Yuk! Kenali Penyebab dan Pencegahan Pola Hidup tidak Sehat di Usia Remaja mu


pola-hidup-sehat.jpg

Read 88 

Masa remaja adalah masa paling komplek, yang ditandai dengan ciri-ciri pubertas adanya kematangan seksual, pertumbuhan jasmani yang telah matang.

Pubertas merupakan priode terjadinya perubahan yang sangat cepat, perubahan dari bentuk tubuh kanak-kanak pada umumnya,kearah bentuk tubuh orang dewasa. Terjadilah perubahan sikap yang menonjol, terutama terhadap teman sebaya, lawan jenis terhadap permainan dan anggota keluarga.

Ciri-ciri remaja ini juga diungkapkan secara rinci bahwa :
Ciri-ciri utama dalam priode pubertas lebih menonjol dalam perbuatan suka menetang orang tua, prilaku yang tidak sopan, kurang hati-hati, malas bekerja, suka membicarakan orang lain dan sangat sensitif, seorang remaja akan bersikap dan bertindak sesuai dengan kemauan nya. namun terkadang aktifitas seorang remaja yang sangat sibuk membuat mereka kurang memperhatikan pola hidup sehat dan sumber gizi yang baik .

Sumber gizi yang baik diantaranya:
– Sumber energy (sumber tenaga), karbohidrat, (beras), jagung, umbi-umbian, mie, kentang, roti, minyak, mentega, dan santan yang mengandung lemak.
– Sumber protein (zat pembangun), sumber hewani (daging, ayam, ikan, telur), sumber nabati (kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, tempe). Zat ini diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan badan, pembentukan jaringan baru dan pemeliharaan tubuh.
– Lemak, minyak goring, mentega, susu, daging, ikan. Namun makanan berlemak seperti gajih, kulit, susu berlemak disarankan untuk tidak dikonsumsi berlebihan, karena dapat mengganggu kesehatan.
– Vitamin (zat pengatur): sayuran dan buah-buahan. Vitamin yang diperlukan antara lain vitamin BB, asam folat, B12, A,C,D, dan E.
– Mineral: diperlukan untuk pertmbuhan dan perkembangan selama masa pubertas. Kalsium: susu/makanan hasil olahan susu (keju) makanan yang difermentasi (tempe, oncom, tauco). Sumber Zn (Seng): ikan, kerang, sayuran.

Remaja yang kurang memperhatikan kesehatan jasmani nya dia akan mudah sekali terkena berbagai gangguan penyakit yang terkait dengan Gizi Remaja yaitu penyakit yang biasa terserang remaja ANEMIA, adalah kebutuhan zat besi akan meningkat pada saat proses kematanga seksual, baik pada remaja pria maupun wanita, kekurangan zat besi dalam makanan akan menimbulkan penyakit anemia (kurang darah) .

Banyak hal yang melatarbelakangi penyebab gangguan penyakit tersebut banyak terserang kepada remaja, penyebab nya yaitu :
– Kandungan zat besi dalam makanan kurang sehingga tidak mencukupi kebutuha tubuh.
– Peremuan mengeluarkan haid, sehingga zat besi pun ikut terbuang.
– Diet yang berlebihan
– Infeksi cacing yang berlangsung lama, sehingga menyebabkan pendarahanpada dinding usus.
– Pendaraha, sel darah mudah rusak dan gangguan pembentukan sel darah.

Gejala anemia banyak disebabkan dari berbagai faktor :
– Mudah lelah
– Sulit tidur
– Kurang/hilang nafsu makan
– Sulit berkonsentrasi
– Lemah/lesu
– Pusing dan mata berkunang-kunang terutama ketika bangkit dari duduk.

Pencegahan nya dapat dilakukan dengan memenuhi asupan zat besi yang bersumber dari :
– Hewani: daging, unggas, ikan, hati dan organ bagian dalam.
– Nabati: sayur hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, sereal, gandum.
– Makanan kaya Vitamin C: Jambu biji, jeruk, apel, nanas, manga
– Hindari/kurangi minum teh, kopi, susu, cokelat karena dapat menghambat penyerapan zat besi ke dalam tubuh.
– Pil/Tablet Zat besi, Remaja perempuan yang sedang haid atau wanita hamil sangat dianjurkan minum tablet zat besi 1 butir/hari (selama haid/usia kehamilan 6-9 bulan). Wanita hamil yang kekurangan darah/anemia dapat menyebabkan infeksi, perdarahan saat melahirkan bahkan kelahiran prematur serta kematian pada ibu atau bayi. Pada ibu yang menyusui dapat menyebabkan kekurangan gizi pada bayi.

Dede Kharisma
Follow me
Dede Kharisma

Dede Kharisma

Semangat Sepanjang masa