SAATNYA SPEAK UP


IMG-20200104-WA0070.jpg

Read 157 

Masa remaja adalah masa yang penuh goncangan, dimana pada fase ini emosi mulai melonjak dan tidak stabil. Masa remaja juga dikatakan fase transisi dari anak-anak menuju dewasa terhitung dari usia 10-12 tahun dan berakhir 18-21 tahun.

Tidak asing ditelinga kita mendengar kata BULLYING. Bullying adalah tindakan kekerasan atau intimidasi yang biasanya dilakukan oleh kalangan remaja. Bullying juga merupakan perilaku yang agresif dilakukan oleh satu orang atau sekelompok orang yang bertujuan menyakiti seseorang. Dari definisi tersebut bullying tidak hanya menyakiti secara fisik, tetapi juga mental yang membuat si korban berujung pada depresi sehingga mengakibatkan bunuh diri atau kematian. Jika di tarik ulur kebelakang banyak kasus akibat bullying, salah satunya kasus anak remaja yang berumur 14 tahun dipontianak yang menjadi korban bullying oleh anak-anak SMA. Kasus tersebut sempat viral dan menggegerkan masyarakat indonesia. Peristiwa tersebut sangat disayangkan, mengingat bahwa remaja hari ini adalah tonggak masa depan sekaligus generasi penerus bangsa. Apapun yang terjadi bullying ini tidak patut dibenarkan. Jika perilaku itu sudah menyakitimu saatnya SPEAK UP dan MELAWAN!

Ternyata lebih dari yang kamu bayangkan, bullying ini sangat banyak jenisnya yaitu diantaranya :
1. Bullying Fisik. contohnya menendang, memukul, meninju, menampar, dan mendorong.

2. Bullying Verbal, bentuk ini semacam penindasan. Jenis ini pelakunya menggunakan kata-kata, pernyataan dan pemanggilan nama atau meremehkan, merendahkan, melukai orang lain. Bahkan becanda yang membuat kurang nyaman dikatakan bullying.

3. Relasional, atau gosip termasuk upaya untuk mencoba menyakiti orang lain dengan merusak status sosial mereka. Seperti menyebarkan desas-desus yang kurang mengenakan.

4. Penindasan seksual. Bentuk bullying ini sering marak dan terjadi pada kalangan wanita. Seperti komentar kasar, sentuhan tanpa izin dll.

5. Prasangka buruk. Jenis penindasan ini dapat mencakup semua jenis sebelumnya. Perbedaanya, targetnya seseorang suku, ras, agama yang minoritas daripada golongan si penganggu/pelaku.

Apapun jenis bullying, itu adalah bentuk penghinaan tak disadari. Saatnya kita intropeksi diri dan meminta maaf jika menyakiti seseorang.
#StopBullying#We can end bullying!

Mia Nur Arizma
follow me
Latest posts by Mia Nur Arizma (see all)
Mia Nur Arizma

Mia Nur Arizma

anak kedua dari tiga bersaudara. sekarang sedang menempuh pendidikan disalah satu univ bandung mengambil prodi bimbingan dan konseling islam.