STOP aja!!!


inbound5749421385574318424.jpg

Read 89 

Masa remaja adalah masa dimana mereka mencari jati dirinya, dengan berbagai cara melatih peran dan keyakinan baru dalam membangun identitas ego mereka. Pada masa remaja seorang anak akan mengalami masa pubertas dan itu lebih menunjukkan perkembangan biologisnya.Memasuki masa remaja akan mencari identitas dirinya dan pasti akan mengalami goncangan mengenai keberadaan suatu hal, maka pergaulan remaja saat ini perlu mendapatkan sorotan yang kuat baik dari pemerintah, masyarakat maupun keluarga sang anak.

Pergaulan remaja sangat mengkhawatirkan karena perkembangan arus modernisasi dan westernisasi yang mendunia serta menipisnya moral keimanan, khususnya remaja pada saat ini.karena ditangan generasi mudalah bangsa ini akan dibawa baik atau buruknya. Salah satu hal yang kebanyakan terjadi dikalangan remaja sekarang yaitu dari sisi negatifnya.

Sebagian besar remaja zaman sekarang itu tidak melokal jeniuskan budaya-budaya asing ke Indonesia digunakan tanpa batas, bahkan gaya hidup orang barat ditiru oleh para remaja saat ini yang notabenya tinggal dikota metropolitan dan semua fasilitasnya tercukupi. Mereka lebih mengikuti trend mode dimasa sekarang,setiap ada model baru pasti dilakukan dan kalau tidak pasti takut dikatakan kudet atau jadul. Sebagaimana contohnya berpakaian seperti orang-orang luar negeri dan bergaya seperti masyarakat westernisasi yang kebanyakan korbannya yaitu para wanita.

Remaja yang kekinian selalu dikaitkan dengan teknologi,semakin canggihnya teknologi maka semakin rusaknya moral dan etika hal tersebut seharusnya baik tetapi semakin canggihnya teknologi dan kurangnya benteng keimanan justru malah merusak remaja zaman sekarang.

Memang tidak salah bagi mereka yang seharusnya menikmati perkembangan yang begitu canggih,semua alat-alat elektronik serba ada mulai dari HP,laptop san sebagainya. Ada 10 cara untuk menstop maraknya kasus kenakalan remaja yang di akibatkan oleh kesalahan dalam cara bergaul. Diantaranya:
1. Membangun komunikasi yang baik dengan keluarga
2. Membentuk karakter yang positif
3. Memilih teman baik
4. Menghindari lingkungan yang tidak kondusif
5. Mengisi waktu luang dengan hal positif
6. Memperluas pengetahuan
7. Taat hukum
8. Memperkuat pendidikan agama
9. Menerima diri sendiri
10. Membatasi pergaulan di luar rumah

Dan masih banyak cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari pergaulan bebas. Mengingat pergaulan bebas ini kebanyakan dimulai pada saat remaja, yakni masa di mana setiap individu mencari jati diri, peran orang yang lebih dewasa sangatlah penting. Oleh karena itu peran orang tua sangat berguna untuk dapat membimbing dan mengarahkan jalan hidup anaknya agar tidak salah langkah sehingga terhindar dari hal-hal yang dapat membuat nya celaka.

Ainun Nurlatifah
Follow me
Latest posts by Ainun Nurlatifah (see all)
Ainun Nurlatifah

Ainun Nurlatifah

Saya suka mendengarkan musik