Pentingnya Menjaga Mental Health Di Era Pandemi Bagi Remaja


Pentingnya-Menjaga-Mental-Health-Di-Era-Pandemi-Bagi-Remaja.png

Read 216 

Di era pandemi ini kesehatan mental generasi muda, khususnya remaja menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Mengapa demikian? Karena pasti kita tahu bahwa masa remaja adalah masa yang sering disebut dengan masa labil-labilnya, moodnya mudah sekali naik turun dan gampang sekali terpengaruh. Dan seperti yang kita ketahui, dampak pandemi ini membuat siswa maupun mahasiswa harus menjalankan pendidikannya secara daring atau online. Nah hal tersebut sedikit banyaknya pasti akan mempengaruhi mental para remaja. kok bisa seperti itu? Tentu bisa karena masa remaja itu identik dengan banyaknya kegiatan di luar serta masanya senang-senang dengan teman sebaya. Lalu kebiasaan tersebut harus tersendat oleh dampak pandemi yang mengharuskan remaja berkegiatan di rumah saja karena untuk meminimalisir kontak dengan orang banyak. Hal tersebut pasti membuat para remaja jenuh alias mumet karena terbatasnya kegiatan dan interaksi langsung dengan teman-temannya. Dan tentunya lama-lama hal tersebut membuat remaja semakin bosan dan stress sehingga berdampak pada mental health atau kesehatan mental bagi remaja tersebut.

Nah apa saja sih tips-tips yang bisa dilakukan untuk menjaga mental health bagi para remaja di era pandemi ini?
1. Menyaring informasi yang didapat
Remaja sebaga generasi milenial pasti tidak bisa terlepas dari gadget dan social media apalagi di masa pandemi ini. Hal tersebut membuat banyak sekali berita atau informasi yang akan didapat. Jika kita tidak bisa menyaring atau men-filter informasi yang didapat, dengan kata lain menelan bulat-bulat informasi yang belum terbukti kebenarannya alias kita termakan hoax, itu hanya akan membuat kita cemas dan overthinking. Oleh karena itu, sebagai remaja kita harus pintar dalam menyerap berita atau informasi yang kita dapat demi terjaganya kesehatan mental kita.

2. Berusaha untuk tetap tenang
Di masa pandemi ini pasti para remaja akan mengalami banyak tekanan seperti banyaknya tugas disaat sulitnya menyerap materi karena sekolah online atau karena tidak bisa bermain dengan teman-teman yang membuatnya merasa tertekan dengan keadaan atau bahkan karena tinggal di daerah yang sudah zona merah, hal tersebut pasti akan membuat kita semakin tertekan dan cemas. Oleh karena itu penting untuk kita berusaha agar tetap tenang dan tidak berpikiran negatif agar tidak membuat kita cemas dan semakin tertekan.

3. Selalu berkomunikasi dengan teman
Remaja itu sangat senang bermain dan berkumpul bersama dengan teman-temannya. Karena melakukan kegiatan-kegiatan seperti itu bagi para remaja memiliki kebahagiaan tersendiri. Ketika para remaja jauh dari teman-temannya, hal tersebut bisa menimbulkan rasa sedih. Oleh karena itu tetap berkomunikasi dengan teman secara daring pun juga dapat mengurangi rasa bosan atau stress yang dialami remaja karena jauh dari teman-temannya selama pandemi ini.

4. Konsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga
Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta rajin untuk berolahraga membuat kesehatan fisik remaja menjadi terjamin dan dapat membangkitkan energi para remaja tersebut. ketika fisik kita sehat dan dalam keadaan bugar, dapat mengurangi rasa cemas, takut dan tekanan selama pandemi ini.

5. Lebih mendekatkan diri dengan Tuhan
Selama di rumah saja memberikan banyak waktu kepada remaja untuk lebih fokus ibadah. Yang biasanya sibuk dengan sekolah dan kegiatan-kegiatan lainnya membuat kita kadang-kadang lupa dengan ibadah. Sekarang di masa pandemi ini dapat memberikan kita banyak kesempatan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Beribadah bisa membantu kita melawan segala perasaan negatif kita. Hati akan menjadi lebih tenang ketika rajin beribadah.

6. Memanage waktu
Kita harus pandai-pandai dalam membagi waktu dengan baik agar tidak terlalu terlena dengan keadaan disaat pandemi ini yang membuat kita menghabiskan waktu di rumah saja, dan hal tersebut menjadikan remaja identik dengan “kaum rebahan”. Oleh karena itu kita harus mengatur waktu sebaik mungkimn karena ketika kita sampai lupa waktu, itu hanya akan membuat kita panik, cemas dan tertekan bahkan sampai bisa menjadi stres.

7. Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan disaat pandemi seperti menjadi hal yang sangat penting karena dengan berada di tempat yang bersih dan nyaman membuat pikiran kita lebih tenang sehingga mengurangi kemungkinan stres dan tekanan di masa pandemi ini.

Nah itulah tips-tips yang bisa dilakukan oleh para remaja untuk menjaga mental health di era pandemi ini. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dipraktikkan ya. Dan semoga keadaan ini cepat kembali pulih agar kita bisa berkegiatan dengan normal dan bisa kembali berkumpul dengan teman-teman. Aamiin.

Irma Audiawati

Membaca Novel