Yuk, Rencanakan Impianmu!


Successful-Homeschooling-Tips-for-Parents-Instagram-Carousel-1.jpg

Read 215 

Mendengar istilah remaja sudah tidak asing bukan? tapi apakah kamu tau arti remaja yang sesungguhnya? jika belum simak tulisan ini sampai habis ya, ada tips untuk menggapai mimpimu juga! lets read!

Remaja merupakan masa yang dimana seseorang mengalami peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Sadar ga sih ketika kita sudah beranjak menjadi remaja, banyak hal-hak yan terjadi dalam fisik maupun psikis kita, nah ketika telah menginjak fase remaja teman-teman seharusnya menanfaatkan fase ini dengan sebaik mungkin, kenapa sih fase ini harus seperti itu? Karena fase remaja yang kalian lalui akan sangat berperan penting untuk masa depan kalian dan juga bangsa, agar kelak kalian dapat mencapai cita cita yang diinginkan. Sekarang mau kan cita cita kalian tercapai? Eh tapi masih bingung harus bagaimana? Eeiiitts jangan khawatir, Dalam buku Big Life Journal

sebuah jurnal perencanaan untuk anak dan remaja berdasarkan riset Dr. Carol Dweck ada empat langkah yang bisa dilakukan untuk merencanakan masa depan dengan lebih mudah.

Pertama, pilih satu impian terbesar
Coba lah kamu perhatikan potensi dan bakat yang ada pada diri kamu, hal tersebut bisa menjadi potensi untuk memilih satu impian terbesar. Kalau kamu masih bingung, boleh nih diskusikan sama teman atau orang tua kalian, dan tanyakan kepadanya apa sih bakat yang terlihat dari diri kalian?

Kedua, diskusikan tujuan mimpi tersebut.
Ketika kamu telah mengetahui satu impian terbesar, maka kamu harus terus mencari informasi yang berkaitan dengan impian mu. Contoh, kamu ingin menjadi jurnalis, maka kamu harus banyak mencari informasi seputar dunia jurnalis, berlatih setiap hari, lalu tetapkan tujuan dan manfaat apa aja yang bisa dicapai, agar kamu semakin termotivasi!

Ketiga, buat tahapan untuk mencapai mimpi.
Nah, pada tahap ini kamu harus membuat rencana agar mimpi mu tercapai, ini sangat penting sekali ya. Contohnya ketika kamu ingin menjadi seorang jurnalis, kamu harus kuliah di jurusan tersebut, aktif organisasi, atau mengikuti lomba-lomba agar pengalaman tersebut menjadikan mu semakin dekat dengan impian.

Keempat, pertimbangkan hal yang bisa menghambat mimpi tersebut.
Kenapa sih harus mempertimbangkannya? Bukannya kita harus optimis? Karena dengan itu kamu bisa menyiapkan berbagai solusi untuk menghadapi permasalahan yang akan datang kedepannya, juga agar kamu tidak gampang menyerah ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memang optimis itu baik, tetapi kita tetap harus berpikir lebih jauh agar impian kita tercapai!

Setelah melakukan tips diatas jangan lupa nih kalianharus tulis apa yang akan kalian capai di kemudian hari, dari sebuah hal yang menurut kalian itu sangat mungkin untuk kalian capai. Misalnya membuat targetan harian, pekanan, bulanan, tahunan maupun impian kita selama 5/10 tahun kedepan. Mengapa sih perlu ribet ditulis? Karena ketika menulis, secara tidak langsung kita sudah memotivasi diri kita sendiri untuk terus berusaha menggapai mimpi, juga dengan menulisnya kita akan lebih mudah mengingat targetan tersebut, dan yang terakhir jangan lupa untuk selalu berdoa, agar semuanya bisa tercapai pada waktu yang dibutuhkan! Karena Tuhan maha mengetahui apa yang kita butuhkan disaat yang tepat! dan jangan lupa tempel tulisan impian mu di tempat yang selalu kalian lihat ya!
Selamat berproses kawan!

Latest posts by Dwi Hardianti (see all)

Dwi Hardianti

biasa dipanggil Dwi atau Dway, lahir di Bandung pada tanggal 18 Juni 1999. Saya memiliki 2 saudara laki-laki. Riwayat pendidikannya TK Sekar Pertiwi, SDN Mekarsari, SMP Juara Bandung, MA Alkautsar Banjar, setelah lulus dari SMA saya melanjutkan untuk menghafal Alquran di Kampung Quran Tasikmalaya, setelah 1 tahun saya menajutkan studi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan prodi Bimbingan dan Konseling Islam. cita-cita saya menjadi seorang konselor, HRD, dan perawat rohani islam. Kesibukan sekarang yaitu mengajar tahfidz dan tahsin anak SMP dan SD, juga aktif mengikuti kegiatan Relawan Nusantara. Adapun prinsip hidup saya yaitu bisa menebar kebaikan dan manfaat untuk orang lain.