Pentingnya Menyusun Karir Masa Depan Sejak di Bangku Sekolah


WhatsApp-Image-2020-04-21-at-05.53.53.jpeg

Read 270 

Hello Teman – Teman……..
Gimana nih kabar nya ? Semoga selalu dalam keadaan sehat yah. Nah, teman-teman kali ini aku akan membahas tentang “Karir”. Pasti ada yang bertanya “Kak, yang dimaksud karir itu apa ya”? Jadi,karir itu adalah suatu rangkaian aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan dan perilaku, nilai-nilai dan aspirasi seseorang. Nah, penentuan karir itu dapat kita tentukan sesuai dengan minat, bakat, kepribadian, hobi, dan lain –lain. Jadi, Karir itu adalah menentukan keinginan kita di masa yang akan datang. Misalnya aku pengen nih jadi Guru, Pengusaha, dan pembisnis itu balik lagi kepada diri kita masing-masing.

Dalam dunia berkarir sudah bukan dunia yang untuk bermain-main. Begitu pun sama halnya seperti dari segi tugas dan passure antara dunia sekolah dan karir sangat nyata bedanya. Nah, sebelum turun di dunia karir lebih baik kita persiapkan diri kita dari sekarang. Karena 180 derajat akan berbeda, mulai dari pressure,tugas yang di dapat hingga lingkungan kerja yang mudah mempengaruhi diri kita. Mungkin di waktu kalian masih duduk di bangku sekolah masih bisa bermain-main atau meunda tugas, tetapi ketika kita sudah terjun di dunia karir kita tidak bisa lakukan hal yang sama ketika kita masih duduk di bangku sekolah.

Nah, agar kita tidak kaget dengan dunia berkarir di masa yang akan datang. Alangkah baiknya disusun dari sekarang mau di tulis di buku lalu di tempelkan di tembok, mau di tulis di handphone dan di jadikan wallpaper, atau yang lainnya. Adapun dalam penyusunan kita harus melihat langkah-langkah nya terlebih dahulu, antara lain :

1. Tentukan target atau tujuan dari sekarang
Nah, dalam menentukan tujuan untuk berkarir di masa depan harus di bentuk sejak dini. Dan ternyata, cara yang paling efesien dalam meraih sebuah kesuksesan dalam berkarir di masa depan yaitu dengan memantapkan target dan menetapkan target yang sesuai dengan impian. Coba untuk berpikir matang dan jangan setengah-setengah dalam menentukan target dalam jangka panjang.
Sebab kesuksesan dari impian tidak hanya tentang ingin jadi apa saat kalian sudah dewasa nanti. Tetapi juga apa yang ingin kalian lakukan saat ini atau di masa depan.

2. Raih karir berdasarkan passion
Siapa sih yang tidak ingin bekerja dengan tidak sepenuh hati ? pasti jawabannya tidak ada, karena semua orang akan menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan segala sesuatu berdasarkan bakat dan minat yang ada pada diri kita dan sesuaikan dengan passion yang kita inginkan.

3. Jangan salah pilih
Nah, selagi masih duduk di bangku sekolah alangkah baiknya tentukan jenis kairi seperti apa untuk di masa yang akan datang atau di masa depan. Karena di tiap tahunnya pasti kita melihat makin banyak career seekers yang baru lulus kuliah atau fresh graduate.
Namun, sangat di sayangkan jika career seekers tersebut langsung menerima sebuah pekerjaan yang sebernarnya tidak sesuai dengan passion. Selain itu, mereka beralasan bahwa pekerjaan pertama mereka dapat dijadikan “batu loncatan” atau pemebelajaran. Akibatnya, banyak dari mereka yang bekerja hanya hitungan bulan karena tidak menyukai pekerjaan dan ibaratkan seperti “kutu loncat”

Nah, teman-teman semua jadi kita dapat menyusun karir dari sejak masih di bangku sekolah. Kenapa ? agar kita mengetahui dan focus untuk meraih karir yang kita inginkan. Dan jangan lupa untuk berkonsultasi kepada seorang konselor atau guru BK yang memang siap untuk mendengarkan keinginan hati kalian tetapi kalian masih bingung untuk memantapkan sebuah karirnya. Contoh lainnya seperti, ketika kita duduk di kelas 3 SMA, dimana fase tersebut mulai membuat bimbang hati, pikiran, serta lainnya.

Mengapa bimbang? karena kita harus memilih untuk melanjutkan study ke penguruan tinggi dan menentukan jurusan yang memang menjadi bakat dan minat kita yang ada di dalam diri. Dan juga bimbingan antara memilih lanjut untuk kejenjang yang selanjutnya atau lanjut kedunia kerja. Maka dari itu kita harus sering-sering untuk berkonsultasi agar dapat menentukan karir yang sesuai bakat dan minat diri kita.

Riska Febriyanti Nurfitriyani
Follow me
Latest posts by Riska Febriyanti Nurfitriyani (see all)
Riska Febriyanti Nurfitriyani

Riska Febriyanti Nurfitriyani

Nama : Riska Febriyanti Nurfitriyani Nama Panggilan : Riska atau Ika TTL : Bandung, 06 Februari 1999 Hobby : Menyayi,Menulis.