Remaja Produktif


PicsArt_12-29-11.58.12.jpg

Read 511 

Masa remaja merupakan masa dimana keinginan sedang bergejolak, pada masa ini suasana hati bisa berubah dengan sangat cepat. Perubahan suasana hati yang sangat cepat di rasakan oleh seorang remaja ini biasanya berhubungan dengan beban yang mereka rasakan baik itu dirumah atau pun di sekolah. Meski suasana hatinya sangat mudah berubah-ubah, hal tersebut belum tentu merupakan masalah psikologis. Seorang remaja juga harus memiliki tujuan hidup yang terarah dan harus memiliki sikap tanggung jawab yang baik. Remaja yang diberi kesempatan untuk mempertangung jawabkan tindakan mereka , akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih berhati hati, lebih percaya diri, dan mampu bertanggung jawab. Rasa percaya diri dan rasa bertanggung jawab yang sangat dibutuhkan sebagai dasar pembentukan jati diri positif pada remaja.

Masa remaja juga merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa ini juga merupakan masa berekspresi dan pencarian jati diri. Banyak muncul ide-ide kreatif dan inovatif dari para remaja. Namun tidak sedikit pula remaja yang menghabiskan waktunya untuk kegiatan yang tidak bermanfaat, bahkan mungkin merugikan diri sendiri dan orang lain. Untuk menghindari hal-hal tersebut, kita harus menyadari pentingnya menjadi remaja yang produktif yaiitu remaja yang memaksimalkan waktunya untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Menjadi seorang remaja yang produktif dan berprestasi pasti menjadi sebuah keinginan yang sangat di inginkan, dengan menjadi remaja yang berprestasi kita akan membanggakan kedua orang tua dan juga semua anggota keluarga. Namun, mencoba berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif tentunya tidak mudah dilakukan. Kita membutuhkan komitmen dan usaha keras agar mampu menjadi remaja yang produktif.

Lalu bagaimana cara agar mampu menjadi remaja yang produktif dan berprestasi?
1. Ketahui passion kalian
Memasuki usia remaja kita memang sering labil dan tidak tahu apa sebenarnya yang kita inginkan. Hal itulah yang harus kita hindari, kita harus mulai mencari tahu apa passion kita. Jika kita sudah mengetahui passion kita dimana itu akan membuat lebih mudah untuk menekuninya. Sebab, dengan menentukan minat sejak masa remaja tentu saja bisa membuat kita lebih mudah untuk berkarir.
2. Fokuskan diri pada pendidikan dan juga aktivitas di luar akademis
Saat remaja tentunya hal utama yang harus kita pikirkan ialah pendidikan yang sedang kita jalani. Menjadi berprestasi di bidang pendidikan tentunya memerlukan usaha keras dengan rajin belajar. Namun, remaja berprestasi juga tidak hanya dari bidang akademis saja. Jika kita memiliki bakat di bidang olahraga dan seni tentu kita juga harus ikut kegiatan ekstra yang mendukung bakat tersebut.
3. Mengambil inisiatif
Salah satu cara menjadi remaja yang produktif dan beprestasi ialah dengan mau mengambil inisiatif. Misalnya saat merasa pelajaran di sekolah sangat susah dimengerti, maka kita bisa berinisiatif mengajak teman untuk belajar kelompok agar bisa dibantu saat masih ada hal yang tidak dimengerti. Selain itu, kita juga bisa mengambil inisiatif untuk memperbanyak skill dengan ikutan kursus, dengan mengambil inisiatif yang tepat maka kita bisa dimudahkan untuk belajar dan menjadi remaja yang lebih produktif dan berprestasi.
4. Carilah teman yang tepat
Teman adalah hal terpenting bagi kehidupan seorang remaja. Seorang teman atau sahabat telah menjadi keluarga baru bagi seorang remaja. Bahkan mereka sering lebih percaya kepada teman daripada dengan keluarga sendiri. Memilih teman yang tepat juga sangat mempengaruhi prestasi kita. Jika kita dikelilingi oleh teman yang sama-sama suka berkompetisi dalam bidang pendidikan tentu kita akan selalu termotivasi untuk belajar lebih baik.
5. Miliki me time
Me time atau waktu berkualitas untuk diri sendiri juga harus kita miliki minimal satu hari dalam seminggu. Setelah seminggu sibuk belajar dan beraktivitas, kalian harus tetap menerima reward dengan memiliki waktu libur dan istirahat ya. Gunakan waktu me time untuk melakukan segala aktivitas yang kita sukai misalnya mengerjakan hobi. Dengan bersantai dengan diri sendiri maka kita bisa menjauhkan diri dari beban dan juga stres akibat kegiatan sehari-hari yang padat dan berat. Luangkan selalu waktu berkualitas untuk diri sendiri.
6. Bersosialisasi
Bersosialisasi merupakan aspek yang penting dalam kehidupan remaja, karena akan mempengaruhi kemampuan bertindak dan berbicara. Tentu akan berbeda seorang remaja yang sering bersosialisasi dengan remaja yang hanya berdiam diri di rumah. Namun jangan lupa untuk memilih kegiatan yang dapat memberikan dampak positif, seperti remaja masjid, karang taruna, atau kerja bakti. Dengan mengikuti kegiatan sosial seperti itu kita akan mendapatkan teman baru, menambah pengalaman, bahkan dapat melihat kehidupan dengan sudut pandang yang berbeda. Manfaat ini akan menambah kapasitas diri dan menjadi lebih dewasa.

Dhea Chairunnisa
Follow me
Latest posts by Dhea Chairunnisa (see all)
Dhea Chairunnisa

Dhea Chairunnisa

Dhea Chairunnisa, lahir di Cianjur tanggal 1 November 1998. Pendidikan SDN Dewisartika, SMPN 1 Cipanas, SMAN 1 Sukaresmi dan sedang menjalani sebagai mahasiswa di UIN Sunan Gunung Djati Bandung