Sadar Sejak Remaja Pentingnya ASI


Read 82 

ASI singkatan dari Air Susu Ibu merupakan kata yang identik dengan seseorang yang baru melahirkan dan harus menyusui anak yang telah dilahirkannya. Banyak remaja yang berpikir bahkan tabu untuk mengetahui sejak remaja tentang ASI ini. Dan tak sedikit mengganggap hal berkenaan dengan ASI dapat dipelajari nanti saja ketika masa kehamilan, atau sambil masa menyusui anak. Padahal kualitas dan kuantitas ASI berhubungan erat dengan tumbuh kembangnya seseorang. Tumbuh kembang manusia itu dimulai dari 1000 hari pertama kehidupan dan dilanjutkan sampai pada keturunan selanjutnya. Setiap orang pun memiliki payudara baik itu laki-laki maupun perempuan. Yang membedakan keduanya itu adalah payudara perempuan akan tumbuh lebih besar dan bisa memproduksi Air Susu Ibu.

Seringkali para anak remaja ini bingung apa yang terjadi saat payudaranya tumbuh. Beberapa remaja perempuan merasakan nyeri ketika payudara tumbuh. Hal ini wajar terjadi karena terjadi pelepasan hormon estrogen dan progesteron saat pubertas. Nah, agar tidak salah, berikut infiniteens.id telah merangkum 5 tahapan perkembangan payudara pada anak remaja yang wajib kamu ketahui.

Tahap Pertama, Nah, pada periode ini anak berkembang di semua bidang atau bagian tubuh, namun perkembangan payudara belum terlihat. Namun yang terjadi adalah hanya areola kecoklatan dimana suatu hari nanti payudara dan puting berkembang sepenuhnya.

Tahap Kedua, Ada beberapa sudut pandang yang sedikit berbeda untuk usia pertumbuhan payudara anak remaja di mana tahap ini dimulai. Beberapa orang-orang yang mengatakan bahwa pertumbuhan payudara anak remaja dimulai pada usia sembilan tahun. Dalam tahap ini kuncup payudara kecil akan mulai berkembang dan persiapan untuk pertumbuhan saluran air susu.

Tahap Ketiga, Pada tahap ini kuncup payudara pada anak remaja mulai membesar. Beberapa anak mungkin akan timbul rasa sakit atau ketidaknyamanan pada bagian dada. Hal ini wajar karena ketika payudara perempuan mulai tumbuh, ada beberapa tanda-tanda yang masih bisa dirasakan dan dilihat seperti benjolan yang cukup terasa di bawah puting susu, area dada terasa lebih lunak terutama di sekitar bagian masing-masing puting dan gatal di sekitar puting susu atau di sekitar area dada.

Tahap Keempat, Pada tahap ini perkembangan payudara pada anak remaja akan membentuk gundukan dan secara bertahap membesar, dan akan muncul garis-garis merah muda di payudara. Namun ini hanya tanda sementara dan akan memudar seiring dengan waktu. Selain itu rasa yang tidak nyaman ini akan berlalu dalam waktu sekitar satu tahun atau lebih.

Tahap Kelima, Ini adalah tahapan terakhir di mana payudara menjadi lebih matang dan berbentuk bulat penuh. Pada saat ini anak remaja mulai tahu dan sudah bisa menentukan berapa ukuran bra yang akan ia gunakan. Seiring waktu ukuran payudara akan meningkat dengan adanya kehamilan dan berat badan. Selain itu jika tubuh perempuan kelebihan berat badan, maka pada saat penurunan berat badan yang drastis tentu saja akan mengurangi jumlah lemak di payudara dan ukuran bra akan berkurang.

Ternyata ukuran payudara akan tumbuh sesuai dan alamiah. Besar atau kecilnya tidak mempengaruhi pada produksi ASI seorang ibu menyusui. Justru akan sangat mempengaruhi kualitas ASI jika terjadi tumbuh payudara secara tidak alami alias operasi atau pakai obat petumbuh dan pembesar payudara. Sehingga ga usah deh remaja kepikiran tuk operasi-operasi segala. ASI sendiri banyak manfaatnya lho, diantaranya:

  1. Memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi bayi
  2. Mempercepat tumbuh kembang bayi
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh bayi
  4. Lebih cepat pulih dari rasa lelah dan sakit pasca persalinan
  5. Kontrasepsi alami
  6. Praktis dan ekonomis

Nah lho kalau kamu taunya nanti-nanti aja. Kamu jadi punya sedikit waktu untuk mempersiapkannya.  Bukan hanya untuk perempuan tapi bagi kamu juga para cowok agar lebih menghargai perempuan karena kamu diberi ASI oleh ibumu dan calon ibu dari anak-anakmu akan memberikan ASI untuk keturunanmu yang berkualitas. Dan ada banyak pula persoalan sekelumit dengan ASI yang akan infiniteen.id bahas ya, biar kamu sejak dari remaja sadar akan pentingnya ASI. Pantengin terus IG https://www.instagram.com/infinitygenre/ dan website kita ini.

infiniteens.id
Follow Us
infiniteens.id

infiniteens.id

Youth Digital Literacy