Dibalik Trend Aesthetic Kalangan Remaja

Dibalik Trend Aesthetic Kalangan Remaja

10/02/2021 Off By Rifda Huliyah Muharromah

PicsArt_01-11-02.16.52.jpg

Read 195 

Feeds nya aesthetic ih mo follow ah” di zaman sekarang banyak banget kata aesthetic untuk memuji sesuatu, tapi apa sih makna dari aesthetic ini?

Aesthetic diambil dari bahasa asing, nah menurut KBBI ini sama seperti estetis yang maknanya keindahan, memiliki nilai seni, sastra atau lainnya. Penilaian indah selalu berubah karena zaman yang terus berkembang, tapi ada yang tidak berubah dalam penilaian indah antaranya sesuatu yang simetris, yang mempunyai golden rasio atau 1:1.618, dan fractal patterns atau pola-pola berulang dalam bentuk yang sama, seperti ombak laut yang aman atau awan yang bebas dari badai. Mungkin dalam istilah fotografi ada teori third rule untuk mendapatkan hasil yang bagus, atau konsep flat surface untuk mengambil gambar yang akan terlihat datar sejajar dengan permukaan kamera atau layar.

Yups, indah bukan hanya untuk pemandangan, seni, sastra, tapi penampilan atau wajah seseorang pun bisa disebut aesthetic karena struktur wajah yang simetris atau mendekati golden rasio menandakan kesehatan dan kesuburan reproduksi. Bahkan struktur alam yang simetris cenderung lebih kokoh daripada yang tidak simetris. Ini berkaitan dengan proses evolusi alama sekitar kita, dan kebanyakan sesuatu yang indah itu membuat aman dan enak dipandang.

Mengelilingi diri kita dengan hal yang aesthetic berpengaruh pada mood, karena bisa menaikkan mood dan bisa meningkatkan fungsi kognitif. Karena itu ada beberapa penilitian yang menunjukkan semakin indah dibangun suatu rumah sakit semakin cepat pasiennya sembuh dan tidak akan terlalu berfokus pada obat pereda sakit. So, kita perlu menjaga penampilan kita tetap indah untuk dilihat orang lain karena itu pun mempengaruhi orang lain terlepas itu hak kita untuk memilih gaya berpenampilan. Kita bisa memulainya dengan sesuatu yang rapi, ntah itu mulai dari ruangan, cara berpenampilan karena yang rapi cenderung simetris dan akan enak dilihat, indah untuk dilihat sehingga mood kita naik. Jalan keluar untuk melihat pemandangan yang indah juga mempengaruhi mood kita, bahkan bisa memunculkan inspirasi.

Menjaga penampilan kita bisa jadi inspirasi buat orang sekitar bahkan membuat orang sekitar nyaman dengan kita. Makanya mengeluarkan uang dan waktu untuk hal yang aesthetic itu bisa dibilang investasi karena bisa meningkatkan kebahagiaan dan produktivitas sehari-hari kita, bahkan itu mempengaruhi kesehatan mental kita.

So, mulai dari menata hal di sekitar dan penampilan sendiri untuk lebih rapi dan indah bisa jadi awal kebahagiaan dan produktivitas kita walau itu hanya menjadi step awal.

Latest posts by Rifda Huliyah Muharromah (see all)