah turun banget, sampai lebih dari 10%, atau mengalami diare dan demam selama sebulan. Jadi kayak demamnya gak turun-turun, padahal udah minum obat penurun panas. Bahkan sampai ada gejala tumbuhnya jamur di mulut. Serem banget kan?

Nah kemudian masih gak diobatin lagi, gak ke dokter, gak berani cek, gak dirasa rasain kayak “ahhh udah lah yaaa mungkin lagi kecapean aja lah ya” naaah bakalan lanjut menuju HIV stadium empat, inilah yang disebut dengan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), untuk gejalanya udah parah banget lah yaaa, kalo sobat infinyteen liat itu udah kurus banget, kulitnya udah berjamur, kuku sama mulutnya juga. Tapi nih ya sobat infinyteen jangan sampai pas kalian kena flu kalian jadi “iiiiii aku mau tess takut HIV”, no please janga parno dulu guys.

Sebenernya gejala AIDS awal-awal itu gak khas, mostly gejalanya itu kayak orang masuk angina aja gitu, periode tanpa gejala ini berlangsung sangat lama. You cant never know. Saya berharap kalian semua membaca tulisan ini dengan hati dan fikiran terbuka dan gak jugde mental, karena jangan dianggap bahwa semua pengidap HIV AIDS itu punya kehidupan yang liar dan nggak bagus seperti narkoba, sex bebas, minuman keras, its not like that!!! Karena faktanya ada banyak cara penularan HIV AIDS yang perlu kalian tahu diluar hal yang kalian anggap negative.

So, penyebaran virus yang pertama adalah free sex seperti yang sudah dijelaskan tadi. Penularan yang kedua dengan jarum suntik seperti para pengguna narkotika. Cara yang ketiga adalah LSL (Lelaki Suka Lelaki) atau Homo Seksual. Cara yang terakhir adalah dengan luka terbuka pada kulit. Selanjutnya adalah transfusi darah.

HIV AIDS tidak akan menular dengan berjabat tangan, berangkulan, berpelukan, bersentuhan, berenang bersama, tinggal serumah dengan ODHA, menggunakan toilet yang sama dan makan minum dengan alat yang sama. Gituu loh Teens…

Makasih banget buat sobat infiniteens.id yang udah stay buat baca tulisan pertama saya, semoga bermanfaat buat sobat semua. Terimakasih. Love..

Rifa Fauziyah
Follow me
Rifa Fauziyah

Rifa Fauziyah

Assalamu'alaikum!! Aku Rifa:)