Menjadi Remaja Seperti apa?


muslimah.jpg

Read 81 

Hello guys, di era globalisasi ini banyak banget tantangan kehidupan bagi semua kalangan usia. Dimulai dari anak kecil, yang pada zaman ini tak sedikit otak nya sudah terusak oleh gadget. Sampai pada kalangan orang tua yang kini menikmati masa-masa tua nya tidak seperti zaman dahulu lagi, kini hari-hari para lansia juga tak ingin kalah oleh kalangan anak muda yaitu lihai dalam memainkan gadget dan aktif di sosial media. Lalu bagaimana di kalangan para remaja?

Masa remaja adalah masa dimana mereka mencari jati dirinya, dengan berbagai cara melatih peran dan keyakinan baru dalam membangun identitas ego mereka. Pada masa remaja seorang anak akan mengalami masa pubertas dan itu lebih menunjukkan perkembangan biologisnya. Memasuki masa remaja akan mencari identitas dirinya dan pasti akan mengalami goncangan mengenai keberadaan suatu hal,maka pergaulan remaja saat ini perlu mendapatkan sorotan yang kuat baik dari pemerintah,masyarakat maupun keluarga sang anak. Pergaulan remaja sangat mengkhawatirkan karena perkembangan arus modernisasi dan westernisasi yang mendunia serta menipisnya moral keimanan, khususnya remaja pada saat ini. Karena ditangan generasi mudalah bangsa ini akan dibawa baik atau buruknya. Salah satu hal yang kebanyakan terjadi dikalangan remaja sekarang yaitu dari sisi negatifnya. Sebagian besar remaja zaman sekarang itu tidak melokal jeniuskan budaya-budaya asing ke Indonesia digunakan tanpa batas, bahkan gaya hidup orang barat ditiru oleh para remaja saat ini yang notabenya tinggal dikota metropolitan dan semua fasilitasnya tercukupi. Mereka lebih mengikuti trend mode dimasa sekarang, setiap ada model baru pasti dilakukan dan kalau tidak pasti takut dikatakan kudet atau jadul. Sebagaimana contohnya berpakaian seperti orang-orang luar negeri dan bergaya seperti masyarakat westernisasi yang kebanyakan korbannya yaitu para wanita.Remaja yang kekinian selalu dikaitkan dengan teknologi,semakin canggihnya teknologi maka semakin rusaknya moral dan etika hal tersebut seharusnya baik tetapi semakin canggihnya teknologi dan kurangnya benteng keimanan justru malah merusak remaja zaman sekarang. Memang tidak salah bagi mereka yang seharusnya menikmati perkembangan yang begitu canggih, semua alat-alat elektronik serba ada mulai dari HP, laptop dan sebagainya. Semua alat tersebut memudahkan kita untuk berkomunikasi,mencari tugas dan lainnya apabila kita terjerumus dari hal-hal yang menyimpang maka rusaklah generasi penerus bangsa.

Di zaman modern seperti ini pergaulan patut menjadi perhatian kita bersama. Coba lihat disosial media tentang maraknya pergaulan bebas, obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya. Serta banyaknya perkembangan teknologi yang seharusnya digunakan untuk belajar meningkatkan pengetahuan tentang ipTek malah disalah gunakan. Ini semua adalah akibat dari salah pergaulan. Salah pergaulan disebabkan karena berbagai factor, mulai dari factor keluarga yang kurang harmonis hingga menyebabkan remaja frustasi dan lari kejalan yang salah, factor teman yang salah yang sering mengajak kearah negative, serta factor lingkungan yang mendukung untuk melakukan hal negative, dan juga tidak dihiraukannya lagi batasan batasan pergaulan.

Semua hal diatas tidak akan terjadi jika remaja masih menerapkan etika pergaulan yang telah diajarkan dalam agama Islam. Sayangnya etika pergaulan itu sudah tidak begitu dipedulikan oleh remaja. Padahal begitu banyak kebaikan didalamnya. Nah ada beberapa etika di bawah yang bisa kita coba buat lakuin nih :
1. Menutup aurat
Menutup aurat bisa membantu dalam menjaga pandangan lawan jenis yang bisa menimbulkan terjadinya pelecehan. Dan juga membantu dalam menjaga kebersihan hati

2. Menjauhi perbuatan zina
Bergaul boleh saja, asal tujuannya positif, bukan untuk melakukan zina. Dengan memilih tempat dan teman yang baik yang membawa kita untuk melakukan hal hal positif seperti belajar bersama, mendatangi majelis ilmu, beramal, dan lain sebagainya dapat menjauhkan kita dari perbuatan zina

3. Menundukkan kepala, tidak melihat aurat orang lain.
Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya nafsu yang menjurus kearah maksiat

4. Meningkatkan keimanan serta ketakwaan kepada Allah SWT
Lakukanlah hal yang positif untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah. Jika iman dan takwa kita tinggi, insya Allah tidak akan terfikirkan untuk melakukan perbuatan yang negative yang melanggar syariat Islam

5. Menghindari berduaan dengan lawan jenis
Mari kita bergaul dengan cara yang baik menurut agama Islam. Agar kita semua terhindar dari kesesatan yang merugikan di dunia yang sementara ini. Bergaul lah dengan santun dan jangan sombong, berbicara dengan sopan, jangan saling menghina dan iri hati. Agar kita terhindar dari ini semua sebaiknya melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk masa depan saat bergaul, seperti memanfaatkan waktu luang dengan belajar bersama dan berbuat kebaikan yang berguna untuk orang lain yang membutuhkan.

Rizky Putri Amalia
Follow me
Latest posts by Rizky Putri Amalia (see all)
Rizky Putri Amalia

Rizky Putri Amalia

a whole world admirer