PENTINGNYA PERILAKU HIDUP SEHAT BAGI REMAJA


Healthy-Lifestyle-2.jpg

Read 197 

Di usia yang memasuki masa remaja, kegiatan yang kita hadapi sehari-hari sangatlah banyak, betul tidak IGens? Misalnya saat pagi hari kalian berangkat ke sekolah, atau mungkin ada juga yang pergi untuk melaksanakan kegiatan di luar, dan pada malam harinya kalian mengerjakan tugas atau pergi menongkrong di suatu kafe.

Nah masa remaja disebut sebagai periode perkembangan yang penting terutama dalam kaitannya dengan keadaan sehat dan keadaan tidak sehat. Banyak perilaku sehat serta perilaku tidak sehat berkembang selama masa remaja. Contohnya pasti IGens pernah atau bahkan sering melakukannya nih, seperti sering tidur larut malam atau bahasa gawlnya begadang, trus kalo makan makanannya yang instan atau cepat saji biar ga ribet, suka ngelewatin sarapan pagi, olahraga yang tidak teratur atau malah jarang, dan juga kurang mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Seringkali remaja zaman sekarang menyelepekan perilaku sehat. Kalian harus mulai beranggapan bahwa sehat itu mahal dan sebisa mungkin untuk mencegah sakit itu terjadi. Karena ada pepatah yang mengatakan Lebih baik mencegah daripada mengobati pasti sering denger kan ya pepatah itu? Mungkin ada yang bertanya Kenapa sih Pola Hidup Sehat itu penting? Jika IGens melaksanakan pola hidup yang sehat, kita bisa terhindar dari sakit, juga kita akan sehat dan bugar ketika akan mengawali aktivitas keseharian.

Nah disini aku bakal share ke IGens sekalian, beberapa perilaku hidup yang sehat yang bisa kalian mulai lakukan.
1. Kalian harus memerhatikan asupan makanan yang akan masuk ke tubuh kita. Asupan makanan yang harus kita makan, usahakan selalu 4 sehat 5 sempurna. Saat makan pun harus teratur, jangan sampai sarapan kalian mepet ke siang dan akhirnya makan nya saat makan siang. Kurangi makanan yang berlemak, berminyak, pedas dan mengemil IGens. Memang akan susah karena kebanyakan makanan pasti ada unsur seperti itu, tapi ayo kita coba.

2. Selain makanan, kita juga harus memperhatikan minuman apa yang kita minum. Seenak-enaknya minuman hits zaman millenial seperti, milktea, thaitea, ditambah topping boba atau pearl haduh akan kalah sehatnya dengan kalian yang meminum air sebanyak 2 liter atau delapan gelas per harinya loh. Mari sedikit-dikit kita hindari minuman yang banyak mengandung gula, perasa buatan, dan pewarna buatan yu!

3. Yang paling penting nih, yaitu Olahraga. Kalian jangan sampai lupa karena kebanyakan aktivitas, jadi lupa untuk olahraga ya. Olahraga itu harus dilakukan secara teratur IGens. Olahraga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh. Lakukanlah olah raga paling tidak 3 kali dalam satu minggu ya IGeners.

4. Yang paling utama dan mungkin merupakan kesukaan kalian, yaitu istirahat. Istirahat yang cukup sangat penting bagi tubuh kita yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kita bisa kembali bangun dengan tubuh yang lebih segar untuk melanjutkan kegiatan yang produktif. Tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Tapi, jangan karena ingin terus meningkatkan kemampuan otak ngebuat kalian jadi terus tidur ya IGners.

5. Lingkungan yang sehat. Apabila kita ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya maka kita juga harus memperhatikan lingkungan kita. Lingkungan yang perlu kita jaga adalah, air, tanah, udara, iklim, tumbuhan dan lain sebagainya. Setelah lingkungan kita bersih dan sehat marilah kita terapkan pola hidup yang bersih di lingkungan sekitar, jangan bermalas-malas dirumah ya IGeners, jangan rebahan terus

6. Dan yang terakhir mari kita berhenti melakukan kebiasaan buruk yang membahayakan kesehatan yuk IGeners. Contohnya seperti merokok. Memang kembali lagi kepada kalian yang melakukannya karena aku sendiri pasti tahu jika kalian sudah mempunyai konsekuensi sendiri tapi ingatlah untuk mengurangi merokok di tempat umum ya IGeners. Menjadi perokok pasif itu lebih berbahaya dibanding perokok aktif.

Nah itu dia enam perilaku hidup yang sehat yang bisa kita lakukan ya IGeners. Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat, karena nanti siapa yang kena manfaatnya? Tentu kita sendiri. Yuk, IGeners, mari kita terapkan perilaku hidup sehat demi Indonesia yang lebih sehat pula!

Sumber: https://smakgadingserpong.bpkpenaburjakarta.or.id/2018/11/05/bahasa-pentingnya-pola-hidup-sehat-bagi-remaja/

Tiani Sylvia Novianti
Follow me
Latest posts by Tiani Sylvia Novianti (see all)
Tiani Sylvia Novianti

Tiani Sylvia Novianti

rebahan itu rutinitas, fangirling itu prioritas