Sedang Ada Masalah? Baca dan Ingat 5 Hal Ini


WhatsApp-Image-2019-12-30-at-18.59.18.jpeg

Read 220 

Perjalanan hidup manusia selalu dipenuhi warna-warni. Salah satu dari warna tersebut adalah masalah. Masalah adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia. Tidak ada orang yang tidak mendapatkan masalah di dunia ini. Masalah pasti ada, baik sebagai ujian, untuk menguatkan, juga sebagai pelajaran. Namun pada kenyataannya adanya masalah seringkali membuat kepala menjadi pusing, timbul perasaan khawatir, putus asa, bahkan sampai pada sesuatu yang tidak diinginkan seperti bunuh diri. Besar kecilnya masalah tak lepas dari kondisi pikiran atau persepsi kita. Kadangkala masalah kecil bisa menjadi besar karena pikiran kita mengkondisikan seperti itu. Karena itu pastikan kita tidak terbawa arus yang ada dalam masalah tersebut, dan ingatlah beberapa hal ini:

1. Masalah pasti selalu ada
Akui bahwa masalah itu ada, dan akui juga bahwa masalah ada di dunia bagi orang yang hidup normal. “Jangan mengharapkan suatu kehidupan yang bebas dari masalah. Tidak ada hal yang seperti itu. Sebaliknya, berharaplah akan hidup yang penuh dengan masalah-masalah yang baik.” Mark Manson.
2. Yakini bahwa kita bisa melewati masalah itu
Sebelumnya mungkin kita pernah berada dalam situasi yang kita sebut berada dalam masalah. Banyak yang ditakutkan banyak pula yang kita khawatirkan. Dan saat sampai pada waktunya, ternyata kita berhasil melewati masalah tersebut. Ketika masalah hadir lagi yakinlah kita bisa melewatinya seperti pada saat sebelumnya. Bagi orang muslim, yakinlah bahwa Allah memberikan masalah sesuai dengan kadar kemampuan kita dan Allah tidak akan membebani hambanya di luar batas kemampuanya.
3. Belajarlah untuk tidak memusingkan hal kecil
Terkadang reaksi kita berlebihan, tanpa disadari kita memandang hidup dari sisi negative. Tenanglah sedikit, jangan bersikap seolah sedang berada dalam situasi yang amat darurat. “Cobalah strategi ini, kita akan belajar dua kaidah keselarasan. 1) Don’t sweat the small stuff (jangan memusingkan hal-hal kecil), dan 2) It’s all small stuff (semua masalah cuma masalah kecil). Bila kita memasukkan gagasan ini ke dalam hidup kita, kita akan memulai menciptakan diri yang lebih damai dan penuh kasih sayang”. Richard Carlson, 2019
4. Jangan mengeluh!
Apabila kita selalu mengeluhkan sesuatu, kita akan lebih mudah melihat sesuatu dari sisi negatif dibanding sisi positifnya. Segala sesuatu (baik-buruk) selalu ada hal yang bisa dikeluhkan, begitupun seburuk-buruknya sesuatu juga ada sesuatu yang bisa di syukuri. Sadari, apa yang kita lalui harus kita syukuri.
5. Yakini masalah adalah proses pendewasaan

Bersemangatlah, jadikan masalah sebagai peluang agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dengan masalah seseorang akan menjadi termotivasi untuk bangun, dan pribadinya terlatih sehingga menjadi kuat.

Puri Nurazizah Pratiwi
Follow me
Latest posts by Puri Nurazizah Pratiwi (see all)