0 5 min 1 yr

WhatsApp-Image-2020-01-03-at-00.44.01.jpeg

Read 384 

Yaahhh.. dia mukanya mewek lagi.
Lagi galau ya? Hehe ūüėÄ

Gaes, pernah ngga sih kita sebagai seorang remaja kadang ngerasa kaya galau? Ngerasa kaya kosong? Ngerasa kaya kok kayanya hidup gw ngga berarti banget ya?
Sering? Waduh.. haha..
Tenang gaess, itu merupakan sebuah hal yang wajar ko kalo kamu pernah ngerasain hal kaya gitu. usia remaja memang lagi waktu-waktunya kamu rentan merasakan kegalauan, mungkin karena permasalahan yang terus silih berganti. Malah kalo kata Bapak Stanley Hall selaku bapak psikologi menyebutkan, remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan, masa dimana penuh badai dan tekanan atau Bahasa kerennya penuh storm and stress yang mungkin itu yang ngebuat kamu penuh dengan kegalauan.

Nah, terus gimana kalo kita udah ngerasain galau?
Ini gaes, aku punya tips nih buat temen-temen semua buat menghindari dan menghilangkan yang namanya kegalauan yang suka datang berbadai-badai, hehe..
Oke, cekidoot..
1. Anggap setiap masalah sebagai pendewasaan
Kadang ketika masalah datang menyerbu, kita seringkali ngerasa kok kayanya gue manusia paling menderita ya? Apa yang salah dari gue sih? Gitu ngga?
Ngga ada yang salah dari kamu ko, kamu hanya saja sedang berada di fase remaja, dan fase remaja ini yang tentu saja menjadi jembatan buat kamu menuju ke fase dewasa, entah kamu sadarin atau ngga, segala permasalahan yang kamu jumpai di fase ini (remaja) bakal menjadi modal yang sangat berharga untuk ketika kamu sudah sampai di fase dewasa.

Dan tentu saja, ketika kamu telah dewasa nanti, bakal lebih banyak permasalahan dan kamu sudah terbiasa dengan masalah yang mungkin datang, sehingga kamu sudah siap untuk menghadapi dan menyelesaikan permasalahan di fase dewasa nanti, dan anggap saja segala permasalahan yang kamu hadapi pada fase remaja ini sebagai bentuk pendewasaan dirimu ya gaes.

2. Tidak terlalu memikirkan hal-hal yang tidak perlu
Kadang penyebab kita galau karena kita terlalu memikirkaan hal-hal yang sebenernya ngga harus buat kita fikirkan. Pernah ngga kamu ngerasa galau disebabkan sebuah permasalahan yang kalau dipikir-pikir lagi ternyata itu hanya sebuah masalah yang sepele? Masalah kecil, yang tiba-tiba sampe ngilangin mood kamu? Hehe, nah itu, inget ya gaes, dirimu terlalu berharga untuk sebuah kegalauan yang disebabkan permasalahan sepele. Masalahmu mungkin banyak, tapi jangan sampai kamu hilang mood hanya karena dari masalah yang sepele. Masalahnya mungkin sepele, kecil, tapi kalo terus kamu pikirkan? Aapa yang terjadi? Masalah yang kecil itu akan berubah seolah-olah itu sebuah permasalahan yang besar sehingga menyebabkan kamu penuh dengan kegalauan, dan kamu menderita. Hadeh, jadi ingat ya gaes, kuncinya adalah kamu hanya perlu untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal yang tidak perlu untuk kamu pikirkan terus menerus. Kendalikan fikiranmu.

3. Meluangkan waktu khusus untuk istirahat dan refreshing
Kamu itu bukan robot, kamu manusia, kamu butuh istirahat dan refreshing. Setelah berhari-hari penuh dengan aktifitas yang melelahkan, tidak ada salahnya untuk kamu beristirahat dan merefreshgh kembali dirimu. Bisa dengan mungkin mampir ke tempat-tempat wisata, atau tempat yang sekiranya tiba-tiba disana bisa ngebuat beban hidupmu seolah-olah hilang dan kamu menjadi lebih segar lagi. Hehe kamu butuh itu. Luangkanlah.

4. Menenangkan diri dengan nuansa religious
Berbicara religious tentu saja kita berbicara tentang kedekatan kita dengan Tuhan ya gaes. Nah, hubungan kita dengan Tuhan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap hati kita. Pernah ngga kamu ngerasa ketika kamu mendekat dengan Tuhan, kamu merasakan sebuah ketenangan dalam hati kamu? Ketenangan yang sebenernya sangat kamu butuhin itu. Nah ini gaes, hatimu butuh mendekat kepada Tuhan untuk merasakan hati yang tenang. Jangan malu atau ragu, mendekat saja kepada Tuhanmu karna DIA akan selalu menerima bagaimanapun keadaanmu, dan kamu akan lebih tenang dengan hal itu.

5. Rutin Berolahraga
Ada pepatah yang mengatakan, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pernah denger yang semacam itu?. Nah, satu tips terkahir ini sangat perlu untuk kamu coba. Cobalah mulai dari sekarang untuk kamu rutinkan berolahraga. Yakin deh akan banyak sekali manfaat nantinya yang bakal kamu dapetin dari kamu berolahraga. Bahkan olahraga ini gaes bisa bia lho mencegah dan menghilangan kegalauan gaes.. ngga percaya? Lakuin aja deh. Hehe..

Mustofa Mustofa
Follow me
Latest posts by Mustofa Mustofa (see all)