Perbedaan Jatuh Cinta dengan Hanya Sekadar Kagum

Perbedaan Jatuh Cinta dengan Hanya Sekadar Kagum

31/12/2019 Off By Irma Erviana Safitri

20191230_233756_0000.png

Read 1,607 

Perasaan jatuh cinta atau hadirnya rasa kagum terhadap seseorang terutama pada lawan jenis pasti akan ditemui oleh setiap individu atau manusia yang hidup secara normal. Hampir seluruh manusia tidak menyadari perbedaan antara jatuh cinta sungguhan dengan hanya sekadar rasa kagum saja. Hal ini lebih banyak di alami oleh para remaja, mereka sulit bahkan mereka tidak mengenal secara pasti yang mereka rasakan, rasa cinta ataukah hanya sekadar kagum?? Itu cukup membingungkan dan kerap sekali membuat patah hati.

Membahas tentang cinta, antara jatuh cinta sungguhan atau hanya sekedar tertarik dan kagum semata ternyata cukup sulit dibedakan. Timbulnya perasaan tertarik dan kagum adalah perasaan suka terhadap seseorang secara menggebu-gebu. Perasaan ini mirip sekali dengan perasaan cinta. Meski keduanya mirip, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Joshua Klapow seorang psikologis klinis mengatakan, “Jatuh cinta atau sekedar kagum sesaat sangat mirip. Banyak orang tak mampu membedakannya.”

Sekarang, kita perlu mengetahui perbedaan antara kedua tersebut agar kita tidak terlalu dalam sehingga hal tersebut dapat melukai hati kita kapan saja. Betul?

Menurut Joshua Klapow ketika seseorang tertarik atau kagum pada lawan jenisnya, maka orang itu akan sangat tergila-gila pada yang ia kagumi, bayangan sosok yang ia kagumi senantiasa hadir dalam pikirannya. Kondisi ini nampak seperti perasaan jatuh cinta namun tetap ada perbedaannya antara jatuh cinta atau sekadar kagum.

Membahas tentang perasaan tertarik, perasaan ini akan membuat seseorang terobsesi untuk memiliki orang yang disukai olehnya. Perasaan tertarik dapat terjadi pada siapa saja, bisa kepada orang yang yang baru saja kita kenal yang sejatinya kita belum mengenalnya dengan baik. Perasaan tertarik biasanya akan muncul ketika kita mengetahui kebaikan kebaikannya saja sedangkan ketika mengetahui keburukannya biasanya perasaan ini kan pudar.

Sedangkan mengenai perasaan cinta yang sesungguhnya yaitu perasaan suka sayang yang hadir dalam hati kepada seseorang dengan apa adanya. Biasanya perasaan ini akan muncul ketika kita telah mengenal satu sama lain, kita mengetahui baik buruknya orang tersebut. Jatuh cinta adalah bentuk penerimaan dan penghargaan yang terdapat dalam hati untuk orang yang membuat perasaan terus berdebar-debar bahagia bersamanya dan perasaan yang membuat hati tetap merasa tenang.

Klapow mengatakan, “Cinta adalah perasaan yang lebih dalam, kuat, penuh penerimaan dan besar. Cinta melambangkan koneksi yang memandang orang tersebut secara keseluruhan. Selain ada rasa tertarik, ini juga ada perasaan peduli, menghargai dan mengasihi.”

Perasaan cinta senantiasa akan menggiring hidup menjadi lebih baik. Didalamnya terdapat saling menjaga dari hal-hal keburukan. Perasaan berkorban untuk orang yang dikasihipun akan muncul, yang mana seseorang dapat saling menekan egonya untuk orang yang dikasihinya.

Sekarang temen-temen yang membaca tulisan ini dapat ya membedakan antara jatuh cinta sungguhan atau hanya rasa kagum saja. Janganlah menyiksa hati seseorang dengan ketidaktahuan akan perasaan yang sesungguhnya hadir dalam hati. Bisa jadi perasaan yang hadir adalah hanya sekadar kagum bukan cinta. Kenali perasaanmu baru kamu ungkapkan dan perjuangkan.

Follow me
Latest posts by Irma Erviana Safitri (see all)