“Penyebab Menangis Tanpa Alasan”


Read 232 

Hallo Temen-temen teens semuaaaaaa …..

Apa Kabar nih semoga sehat selalu yah dalam kondisi bumi kita yang Lagi baik-baik saja karena beberapa factor yaitu datangnya virus corona yang belum usai kita harus selalu jaga kesehatan ya…. Selalu patuhi protokol yang ada jangan lupaaa okee.

By the way yahh ada yang pernah gasih ngerasain sering banget sedih tanpa kita tahu alasannya apa, bahkan misalkan kita lagi ngelamun tiba-tiba suka netesin air mata gitu aja wkwkwk oke oke kaya nya ada kali yah, atau semua orang pernah negrasain kayanya. Karena beberapa orang pasti masalah yang bahkan kita sendiri susah buat di ungkapin. Tapi yuk kita baca tulisan di bawah ini yang bisa aja ngebantu kita sadar yang pernah ngerasain sedih tanpa alasan. Apa aja sih penyebab yang bikin kita ga sadar akan hal itu.

Penyebab Menangis Tanpa Alasan?

Temen-temen teens ada pernah mendengar istilah hypophreni?  yang artinya berarti ‘gejala yang membuat seseorang menangis tanpa alasan’.  Dan ternyata kenyataannya, dilansir dari A Dictionary of Psychology Oxford, hypophrenia adalah nama lain dari keterbelakangan mental. Tuh Jauh banget kan?

Nah terus apa dong penyebab seseorang menangis tanpa sebab? Sebenarnya, ada beberapa gangguan psikologis dan neurologis yang bisa menyebabkan orang menangis tanpa alasan.

Namun Jika kebanyakan orang menangis melihat orang terdekat terluka atau film sedih, sebagian orang ada yang gak mengetahui alasan mereka menangis. Tiba-tiba saja air mata menetes dan perasaan mereka kacau. Dilansir dari Healthline, ada beberapa penyebab orang menangis tanpa alasan.

1.Gejala depresi adalah penyebab paling umum orang menangis tanpa sebab

Biasanya, air mata yang berlebihan sering dikaitkan dengan depresi dan kecemasan. Depresi adalah gangguan suasana hati yang membuat kamu merasa sedih berlarut-larut. Biasanya, gejala ini berlangsung lebih dari beberapa minggu. Kamu akan merasa kegiatan dan hobi yang biasa menyenangkan gak lagi menarik untuk dilakukan. Adapun gejalanya, antara lain kesedihan, perasaan muram, putus asa, gak berharga, gak bertenaga dan susah berkonsentrasi. Namun, air mata yang berlebihan ini adalah gejala awal depresi yang ringan. Orang dengan depresi berat biasanya sulit mengekspresikan perasaan mereka, termasuk susah menangis.

2. Gangguan kecemasan (anxiety) adalah alasan berikutnya kenapa kamu sering menangis tanpa sebab

Setiap orang bisa merasa gugup dan cemas. Namun, hal tersebut berbeda dengan seorang yang mengalami gangguan kecemasan.

Orang dengan gangguan kecemasan lebih sering merasa khawatir dan gugup, bahkan bisa setiap hari atau setiap saat. Adapun, gejala gangguan kecemasan, antara lain rasa gelisah yang berlebih, mudah tersinggung, ketegangan otot, merasa lelah setiap saat, susah fokus dan konsentrasi serta kesulitan tidur.

3. Selain masalah psikologis, menangis tanpa sebab juga bisa disebabkan oleh masalah neurologis, seperti pseudobulbar

Pseudobulbar affect (PBA) adalah gangguan neurologis akibat cedera atau adanya gangguan pada bagian otak yang mengendalikan emosi seseorang. Orang dengan PBA susah mengontrol emosi.

Sehingga, apa yang dialami kadang gak sesuai dengan apa yang dirasakan. Karena memiliki gejala yang mirip, kadang PBA sering salah didiagnosis sebagai depresi. Adapun, PBA sering terjadi pada orang yang memiliki riwayat stroke, Parkinson, Alzheimer, demensia, amyotrophic lateral sclerosis (ALS) dan multiple sclerosis (MS).

4. Bisa juga disebabkan oleh hormon

Dilansir dari jurnal American Psychological Association, rata-rata wanita lebih sering menangis daripada pria karena hormon testosteron menghambat seseorang untuk menangis. Selain hormon, norma dan budaya yang berlaku di masyarakat pun membuat perbedaan wanita dan pria untuk menangis. Orang dengan rasa simpatik terhadap kesejahteraan orang lain juga lebih rentan untuk menangis, daripada yang kurang simpatik.

Setelah kamu membaca penjelasan di atas, kamu gak bisa serta-merta mengidentifikasi dirimu mengidap salah satu dari poin di atas. Kamu perlu berkonsultasi pada psikolog atau psikiater untuk mendiagnosis dengan tepat apa gejala yang kamu alami. Dengan begitu, kamu bisa tahu penanganan terbaiknya. Salam sehat jiwa raga!

Latest posts by Alya Nabila Zahra (see all)

Alya Nabila Zahra

Hi temen-temen kenalin aku Alya Nabila Zahra, aku berasal dari kota Sukabumi. Umur ku 20 tahun, aku lahir pada tanggal 11 Maret 2000. Jenjang pedidikan ku, Aku pernah bersekolah di SDN Cisuda 1, lanjut SMPN 6 Sukabumi, dan SMA di SMAN 3 Sukabumi. Kemudian hingga sekarang aku Mahasiswi di perguruan tinggi negeri yaitu Universitas Islam Negeri SGD Bandung.