Selamat Hari Anak Nasional 2019! Saatnya Yang Muda Yang Bergembira


Read 79 

Selamat Hari Anak Nasional 2019! Saatnya yang Muda yang Bergembira

Berdasarkan Keputusan Presiden No 44 Tahun 1984, tanggal 23 Juli ditetapkan sebagai Hari Anak Nasional Teens!
Anak-anak Indonesia dalam kondisi apapun sudah sepatutnya mendapatkan kebahagiaan. Bahagia dengan cara apa? Dengan cara pemenuhan 10 Hak Anak yang pernah diumumkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Tahun 1954. Baru pada Tahun 1989 disahkan sebagai Konvensi Hak-hak Anak, lalu Pemerintah Indonesia sendiri, melalui Keputusan Presiden No.36/1990 tanggal 28 Agustus 1990, pun mengakui hak-hak anak tersebut.

Apa saja sih 10 Hak Anak itu?
1. Bermain
Sudah jadi haknya seorang anak untuk bermain, tentu dengan pengawasan orang tua. Bermain sambil mengedukasi sesuai dengan usia anak. Jangan renggut masa bermain anak dengan membebaninya pekerjaan berat, masa kecil yang bahagia akan meningkatkan kepercayaan dirinya karena merasa mendapat kasih sayang dan perhatian yang cukup.

2. Memiliki Nama dan Identitas
Setiap nama yang diberikan untuk anak adalah doa. Hal itulah yang bisa membuat anak bahagia, memiliki nama dan arti yang baik sehingga dirinya bisa tumbuh dan berkembang dengan identitas dirinya.

3. Kewarganegaraan
Anak berhak memiliki akta kelahiran sebagai bukti bahwa dirinya telah terlahir di negeri ini dan sebagai bekal untuk segala keperluannya kelak menjadi penduduk dan memiliki kewarganegaraan.

4. Perlindungan
Anak punya hak untuk dilindungi dan terhindar dari kekerasan fisik maupun psikis. Jauhkan anak dari segala hal yang bisa merugikan masa kecilnya.

5. Makanan
Setiap anak berhak untuk diberikan makanan terbaik untuk memenuhi asupan nutrisinya. Bayi sekalipun sangat dianjurkan untuk diberi ASI ekslusif. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung gizi seimbang seperti karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayuran serta buah-buahan.

6. Kesehatan
Pola hidup yang sehat akan meningkatkan keterampilan dan kemampuan anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik. Istirahat dan olahraga yang cukup serta pola makan yang optimal akan memenuhi hak kesehatan pada anak.

7. Pendidikan
Keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak. Edukasi yang baik sedari kecil akan menstimulasi anak untuk berpikir dan mengasah kreativitasnya. Pendidikan sangat penting bagi masa depan anak.

8. Rekreasi
Ajak anak untuk melakukan hal yang menyenangkan, mengunjungi tempat wisata, melihat keindahan alam, liburan atau hal lain yang membahagiakan anak dengan cara sederhana.

9. Berperan Dalam Pembangunan
Libatkan anak dalam kegiatan bermanfaat bersama, misalnya melakukan kerja bakti, membersihkan rumah bersama, atau beri pengertian kepada anak untuk berlalu lintas dengan tertib sesuai usianya, dengan begitu anak kelak turut terlibat dengan pembangunan.

10. Kesamaan
Tanpa membedakan jenis kelamin, suku, agama, latar belakang, segala hak anak bisa dipenuhi tanpa pandang bulu. Setiap anak memiliki hak untuk bergembira dan merasa bahagia.

infiniteens.id
Follow Us
infiniteens.id

infiniteens.id

Youth Digital Literacy