Yuk! Bangun Rasa Percaya Diri di Usia Remaja mu


inbound3837734999810577988.jpg

Read 118 

Disadari atau tidak, bahkan diakui atau tidak. Rasa percaya diri itu merupakan hal yang penting lho teens. Tetapi sayang nya sifat itu sulit dibangun, hmm. Padahal itu merupakan “key for open another thing” yap! Kunci untuk membuka hal yang lainnya. Bahkan kamu pun pernah mendengar atau mungkin kamu juga pernah mengatakan hal ini “Ko mereka bisa se-PD itu sih ngomong di depan umum? Ko bisa lancar banget sih .. bla bla bla”.

Beberapa orang mungkin akan merasa minder jika melihat kemampuan orang lain, tapi kamu jangan ya! Kamu harus memiliki motivasi untuk bisa melakukannya. “jika orang lain saja mampu melakukannya, kenapa kita tidak?”. Kali ini kamu tidak perlu khawatir untuk bisa menjadi percaya diri, ini dia 5 tips membangun rasa percaya diri di usia remaja yang bisa kamu praktikkan langsung dari mulai sekarang !

1. Be yourself (Jadilah diri sendiri)
Apa yang kamu rasakan ketika berpura-pura menjadi orang lain? Merasa aneh, tidak enjoy, bahkan mungkin tidak bahagia? Tentu saja, perasaan dan kondisi tadi akan berbalik jika kamu menjadi diri sendiri dan apa adanya.
Tidak ada yang lebih mengenal kamu, selain dirimu sendiri. Apa yang menjadi kekuatan kamu, apa yang menjadi kelemahan kamu. Pasti kamu sendiri lebih tahu daripada orang lain. Kamu bisa menggunakan kata “thanks for my self’ , “terimakasih telah menemaniku hingga sampai detik ini”, “Aku bangga pada diriku sendiri” dan kalimat-kalimat positif lainnya yang membuat dirimu bangga menjadi dirimu sendiri.

2. Bangun relasi
Satu hal yang bisa membangun kepercayaan diri seseorang adalah melihat atau berada di sekeliling orang yang lebih percaya diri dan bisa mendukungmu. Percaya atau tidak, selalu bersama orang-orang yang percaya diri, akan membuatmu terbiasa dan melakukan hal yang sama. Kamu bisa melakukan hal seperti memberikan senyuman, menyapa, dan mencoba untuk membuka obrolan ringan dan berbicara ramah kepada setiap orang.

3. Berlatihlah!
Nah, poin yang satu ini penting banget lhoo teens. Coba sesekali kamu berdiri di depan cermin, lalu perhatikan dirimu dan yakinkan kamu bisa! Sesekali, berbicaralah di depan cermin, kamu bisa menirukan orang yang kamu kagumi dari kemampuannya. Misalnya, berbicara seperti motivator, berpuisi, vlogger youtube, dan lain sebagainya, buat dirimu senyaman mungkin, lakukan hal ini untuk menjadi ajang kamu berlatih berbicara dan membangun rasa percaya dirimu.

Kamu bisa melakukannya setiap hari. Bayangkan saja kamu seperti berbicara di depan umum dengan nyata, nanti pun kamu akan terbiasa.

4. Cari tahu apa passion mu
Percaya deh! Jika kamu punya passion atau apa yang menjadi kelebihanmu. Kamu akan lebih nyaman, lebih menguasai dan tentunya akan lebih percaya diri. Carilah dan fokus pada kelebihanmu. Yakin ga yakin, seseorang yang populerpun pasti memiliki kekurangan, tetapi mereka selalu fokus pada kelebihan yang mereka miliki. ¬now, ask to urself! Whats my talent?

Kamu bisa mengetahuinya dari mulai hobimu, entah itu menanyi, melukis, menulis, stand up comedy, atau hal yang lainnya. Cara untuk mengetahuinya selain dari hobimu, kamu bisa mencoba hal yang lainnya, nanti pun kamu akan menemukan apa yang menjadi passionmu.

5. Pengembangan Diri
Kamu pernah denger pepatah “Hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin” ?. Yup! Thats what should you do. Kalau kamu merasa kemampuan berbicara mu kurang, kamu harus sering mengasahnya dengan cara melakukan keempat poin tadi. Sering melakukan latihan, dan terus mempraktikkannya. Jika kamu merasa masih kurang dalam hal itu, kamu bisa menjadikannya sebuah evaluasi untuk memperbaikinya. Terus-teruslah mencoba dan lakukanlah! Hal tadi tak akan berarti jika kamu tidak melakukannya!

Nah, itu dia tadi hal-hal yang perlu selalu kamu ingat setiap kali kamu tidak merasa percaya diri. Beranikan dirimu untuk mencoba hal-hal baru, keluar dari zona nyamanmu. Poin pentingnya adalah coba, paksakan, dan lakukanlah! Gerakan kakimu, lalu lakukan hal yang menjadi poin pertama. Semoga bermanfaat 🙂

Zamzam Zamiaturrohmah
Follow me
Latest posts by Zamzam Zamiaturrohmah (see all)
Zamzam Zamiaturrohmah

Zamzam Zamiaturrohmah

Hi! My name is Zamzam Zamiaturrohmah, but u can call me Ami. Est. 99✨