Peran Orang Tua Terhadap Anak Remaja


WhatsApp Image 2020-01-05 at 10.37.44 PM

Read 185 

Sebagai orang tua wajiblah pintar dalam mengurus anak-anaknya, banyak sekali orang tua yang sudah merasa baik dalam mengurus anak-anaknya namun masih tidak tau peran seperti apakah yang harus orang tua lakukan di setiap pertumbuhan anak-anaknya, perlu orangtua ketahui peran sebaagai orang tua harusnya berbeda-beda disetiap masa pertumbuhannya terutama pada masa remaja, yang dimana anak mengalami masa remaja dia adalah masa pencarian jati dirinya, apabila orang tua salah langkah dalam pola asuhnya maka akan sangat berpengaruh bagi masa depan anaknya.

Maka dari itu berikut ada beberapa peran penting yang harus orang tua lakukan dalam pola asuh anak-anak remaja.
1. Orang tua sebagai Pendorong
Mengalami masa perkembangan menuju dewasa, anak remaja tentu saja membutuhkan sebuah dorongan dari orang tuanya. Terutama saat mengalami suatu kegagalan papun yang dapat menyurutkan kekuatannya, dan pada saat itu dibutuhkanlah peran orang tua sebagai pendorong untuk anaknya yang dimana orangtua perlu menanamkan kembali kekuatannya dan rasa percaya dirinya dalam mengahadapi masalah agar sang anak belajar untuk tidak mudah menyerah dari suatu hambatan apapun yang dihadapinya.

2. Orang tua sebagai Panutan
Remaja perlunya seseorang yang akan menjadi panutan baginya terutama dikeluarganya. Orangtua perlu memberikan contoh baik dan contoh teladan dalam menjalankan aturan agama maupun norma yang berlaku umum dimasyarakat. Peran orng tua yang baik akan sangat berpengaruh bagi anaknya yg menginjak usia remaja.

3. Orang tua sebagai Pengawas
Menjadi suatu kewajiban bagi orangtua untuk selalu melihat dan mengawasi gerak gerik serta sikap dan perilaku anak remajanya, agar sang anak tidak terjerumus kedalam pergaulan bebas.
Namun demikian hendaknya dilakukan dengan cara yang bersahabat dan lemah lembut. Sikap penuh curiga , Justru akan mudah menciptakan jarak antara remaja dan orang tua, serta kehilangan kesempatan untuk melakukan dialog terbuka dan cerita dengan anaknya yang menginjak masa remaja.

4. Orang tua Sebagai Teman
Menghadapi remaja yang telah memasuki masa menjelang dewasa, orang tua perlu lebih sabar dan harus mau mengerti tentang perubahan pada remaja. Perlu menciptakan dialog yang hangat dan akrab, jauh dari ketegangan atau ucapan yang disertai cercaan dan makian.
Hanya bila remaja merasa aman dan terlindung, orang tua dapat menjadi sumber informasi terpercaya, serta teman yang dapat diajak bicara atau bertukar pendapat tentang kesulitan atau masalah mereka.

5. Orang tua sebagai Penasehat
Peran orang tua sangat penting dalam mendampingi remaja, ketika menghadapi masa-masa sulit dalam mengambil keputusan bagi dirinya. Orang tua dapat memberikan gambaran dan pertimbangan nilai yang positif dan negatif , sehingga mereka mampu belajar mengambil keputusan terbaik.

Selain itu orang tua juga perlu memiliki kesabaran tinggi serta kesiapan mental yang kuat menghadapi segala tingkah laku mereka, terlebih lagi seandainya remaja sudah melakukan hal yang tidak diinginkan . Sebagai penasehat, orang tua dituntut untuk tidak menghakimi, tetapi dengan jiwa besar justru harus merangkul remaja yang bermasalah tersebut.

Rinanda Sismonita
follow me
Latest posts by Rinanda Sismonita (see all)
Rinanda Sismonita

Rinanda Sismonita

Saya adalah pribadi yang santai namun selalu ingin penuh dengan kepastian tidak terlalu suka dengan hal yang ambigu