Puberty Can Bring Insecurity


0116C65B-FFE3-48E8-8C11-371842965696.png

Read 101 

Memasuki masa puber, remaja pasti menyadari perubahan pada dirinya. Salah satunya adalah bentuk tubuh. Bagi remaja perempuan, bentuk tubuh merupakan perubahan yang paling terlihat jelas saat memasuki pasa puberty.

Mengalami haid, payudara mulai membesar, serta perubahan lainnya. Tidak menutup kemungkinan jika perubahan tersebut dapat membuat hilangnya rasa percaya diri dan malu akan bentuk tubuhnya.

Biasanya remaja memiliki bintang tersendiri di televisi sebagai gambaran bodygoalsnya. Peran media massa sangat penting. Banyaknya remaja yang melakukan penggambaran bodygoals dimedia masa tentang ukuran kecantikan seseorang, membuat remaja gemar membandingkan dirinya dengan seorang idol. Alhasil, jika remaja ini mendapati dirinya tidak sesuai dengan panutannya, maka akan menimbulkan rasa tidak percaya diri dan minder.

Lalu apa yang bisa dilakukan orangtua untuk meningkatkan kembali rasa percaya diri sang anak? Peran orangtua sangat penting dalam mengawari informasi yang didapat oleh anak. Orangtua perlu memberitahu bahwa informasi dari media kecantikan tidak semuanya bisa ditiru atau ditelan mentah-mentah.

Selain itu, berpikir positif dan selalu bersyukur menjadi hal yang perlu ditanamkan dalam diri anak. Jika kedua hal tersebut sudah tertanam dalam dirinya, maka ia akan sadar akan kelebihan dirinya dan memandang pribadinya spesial bukan hanya dari aspek fisik saja.

Siska Amelia Rosalina
Follow me
Latest posts by Siska Amelia Rosalina (see all)
Siska Amelia Rosalina

Siska Amelia Rosalina

Better late than never