Tips Bijak Menggunakan Media Sosial


Read 364 

Kita semua tau ya sobat, media sosial merupakan salah satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari. Tapi harus sobat tau, dalam menggunakan media sosial kita harus bijak dan memilah apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain.

Berikut ini tips menggunakan media sosial dengan bijak :

1. Berhati-hati membagikan informasi pribadi di media sosial.
Sobat PIKMA, berhati-hatilah dalam membagikan info pribadi. Sebaiknya kita menahan diri untuk share informasi tersebut seperti alamat rumah, nomer ponsel, kartu tanda penduduk dan lain sebagainya yang sangat pribadi. Jangan sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggungjawab.

2. Hindari menyebar dan melampiaskan kebencian di media sosial.
Dalam berinteraksi di media sosial kita juga harus menjaga etika. Hindari menyebar dan melampiaskan kebencian, bullying serta hal-hal yang memancing pertengkaran.

3. Hindari menjadikan media sosial sebagai pelarian dari masalah.
Menyelesaikan masalah di dunia nyata sebaiknya dilakukan dengan berkonsultasi pada keluarga atau teman dekat. Hindari mengumbar-umbarnya di media sosial, sebab orang-orang di dunia maya nggak tau seluk beluk permasalahan kita, dan dikhawatirkan malah ngasih komentar-komentar bahaya yang bisa ngejerumusin kita ke tindakan yang nggak baik.

4. Pikir dahulu sebelum membuat status
Sebelum membuat status, pikirkan terlebih dahulu “Apa yang hendak kita tulis, apa tujuannya, dan apa dampaknya”. Bisa aja status yang ditulis dapat menyinggung bahkan menyakiti perasaan orang lain, hal ini nggak baik ya sobat. Jangan sampe status kita menjadi bumerang sendiri di kemudian hari.

5. Bijak memilih informasi yang di dapatkan
Banyak sekali informasi yang akan kita dapat di media sosial dan tak menutup kemungkinan setengah dari informasi yang kita dapat adalah informasi hoax. Maka dari itu, selektif lah untuk memilah informasi di media sosial. Jangan mudah percaya informasi yang belum jelas sumbernya.

PIKMA UIN BANDUNG
Follow Me
PIKMA UIN BANDUNG

PIKMA UIN BANDUNG

PUSAT INFORMASI DAN KONSELING MAHASISWA (PIKMA) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG "Juara Lahir dan Batin