Peran Orang Tua terhadap Anak Remaja


IMG-20191231-WA0021.jpg

Read 212 

Anak merupakan anugerah bagi orang tua. Oleh karena itu,sebagai orang tua kita memiliki tanggung jawab dalam membesarkan anak untuk menjadi pribadi yang baik. Terlebih dapat kita lihat bagaimana anak remaja zaman sekarang banyak sekali yang melakukan kenakalan,penyalahgunaan narkoba,serta pergaulan bebas. Nah kenakalan remaja tersebut sebenarnya dapat di cegah dengan berdampingan terhadap tumbuh kembang anak/remaja oleh orang tua.

Sebagai orang tua kita harus mengenal anak kita dari sejak dini,karena hal ini sangat penting dalam proses mendidik anak. Dekat dengan anak kita adalah salah satu syarat untuk mereka bisa terbuka kepada kita,bercerita tentang apa yang mereka alami dan rasakan tanpa adanya rasa canggung kepada kita sebagai orang tua. Karena tak jarang anak usia remaja menjaga jarak pada orang tuanya,terutama privasinya tentang aktivitas sehari-hari yang mereka anggap penting,namun justru berdampak buruk bagi masa depannya.

Usia remaja awal (13-16 tahun). Dimana anak-anak akan mengalami kondisi dimana kehidupan terasa bebas,rasa penasaran yang tinggi terhadap hal-hal baru,meningkatnya fungsi seksualitas dan dorongan emosi yang tidak stabil. (Syamsu Yusuf,2011:204-205) terhadap hal tersebut,disinilah peran orang tua sangat penting terutama sebagai “Agent Of Control” bagi prilaku mereka.

Apa saja sih peran orang tua terhadap anak usia Remaja??? Yuk mari kita simak apa saja peran-peran orang tua terhadap anak usia Remaja :
1. Sebagai Pengontrol
Pada masa ini anak-anak akan mengalami fase pencarian jati diri,anak akan dihadapkan pada berbagai pilihan dan pengaruh,salah satunya dari teman sebaya. Pengaruh teman sebaya sangatlah besar,jadi kita sebagai orang tua hatus mengawasi pergaulan anak agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah. Pentingnya orang tua dalam masa pencarian jati diri anak yaitu dapat memberikan arahan kepada anak mengenai hal-hal yang bisa dilakukan dan tidak dilakukan seperti melakukan hal-hal yang positif misalkan hobinya.

2. Sebagai Contoh (Role Model)
Peran orang tua terhadap mental dan sikap anak juga harus dibangun dari diri orang tua sendiri,karena orang tua merupakan contoh bagi anak. Anak akan meniru sikap orang tua dalam mengatasi masalah/dalam bertindak. Jika kita tidak ingin memiliki anak yang pemarah,maka janganlah kita sekali-kali membentak dan memarahi anak. Tunjukan sikap dan mental terbaik kita di depan anak,agar anak kita dapat menangkap bahwa kita sebagai orang tuanya merupakan figur yang baik,yang patut di contoh oleh anak kita nanti.

3. Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Anak
Perkembangan zaman saat ini memang di dominasi oleh hal-hal teknologi yang membuat banyak keluarga kehilangan komunikasi yang efektif. Hal ini yang harus kita perhatikan. Remaja merupakan masa yang mudah terpengaruh oleh lingkungan dan dunia maya. Untuk itu kita sebagai orang tua memiliki tugas dan kewajiban untuk mengontrol penggunaan media sosial anak agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak di inginkan. Selain mengontrol kita juga harus berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan anak,kita bisa mengajak bebincang hangat ketika di meja makan,atau di waktu senggang. Bersikap seperti teman,sahabat bagi anak yang menginjak remaja akan sangat menyenangkan,dan anak pun pastinya akan lebih terbuka terhadap kita.

4. Sebagai Pendorong
Masa remaja tentu membutuhkan dorongan dari orang tua,terlebih ketika anak sedang mengalami kegagalan dalam suatu hal,pada saat itu kita harus menanamkan/memberikan kekuatan serta rasa percaya diri terhadap anak kita,bahwa kegagalan bukan berarti kita benar-benar gagal,namun kegagalan adalah awal dari segalanya untuk kita memulai dengan lebih semangat dan berdoa kepada Allah. Ketika kita menginginkan sesuatu kita harus berdoa kepada yang Maha Kuasa tentunya.

5. Sebagai Pembimbing Agama
Sebagai pendidik pertama bagi anak,orang tua harus menanamkan nilai-nilai keagamaan terhadap anak,seperti ketaatan beribadah,berprilaku baik,hormat kepada orang tua,yang secara perlahan akan terinternalisasi pada diri setiap remaja sehingga ahirnya berdampak positif bagi kehidupan mental dan spiritualnya.

Itulah beberapa peran penting orang tua di dalam membentuk mental dan sikap remaja. Selamat berusaha menjadi orang tua terbaik bagi buah hati Anda.
Sampai berjumpa di tulisan yang selanjutnya….

Siti Zahra Salsabila
Follow me
Latest posts by Siti Zahra Salsabila (see all)
Siti Zahra Salsabila

Siti Zahra Salsabila

اذكرني اذكركم واشكر لي ولا تكفرون