Stop Insecure, Yuk Bersyucure!


IMG-20191227-WA0013.jpg

Read 314 

Hii teens, kalian tau gak sih apa itu insecure? Sebenarnya sih gaada pengertian khusus untuk insecure itu sendiri, tapi anak milenial atau anak zaman now selalu mengartikan sebagai kekhawatiran dan ketakutan. Contohnya nih ya, “jangan terlalu insecure sama kekurangan diri kita, masih banyak yang bisa kita banggain!”

Insecure juga bisa diartikan sebagai rasa takut sama sesuatu yang dipicu oleh rasa gak puas dan gak yakin sama kapasitas diri sendiri. Kasarnya ketika kamu ngerasa ah si A lebih ini, ah si B lebih itu. Atau ketika kamu merasa orang-orang ngeliat kamu beda dari yang seharusnya. Atau ketika kamu merasa gak nyaman sama apa yang kamu punya.

Di dunia ini semua orang pasti memiliki insecurity apalagi remaja nih. Yang menjadi permasalahan adalah ketika insecurity membuat kita menjadi kecil hati dan takut untuk melangkah. Justru kita harus bisa melawan insecure itu dengan bersyucure teens!

Penyebab dari insecurity sendiri itu banyak sekali loh. Nih aku kasih tau beberapa penyebabnya.Yang pertama, biasanya para remaja selalu membanding-bandingkan dirinya dengan oranglain, padahal dirinya sendiri itu masih banyak kelebihan dibandingkan oranglain. Jadi mereka selalu berpatokan pada standar oranglain bukan standar dirinya sendiri. Contohnya nih kaya masalah penampilan, mereka selalu menganggap oranglain lebih cantik, padahal ia pun memiliki kecantikan yang orang lain tidak punya.

Yang kedua, terlalu larut melihat masa lalu sehingga ia ingin terus kembali ke masa lalu dan hidupnya tidak akan berkembang teens.

Yang ketiga, terlalu sering melihat sosial media. Nah ini nih, biasanya mereka selalu melihat kehidupan oranglain di sosial media yang kebanyakan hanya terlihat enaknya saja. Padahal di kenyataan nya mereka tidak tahu oranglain itu kehidupannya seperti apa. Sehingga mereka terus saja memikirkan yang sebenarnya itu tidak nyata.

Yang keempat, overthinking. Overthinking ini itu memikirkan suatu hal secara berlebihan. Contohnya nih suka terus saja memikirkan sesuatu yang tidak perlu dipikirkan “ih gimana yah aku gak pede sama baju yang aku pake, nanti oranglain liatnya aneh terus nanti mereka gak suka sama aku” kurang lebih seperti itu.

Yang terakhir nih emang paling gabisa dihindarin, kata-kata negatif dari oranglain. Karena mulut orang gabisa kita kendalikan, akhirnya mau tidak mau harus kita yang mengalah meskipun emang berat, tapi jalani saja. Lama kelamaan mereka juga cape dengan ucapannya yang selalu menjelekkan kita.

Nah gimana sih cara biar kita gak ngerasa insecure terus? Kita bisa menghindapinya dengan cara menulis kata-kata yang positif, diam di lingkungan orang-orang yang suportif, kurangi melihat dan menggunakan sosial media, tempel kata-kata positif di sekelilingmu, lupakan masa lalumu, lakukan kegiatan atau hal-hal yang positif, temukan kelebihan-kelebihanmu, dengarkan lagu-lagu yang membangun, lawan terus insecurity dengan perkataan positif, dan jika sudah benar-benar tidak mampu menanganinya bisa langsung konsultasi dengan ahlinya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian teens. Kalian bisa follow aku di media sosial aku biar lebih kenal.

Sampai bertemu di tulisan selanjutnya 🙂

Rachmani Gustia Ekawanty
Follow me
Latest posts by Rachmani Gustia Ekawanty (see all)
Rachmani Gustia Ekawanty

Rachmani Gustia Ekawanty

Mahasiswi