Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini


20191229_202411_00001.png

Read 218 

Kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting dalam diri kita. Aktivitas yang sehari- hari kita lakukan tergantung pada kondisi kesehatan kita. Jika kondisi kesehatan kita baik, maka aktivitas yang kita lakukan akan mebuahkan hasil yang baik pula, begitupun sebaliknya jika kondisi kesehatan kita kurang baik maka aktivitas yang kita lakukan akan mebuahkan hasil yang kurang baik. Apalagi dalam kesehatan reproduksi kita harus selalu menjaga, merawat agar tidak terjangkit penyakit yang akan merugikan diri kita sendiri. Apalagi sampai melakukan hal- hal yang tidak patut untuk dilakukan sebelum menikah yaitu berhubungan seksual.

Pentingnya merawat, menjaga kesehatan reproduksi kita agar kita selalu terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang. Tentunya dalam hal menjaga dan merawat kita perlu pengetahuan atau informasi mengenai cara menjaga dan merawatnya, agar kita tidak salah dalam merawat dan menjaganya. Pengetahuan yang seperti apa yang harus kita ketahui, yaitu pengetahuan yang benar dan baik tentang cara merawatnya agar tujuan yang kita inginkan tercapai. Dan juga jika informasi yang kita dapat dari orang yang kurang dipercaya, maka kita harus menelaah terlebih dahulu, apakah informasi yang diberikan itu benar atau tidak.

Kesehatan Reproduksi adalah segala hal yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan pendidikan seksual yang bertujuan untuk menjaga, mencegah, dan mengembalikan kembali fungsi organ- organ seksual dari gangguan. Faktor- faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi yaitu dari makanan dan bagaimana kita merawat alat reproduksi kita akan tetap terjaga dari berbagai sumber penyakit.

Remaja diartikan sebagai masa perkembangan transisi antara masa anak, masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, dan sosio- emosional. Ciri yang menonjol pada masa remaja adalah perkembangan fisik yang cepat mencapai bentuk tubuh orang dewasa, perubahan dalam intelektual (kognitif), harapan- harapan baru akan peran sebagai orang dewasa, hubungan interpersonal yang baru dan tanggung jawab sosial yang lebih matang. Remaja dimulai usia 10-13 tahun dan berakhir 18-22 tahun.

Masa remaja merupakan masa pencarian identitas. Remaja mulai ingin memberikan kesan bahwa mereka sudah hampir dewasa. Berpakaian dan bertindak seperti orang dewasa ternyata belumlah cukup, oleh karena itu remaja mulai memusatkan dirinya pada perilaku yang berhubungan dengan status dewasa, yaitu merokok, minum- minuman keras, menggunakan obat terlarang, dan terlibat dalam perbuatan seks. Mereka menganggap bahwa perilaku ini akan memberikan citra yang mereka inginkan (Hurlock, 1994: 213)

Berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan reproduksi yaitu :
a. Jangan menyepelekan hal- hal yang kecil contohnya seperti membersihkan alat reproduksi, mencuci tangan setelah membersihkan alat- alat reproduksi dan mengganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari. Untuk perempuan ketika haid minimal mengganti pembalut setiap 4 jam sekali.
b. Harus rajin membaca buku mengenai kesehatan reproduksi agar kita bisa lebih waspada dalam berbagai kemungkinan yang terjadi.
c. Tidak melakukan hubungan badan dengan banyak orang untuk laki- laki maupun untuk perempuan.
d. Harus kuat iman agar tidak mudah terpengaruh oleh perkembangan zaman saat ini.
e. Pihak sekolah sebaiknya mengundang pakar dalam bidang reproduksi untuk melakukan penyuluhan kepada para siswa di sekolah.
f. Harus mengurangi makanan- makanan cepat saji, karena itu akan menimbulkan kemandulan.

Itulah pentingnya menjaga Kesehatan Reproduksi sejak dini.
semoga bermanfaat 🙂

Clarissa Anbar Milenia
Follow me
Latest posts by Clarissa Anbar Milenia (see all)
Clarissa Anbar Milenia

Clarissa Anbar Milenia

Lahir di Bandung pada tanggal 17 Juli 1999. Saya telah menyelesaikan pendidikan dasar (SD) di SDN MAJALAYA 2, lalu menyelesaikan SMP di SMPN 1 IBUN, lalu menyelesaikan MA di Mathlaul Huda Islamic Boarding School Baleendah. Organisasi yang pernah saya ikuti yaitu OSIS SMPN 1 IBUN sebagai anggota, PASKIBRA MA mathlaul Huda sebagai anggota dan sebagai panitia dalam berbagai acara yang berada di lingkungan Pesantren, sebagai Pengurus OSPM (organisasi Santri Pondok Modern) di bidang Laundry, IPMAKAB (ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Bandung) dalam bidang Olahraga.