PENTINGNYA KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA UNTUK MASA DEPAN


gayahidupmu.com_Gaya-Hidup-Remaja-Yang-Sehat-Dan-Positif-614x300.jpg

Read 100 

Remaja, apa sih yang dimaksud dengan remaja? Ok mari kita ulas sedikit tentang remaja dan sepenting apa kesehatan reproduksi itu. Remaja bisa kita artikan peralihan anak-anak menjadi remaja atau yang bisa kita kenal dengan masa puber (pubertas) dimana pada masa ini seorang remaja akan mencari jalan hidupnya, serta banyak perubahan yang di amali oleh remaja baik dalam psikologis ataupun biologinya. Dimana seorang yang sudah memasuki masa remaja akan mengalami mentruasi bagi prempuan dan mimpi basah untuk laki-laki, perubahan anggota tubuh, gejala awal ini sanagat normal untuk remaja dan gejala ini merupakan langkah awal seseorang disebut remja.

Dalam perubahan sikapun seorang remaja akan menjadi labil, tidak terkontrol, bingung, mencari kesenangan, emosi tidak terkontrol, dll. Tak hanya itu remaja juga kerap di kaitkan dengan penetunan masa depan seorang, dimana pada masa ini mereaka akan lebih terbuka pikirannya serta belajar untuk menjadi lebih mandiri.

Nah, sudah kita ulas sedikit tentang apa itu remaja ! Selanjutnya Seberapa penting kesehatan reproduksi remaja. Kesehatan remaja sangatlah penting dimana pada masa ini kita harus menjaga serta membersihkan area-area intim dan sensitive jika penanganannya salah maka akan berakiabat patal. Oleh karenanya para remaja harus menjaga kesehatan reproduksi untuk masa depanya kelak, karena alat repruduksi mementukan keturunan dan kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi :

  • Merawat kebersihan alat repruduksi dengan baik. Dimana seorang remaja harus sering membersihkan area sensitive, jika sudah buang air kecil maupun besar. Untuk menjaga kebersihan serta memngelap jika ada air-air yang menetes sehingga terhindar dari gatal.
  • Sering menganti CD. Seringlah menganti celana dalam, minimal 2kali sekali sehingga terhindar dari jamur yang ada pada celana. Apalsgi jika perempuann yang Haid itu seing lah berganti agar tidak gatal minimal 4 jam sekali.
  • Tidak merokok atau minum-minuman keras. Seorang remaja jangan coba-coba mencobal meroko dan minum-minuman keras karena akan sangat menggagu kehidupan serta banyak kesehatan yang rusak adan itu tidak baik untuk kesehatan reproduksi.
  • Pola hidup sehat. Hiduplah dengan pola teratur jangan terlalu sering bergadang, karena bergadang akan menurunkan kualitas kesehatan repruduksi, serta makan-makannan yang bergizi untuk proses pertubuhan dan kesehatan.

Sumber Artikel :
https://citasehat.org/remaja-sehat-calon-pemimpin-negara-berdaulat/
https://www.bkkbn.go.id/search/kesehatan-reproduksi-remaja
https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/menjaga-kesehatan-reproduksi-pria-wanita/
https://www.alodokter.com/cara-menjaga-kesehatan-reproduksi-wanita

Yunia Maulida
Follow me
Latest posts by Yunia Maulida (see all)
Yunia Maulida

Yunia Maulida

Artikel