5 TIPS JADI REMAJA SO FUN DAN SANTUY MASA KINI, JANGAN SAMPAI LUPA DIRI!

5 TIPS JADI REMAJA SO FUN DAN SANTUY MASA KINI, JANGAN SAMPAI LUPA DIRI!

03/01/2020 Off By Aulia Andriane

inbound4753653308503118506.jpg

Read 775 

Heyho igens!

Berkembang pesatnya peradaban karena modernisasi dan globalisasi, tentunya membuat perubahan yang sangat besar khususnya di bidang sosial dan budaya. Tidak hanya perubahan dalam pola hidup tetapi juga pola pikir masyarakatnya.

Sobat igens pernah dengar sebuah ungkapan yang menyatakan “Nikmati masa mudamu. Karena kamu tidak akan pernah lebih muda dari ini keesokkan harinya.” ?

Bicara soal masa muda, pada fase perkembangan manusia ini banyak sekali dihiasi dengan hal-hal menyenangkan di luar sana yang katanya sayang untuk dilewatkan. Ditambah lagi dengan kondisi sekarang ini, dimana teknologi dan informasi begitu mudah untuk diakses baik kapan pun dan dimana pun. So, kesempatan ini tentunya tidak akan disia-siakan hanya dengan berdiam diri, lalu rebahan di kasur tanpa mengikuti perkembangan zaman kan? Duh bisa-bisa lumutan deh! Apalagi generasi millenial yang gatel update, rasanya mustahil untuk absen soal trend yang berkembang di luaran sana.

Tapi tahu gak? Ternyata semakin pesatnya informasi dan teknologi yang berkembang, semakin besar juga angka gangguan mental dan gangguan psikologis dalam diri seseorang loh! Kok bisa? Hal ini karena tidak ada atau kurangnya filterisasi dalam diri sebagai kontrol untuk setiap informasi yang masuk. Akibatnya banyak yang mengalami stress berlebih bahkan depresi di usia mudanya. Bahkan lebih dari 800 ribu orang meninggal akibat bunuh diri di usia muda (15 tahun sampai 29 tahun).

Ketidaksiapan remaja menghadapi dan menyikapi perkembangan zaman ini, justru akan menimbulkan pemikiran-pemikiran negatif yang nantinya berdampak pada interaksi biologi, psikologi, sosial dan budaya dalam dirinya. Hasilnya, banyak penyimpangan dan kenakalan yang dilakukan di kalangan remaja. Tentunya sobat igens tidak mau hal yang sama terjadi kan?

Nah! Untuk menjadi remaja yang menyenangkan, ada cara yang baik kok tanpa harus terbawa arus negatif hanya untuk terlihat So Fun di ruang lingkup pertemanan kalian. 5 tips untuk terlihat santuy tapi tetap santun agar tidak lupa diri, yuk simak!

1. Selektif dalam memilih teman
Bukan berarti kalian membatasi diri untuk berteman dengan siapa pun. Tetapi ada baiknya kalian berkumpul dengan orang-orang yang berkepribadian baik agar kepribadian dan pola pikir kalian juga menjadi lebih baik. Jangan terbuai dengan bujuk rayu pertemanan. Kalau sudah terlanjur nyemplung di lingkungan yang kurang baik, kalian harus punya benteng diri supaya gak ikut terbawa arus pertemanan yang kurang baik tersebut.

2. Share and care bersama teman-teman
Tidak semua orang memiliki kepribadian baik, tapi bukan berarti orang-orang yang berkepribadian kurang baik bisa seenaknya kamu hujat. Menjaga perasaan sesama teman itu penting, hal yang bisa dilakukan adalah kalian bisa merangkul mereka sambil sharing pengalaman dan memberikan nasihat tentang kebaikan. Itu lebih keren!

3. Memperluas networking relationship
Semakin maju perkembangan zaman, semakin besar tantangan hidup kedepannya. Jadi remaja juga harus visioner dong, tidak selamanya kalian berada di usia muda. Maka perlu sekali memperluas jaringan pertemanan kalian.

4. Mendekatkan diri kepada Tuhan
Hal-hal yang menyenangkan kadang membuat kita lupa siapa kita sebenarnya. Mendekatkan diri kepada Tuhan adalah suatu usaha untuk membentengi diri dari hal-hal yang tidak baik. Sehingga apa yang kita lakukan tetap berdasarkan pada keimanan kita.

5.Berkumpul bersama keluarga
Terlalu asik dan sibuk dengan dunia sendiri sampai lupa berkumpul dengan keluarga juga gak baik loh sobat. Bagaimana pun keluarga adalah tempat pertama kalian pulang dari segala kepenatan dan masalah. Gak ada salahnya kalian meluangkan waktu untuk sekadar berbagi cerita dengan keluarga supaya nantinya pergaulan kalian yang So Fun dan Santuy itu tetap terkontrol.

Youth is, after all, just a moment. So, manfaatkan masa muda kalian dengan hal-hal yang positif. Jangan sampai pergaulan yang dianggap menyenangkan justru membawa kerusakan dalam diri.

Follow me