Tips Mendaki Gunung Yang Aman Bagi Keselamatan!!!


inbound6528072850820601180.jpg

Read 99 

Setiap tahunnya banyak anak muda yang mendaki gunung, tetapi sering kali persiapan yang dilakukan kurang matang hingga menyebabkan kecelakaan seperti jatuh hingga keseleo, dehidrasi bahkan sampai ada yang meninggal. Penulis ingin memberikan beberapa tips mendaki yang aman untuk keselamatan.

1. Persiapkan fisik dan mental
Mendaki gunung termasuk olahraga berat yang menguras tenaga, jadi pendaki harus mempersiapkan kondisi tubuhnya agar prima. Cuaca yang tidak menentu menjadi salah satu masalah dalam mendaki gunung. Mental dan fisik harus kuat untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi pada tubuh.

2. Mencari informasi gunung yang akan didaki
Wajib mencari tahu gunung yang akan menjadi tujuan. Dari rute jalur, keadaan jalur tersebut, waktu tempu, kondisi cuaca yang sering terjadi di gunung tersebut dan lain-lain. Mempersiapkan diri dengan pengetahuan tersebut untuk memperlancar perjalanan dari mulai menaiki gunung hingga turun kembali.

3. Persiapkan dengan matang perlengkapan yang harus dibawa dan yang tidak perlu dibawa
Perlengkapan yang dibawa sebisanya harus lengkap dalam menunjang pendakian agar tidak ada kendala dalam mendaki serta pakaian untuk menghindari hipotermia. Jangan membawa peralatan yang sekiranya tidak diperlukan dalam mendaki, karena hanya akan menambah beban pada tas carrier anda.

4. Konsumsi yang cukup dalam mendaki
Menyiapkan konsumsi adalah hal yang sangat penting bagi pendaki. Mengatur perbekalan yang baik tidak kurang juga tidak berlebih. Air bersih harus cukup untuk menghindari dehidrasi saat mendaki gunung.

5. Tidak mendaki sendiri dan disertai orang yang sering atau berpengalaman dalam mendaki
Hindari mendaki sendirian karena berbahaya bagi diri sendiri. Ditemani dengan yang berpengalaman dapat memudahkan kita dalam mendaki gunung.

6. Jangan bertindak seperti jagoan
Jangan menganggap remeh sebuah gunung jika tidak ingin celaka. Berjalan teratur untuk menghemat tenaga dan tidak perlu malu jika ingin beristirahat jika sudah cape. Ingat untuk tetal selalu dalam kelompoknya jangan terlalu cepat atau terlalu lambat.

7. Berdoa sebelum pendakian
Berdoa untuk meminta restu dan perlindungan-Nya agar dilancarkan dan diberi kesehatan dalam perjalanan. Serta jangan lupa berpamitan pada orang tua dan teman untuk didoakan dalam pendakian tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan. Tips tersebut bisa berubah tergantung keadaan dilapangan. Bagi yang ingin mendaki saya doakan agar lancar dari mulai berangkat hingga kembali kerumah.

Alif Hisan Alfaridzi
Follow me
Latest posts by Alif Hisan Alfaridzi (see all)
Alif Hisan Alfaridzi

Alif Hisan Alfaridzi

Pendidikan terakhir sedang berkuliah jurusan bimbingan konseling islam semester 5