Parenting itu Penting!


WhatsApp-Image-2021-01-19-at-22.47.54.jpeg

Read 105 

Hallo guys, Mungkin kebanyakan dari kalian para calon orangtua menganggap parenting itu hal yang sepele, Ternyata tidak begitu loh.. belajar parenting sebelum menikah atau sebelum mempunyai anak itu dapat memberikan manfaat untuk kita calon orang tua agar bisa mendidik anak dengan baik. Karena pendidikan anak diawali dari keluarga, maka cara mendidik anak itu sangat penting diperhatikan, ini sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter anak. Para calon orangtua harus memiliki bekal mengenai berbagai macam informasi tentang pendidikan anak.

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu parenting? Parenting itu adalah metode yang tepat bagi orangtua dalam pembentukan karakter anak. Parenting disini bukan hanya sekedar mengasuh anak, tetapi orangtua harus dapat mendidik, membimbing dan melindungi setiap perkembangan anak. Lalu kenapa belajar parenting sangat penting sebelum kita menikah atau mempunyai anak? Dibawah ini ada lima alasan mengapa kita perlu belajar parenting sebelum menikah

1. Tidak akan menjadi orangtua yang asal-asalan dalam mendidik anak
Tentunya menjadi orangtua itu bukanlah hal yang mudah, orangtua yang baik harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Ketimbang menjadi orantua yang asal-asalan, lebih baik kamu mempersiapkan baik-baik tentang bagaimana mendidik, memperlakukan dan membimbing anak dengan baik. Parenting ini juga dapat menjadi bekal untuk menciptakan keluarga yang harmonis dan bahagia dengan anak-anak yang tumbuh sehat dan cerdas didalamnya.
2. Orangtua sebagai pendidik pertama untuk anak maka membutuhkan ilmu dan kerja keras
Tentunya anak yang baik, cerdas dan ceria tumbuh dari orangtua yang baik, cerdas dan ceria pula. Sebelum menikah sangat penting membuat planning dan kesepakatan tentang bagaimana mendidik anak yang baik dan benar. Setidaknya memiliki gambaran untuk bagaimana membangun keluarga yang sehat dari segala aspek.
3. Persiapan mental untuk menghadapi masalah rumah tangga
Tentunya menjadi orangtua itu bukanlah hal yag mudah dijalani, ada banyak lika liku rumah tangga yang harus dihadapi. Dengan mempelajari dan menyiapkan beberapa persiapan dengan fikiran yang sehat akan membuat kamu siap menjadi orangtua yang baik yan dapat menjadi role model untuk anak-anaknya.
4. Kita tidak bernah tahu kapan anugrah anak akan diberikan
Kehamilan tentunya bukan sesuatu yang dapat diprediksi oleh kita sebagai manusia, karena kehamilan itu adalah pemberian dari Tuhan. Tentunya jika kamu mendapat anugrah dengan diberikan anak dengan cepat setelah menikah, maka ilmu parenting sebelum menikah akan sangat bermanfaat bagi kamu dan tidak perlu memikirkannya lagi saat kamu sedang hamil.
5. Keterbatasan waktu yang dimiliki setelah menikah
Seringkali parenting dipelajari setelah seseorang menikah, tetapi nyatanya kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari parenting setelah menikah. Maka tidak akan ada ruginya kalau kamu mempelajari menabung ilmu parenting sejak sebelum menikah. Sisihkan sedikit waktu kamu untuk belajar sebelum kewalahan sendiri setelah menikah.

Marwah Fadlilah
Latest posts by Marwah Fadlilah (see all)
Marwah Fadlilah

Marwah Fadlilah

Marwah Fadlilah, lahir di Garut tanggal 16 Mei tahun 2000. menyelesaikan pendidikan sekolah dasar di SD Muhammadiyah 2 Garut pada tahun 2012, Sekolah menengah pertama di SMP 2 Tarogong Kidul, dan Sekolah menengah atas di SMA 18 Garut. dan kini sedang menempuh jenjang S1 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung jurusan Bimbingan Konseling Islam.