Yuk! Jadi Generasi Berencana bukan Generasi Rebahan!


merencanakan-karir-768x432.jpg

Read 129 

Hai Teens! Kalian tau ga apa itu Karir? Karir adalah perkembangan atau kemajuan dalam kehidupan seseorang baik dalam hal pekerjaan, jabatan maupun kehidupan. Diusia remaja yang masih sekolah tentunya kalian harus mulai merencanakan awal karir kalian akan seperti apa, apakah mau melanjutkan kuliah? atau bekerja agar mandiri? Atau mau langsung menikah saja? Nah di usia remaja seperti kalian tentunya harus jadi Generasi berencana dong bukan menjadi generasi rebahan maka dari itu kamu harus merencanakan masa depan yang cerah.

Lalu, bagaimana caranya merencanakan masa depan?
Ada beberapa cara nih teens, yang pertama kenali diri sendiri dengan melihat kelebihan dan kekurangan pada diri kita. Seperti apa yang kita sukai atau apa yang tidak disukai setelah itu lanjut mengembangkan skill yang kita sukai, misalnya kamu suka menggambar dan ingin menjadi desain fashion. Nah kalian harus meluangkan waktu untuk hobimu dan banyak berlatih agar skillnya lebih meningkat. Kalian harus mengikuti passion karena passion akan menunjang keterampilan sehingga bisa menjadikanmu seseorang yang profesional dibidang itu.

Lalu yang Kedua membuat planning life, seperti schedule book atau planning book. Planning life sangat membantu untuk mencapai karir yang gemilang karena planning life dapat mengukur prospek masa depan, mudah memanage waktu, mengevaluasi karir yang telah tercapai dan jika planning satu gagal masih banyak planning lainnya yang dapat kalian capai. Kalian juga dapat menggunakan metode SMART : Specific – Measureable – Archiveable – Realistic – Time-bound.

Yang Ketiga lakukan dan mulai dari hal yang terkecil seperti mengikuti lomba sesuai dengan skill yang kamu punya agar dapat menambah ilmu baik dari kesalahan kita maupun orang lain. Yang terakhir jangan lupa terus ikhtiar dan berdoa karena jika salah satunya tidak dilakukan maka sedikit kemungkinan untuk berhasil.

Itulah sedikit tips dari Nisrina mengenai cara merencanakan masa depan, semoga berhasil dan tetaplah bangkit walau gagal menerpa karena “Keajaiban adalah kata lain dari kerja keras”.

Nisrina Rifati Hazimah
Follow me
Latest posts by Nisrina Rifati Hazimah (see all)
Nisrina Rifati Hazimah

Nisrina Rifati Hazimah

Hello minna san~ selalu baca karya nichaan ya dan teruslah berkarya dan mengamalkannya.