Tugas Perkembangan Remaja


WhatsApp-Image-2020-01-01-at-14.11.40.jpeg

Read 96 

Havigrust (dalam Muhammad Ali, 2008: 171) mendefinisikan tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau sekitar periode tertentu dari kehidupan individu dan jika berhasil akan menimbulkan fase bahagia dan kesulitan dalam menghadapi tugaAs-tugas berikutnya. Tugas perkembangan masa remaja lebih difokuskan kepada upaya peningkatan sikap dan perilaku yang kenakak-kanakan serta berusaha untuk mampu bersikap dan berperilaku secara dewasa.

Hurlock mengemukakan tugas-tugas perkembangan remaja (Muhammad Ali, 2008: 10), yaitu:
1. Mampu menerima perubahan fisik
2. Mampu menerima dan memahami peran seks usia dewasa
3. Mampu membina hubungan yang baik dengan anggota kelompok yang berlainan jenis
4. Mencapai kemandirian emosional
5. Mencapai kemandirian ekonomi
6. Mengembangkan konsep dan keterampilan intelektual yang sangat diperlukan untuk melakukan peran sebagai anggota masyarakat
7. Memahami dan menginternalisasikan nilai-nilai orang dewasa dan orang tua
8. Mengembangkan perilaku tanggung jawab sosial yang diperlukan untuk memasuki dunia dewasa
9. Mempersiapkan diri untuk memasuki perkawinan
10. Memahami dan mempersiapkan berbagai tanggung jawab kehidupan keluarga

Sedangkan Zulkifli (2005: 76) berpendapat bahwa tugas perkembangan remaja adalah sebagai berikut:
1. Bergaul dengan teman sebaya (laki-laki dan perempuan)
2. Mencapai peranan sosial sebagai pria atau wanita
3. Menerima keadaan fisik diri sendiri
4. Memilih dan mempersiapkan lapangan pekerjaan
5. Memilih pasangan dan mempersiapkan diri untuk berkeluarga

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tugas-tugas perkembangan remaja adalah sikap dan perilaku individu dalam menyikapi keadaan lingkungan di sekitarnya. Mampu menerima keadaan dirinya secara fisik dan memahami dirinya dari sisi emosional. Perubahan yang terjadi pada fisik ataupun psikologisnya secara tidak langsung menuntut individu untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan di sekitarnya dan menghadapi tantangan hidup yang harus dilaluinya.

Tugas perkembangan remaja menurut Havigrust memiliki hubungan dengan pendidikan dan konsep diri, yaitu:
1. Hubungan tugas perkembangan remaja dengan Pendidikan
Tugas-tugas perkembangan seharusnya menjadi pertimbangan dalam perencanaan, pembuatan, dan target materi pendidikan sehingga mempermudah individu menyelesaikan tugas perkembangannya dengan baik.
2. Hubungan tugas perkembangan remaja dengan konsep diri
Tugas perkembangan yang dapat diselesaikan dengan baik akan mengembangkan konsep diri yang positif pada inidividu, begitu juga sebaliknya. Jika tugas perkembangan tidak diselesaikan dengan baik maka akan mengembangkan konsep diri yang negatif.

Tugas-tugas perkembangan remaja sebenarnya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh budaya yang berlaku di lingkungan individu. Namun, tugas-tugas perkembangan remaja menurut Havigrust merupakan tugas-tugas perkembangan remaja secara umum.

Remaja dalam menjalankan tugas perkembangannya membutuhkan pendampingan dari orang tua. Namun, melihat kenyataan pada hari ini sedikit sekali orang tua yang memperhatikan tugas perkembangan anaknya yang beranjak remaja menuju dewasa. Jangankan memperhatikan tugas perkembangan anaknya yang beranjak remaja, bahkan tugas-tugas perkembangan yang harus dilalui oleh anaknya tidak diketahuinya. Hal ini mencerminkan kurangnya edukasi parenting terhadap orang tua di Indonesia, padahal remaja merupakan generasi penerus sehingga harus diperhatikan dengan benar perkembangannya agar mencetak generasi penerus yang hebat.

Jihan Fauziah
Follow me
Latest posts by Jihan Fauziah (see all)
Jihan Fauziah

Jihan Fauziah

-