Remaja : Muda dan Berkarya


20191230_104941_0000.png

Read 205 

Remaja adalah masa perailah dari anak – anak menuju dewasa. Pada masa ini setiap orang mengalami tahapan menuju kedewasaan yang dimulai dengan pubertas. Untuk laki – laki biasanya ditandai dengan mimpi basah, bertumbuhnya jakun, suara yang membesar dan wanita ditandai dengan menstruasi atau haid.

Usia remaja adalah usia yang produktif dimana hormon sedang mengalami perkembangan baik secara fisik atau biologis. Pada usia ini seseorang memiliki jiwa penasaran atau rasa ingin mengetahui yang sangat tinggi, senang mencoba hal – hal baru dan masa unyuk mencari jati diri yang sesungguhnya. Namun, usia ini memang belum memiliki kematangan secara mental, remaja biasanya masih mudah goyah dan labil dalam menentukan sesuatu.

Usia muda tentu menjadi sebuah keuntungan untuk kita menciptakan sebuah petualangan dihidup kita, mencari pengalaman sebanyak – banyaknya. Tentu hal itu harus dalam koridor yang positif. Segala hobi dan kesenangan yang kita miliki harus diarahkan kepada hal yang positif agar bisa menciptakan suatu karya dengan kekuatan yang kita punya.

Mari kita menciptakan suatu karya diusia muda ini. Kita manfaatkan waktu yang kita punya untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa. Sesuatu yang dapat berguna untuk diri kita dan orang lain. Karya tidak harus sesuatu yang besar, mari ciptakan karya yang sesuai dengan apa yang kita punya dan apa yang menjadi kemampuan kita. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menciptakan suatu kary, diantaranya adalah :

1. Mengetahui Potensi Diri
Kita harus mengetahui potensi diri kita. Dengan mengetahui potensi diri kita bisa melihat apa yang kita bisa dan kekuatan kita. Untuk mengetahui potensi diri, kita perlu mengenak diri kita sendiri, renungkan dan pikirkan apa yang sebenarnya menjadi potensi yang bisa kita kembangkan.

2. Mengetahui Hobbi
Kita perlu mengetahui hobbi kita sendiri, karena dengan hobbi yang sering kita lakukan itu kita bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa. Kita bisa melihat contoh para pemain sepak bola, itu semua berasal dari hobbi yang menjadi impian. Dengan melakukan hobbi mereka bisa menciptakan suatu karyanya baik prestasi atau hal lainnya.

3. Mengasah Kemampuan atau Bakat
Setiap orang memiliki bakat masing – masing. Namun,bakat itu perlu dilatih setiap hari agar terus berkembang dan sempurna. Bakat yang tidak dilatih lama kelamaan akan memudar dan tidak menjadi apa-apa. Maka dari itu setiap dari kita perlu mengasah bakat atau kemampuan yang kita miliki.

4. Membuag Sesuatu Yang Beda
Panji Pragiwaksono pernah mengatakan “membuat seseuatu yang beda, lebih baik. Dibanding membuat seseuatu yang sedikit lebih baik”. Artinya membuat seseatu yang baru atau yang beda dengan kebanyakan orang adalah hal yang lebih baik dan luar biasa dibandingan membuat sesuatu yang sama walaupun hasilnya lebih baik. Seseuatu yang beda akan selalu muncul kepermukaan karena merupakan sesuatu yang unik. Inilah yang dinamakan kreatifitas.

5. Berani Memulai
Dari semua hal itu yang paling penting adalah berani memulai. Kebanyakan orang hanya berteori saja tapi takut untuk memulai karena takut gagal. Mulailah sesuatu, jika kita gagal itu adalah sebuah kewajaran dan kita bisa belajar dari kegagalan itu. Suatu karya tidak akan menjadi karya jika tidak dimulai. Mulailah melakukan sesuatu dengan berani tanpa menunggu untuk hebat. Gagal karena mencoba lebih baik dari pada tidak melakukan apa – apa.

Sebagai anak muda mari kita manfaatkan waktu kita untuk menciptakan karya dan hal yang bermanfaat. Apapun yang kita bisa itu adalah kekuatan kita. Kita bisa berkontribusi untuk negara ini dengan apapun yang kita lakukan, selama hal itu adalah sesuatu yang bermanfaat.

Fahrurozi
Follow me
Fahrurozi

Fahrurozi

Fahrurozi Bekasi- 08 Mei 1999 SDN Sukamanah 04 SMPN 1 Sukatani SMAN 1 Sukatani Ketua MPK 1 Sukatani Ketua Divisi Himaja UIN Sunan Gunung Djati Bandung PAO HMJ BKI UIN Sunan Gunung Djati Bandung