Standar Kecantikan Bagi Perempuan


WhatsApp-Image-2021-01-16-at-19.42.26.jpeg

Read 66 

Perempuan Indonesia pada saat ini sudah termakan oleh stigma yang ditimbulkan oleh masyarakat mengenai standar kecantikan. Stigma yang ada dimasyarakat saat ini mengenai perempuan cantik yaitu harus memiliki kulit yang putih, badan yang kurus, memiliki rambut panjang, memiliki tubuh yang tinggi, memiliki hidung yang mancung dan masih banyak lagi. Padahal yang seharusnya ditekankan dalam stigma yang ada dimasyarakat adalah semua perempuan itu cantik dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Beberapa pernyataan yang sering muncul mengenai standar kecantikan itu seperti

“Rambut kamu pendek banget jadi wajah kamu terlihat bulat, coba kalau panjang pasti wajah kamu akan terlihat lebih tirus”
“Kulit kamu hitam, coba deh perawatan, pasti nanti ada lelaki yang akan melirik”
“badan kamu kok terlihat besar yah, coba deh kamu diet”

Pernyataan-pernyataan seperti ini sama sekali tidak bisa terus didiamkan. Kita tidak tahu berapa besar pengaruh pernyataan tersebut bagi sebagian perempuan. Dengan adanya pernyataan ini, semakin banyak perempuan yang menjadi tidak percaya diri dan merasa tidak nyaman dengan tubuh mereka sendiri.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya Indonesia merupakan negara dengan keberagaman suku, bangsa, agama, adat istiadat dan ras. Perempuan-perempuan diseluruh Indonesia terlahir dengan berbagai jenis keunikan kecantikan tersendiri, mulai dari yang berkulit putih, berkulit sawo matang, berkulit hitam, berambut ikal, berambut lurus panjang dan masih banyak lagi. Sudah seharusnya kita memahami hal ini dan merubah mindset kita mengenai standar kecantikan bagi perempuan.

Dari keberagaman yang tersebar diseluruh Indonesia mengenai keunikan kecantikan yang dimiliki oleh perempuan, kita sebagai masyarakat tidak bisa memukul rata mengenai stigma cantik bagi perempuan. Setiap perempuan memiliki keunikan tersendiri yang ada didalam dirinya dan itu merupakan sebuah anugrah yang Tuhan ciptakan untuk kaum perempuan.

Sudah waktunya kita, masyarakat dari kalangan laki-laki ataupun perempuan itu sendiri, merubah mindset dan stigma terhadap kecantikan bagi perempuan. Dan sudah seharusnya juga kita sebagai masyarakat tegas menghadapi stigma kecantikan bagi perempuan, karena bisa jadi stigma yang kita tanam sekarang ini berdampak buruk bagi mental setiap perempuan yang merasakannya.

Maka dari itu untuk perempuan perempuan diluar sana yang masih merasa tertekan dengan stigma masyarakat, masih merasa bahwa stigma tersebut menghalangi mimpi kalian, masih merasa bahwa stigma tersebut membuat kalian putus asa, masih merasa bahwa stigma tersebut membuat kalian tidak percaya diri dan masih merasa bahwa stigma tersebut membuat kalian menghakimi diri sendiri, mari mulai sekarang tegakkan kepala kalian, perlihatkan dan buktikan bahwa stigma dan standar kecantikan yang selama ini ditanamkan dilingkungan masyarakat adalah sebuah kesalahan.

Sedikit pesan bagi perempuan-perempuan yang ada diluar sana

Hai cantik, kalian semua berhak disayangi dan dicintai. Kalian semua hebat dan sangat berharga. Kalian semua berhak tersenyum lebar dan berhak merasakan keadilan. Kalian semua berhak mengejar mimpi dan berhak untuk percaya diri. Maka mulai sekarang, angkat kepalamu, tegakkan bahu kalian buktikan pada semua bahwa standar kecantikan yang ada sekarang itu tidaklah benar.

Aulia Wijdan
Latest posts by Aulia Wijdan (see all)
Aulia Wijdan

Aulia Wijdan

Perkenalkan namaku Aulia Wijdan, teman-teman biasa memanggilku Aulia. Aku lahir di Bandung tanggal 16 Desember tahun 2000. Ibuku benama Nur Kholifah dan ayahku yang bernama Nurodin. Aku memiliki seorang adik laki-laki yang bernama Muhamad Faiz Nuur. Saat ini aku merupakan salah satu mahasiswi semester 5 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.