MENGURAI OVERTHINKING DENGAN TEKNIK SCALING


Read 241 

Adjie Santoso Putro (pakar mindfulness) melalui akun media sosial instagram membagikan cara kita biar ga overthinking dengan cara teknik scaling. Gimana itu, kuy teens baca selanjutnya

Pikiran Kita Emang Seringkali Abstrak

Nah SCALING adalah teknik yang membantu kita biar masalah yang ruwet jadi lebih jelas.

Biar pikiran yang abstrak jadi lebih nyata. Sehingga jadi sasaran yang lebih mungkin dicapai. Dengan bertanya ke diri sendiri (bisa juga ke orang lain kalau posisi kita sedang membantunya mengurai pikiran).

Misal:

“Dalam skala 1-10, dimana 1 adalah merasa benar-benar ambyar dan 10 adalah sangat bahagia, menurutmu di skala berapakah posisimu sekarang ini?”

Setelah tahu di skala berapa, bisa diikuti pertanyaan-pertanyaan yang menuntun menemukan langkah-langkah kecil agar bergerak ke skala lebih baik.

Contoh: “Apa yang sekiranya bisa kamu lakukan dalam waktu dekat ini yang membantu bergerak ke skala yang lebih baik?” atau “Di skala ini, apa yang akan kamu lakukan?”

Teknik scaling bikin kita merasa memegang kendali dan tanggungjawab atas hidup kita sendiri.

Serta Lebih Fokus ke Solusi

Menuntun berpikir secara mandiri, apa aja yang sebaiknya kita lakukan biar bisa bergerak ke skala yang lebih baik. Bisa lebih terukur juga dari waktu ke waktu.

Contoh lain:

“Saya abis pisah sama pasangan, Saya benar-benar cemas apa yang akan terjadi di hidup saya setelah ini.”

“Dalam skala 1-10, dimana 1 benar-benar cemas. dan 20 sangat nyaman, menurutmu di skala berapakah posisimu sekarang ini?’

“Saya rasa 2”

Kamu merasa di skala 2, apa karena udah mbayangin momen-momen yang bikin kamu enggak bahagia setelah berpisah?”

“Hmmm…iya.”

“Dalam skala 1-10, dimana 1 momen engga bahagia, dan 10 sangat bahagia, menurutmu di skala berapakah momen setelah kamu berpisah?

“3”

“Untuk melihat lebih jelas, adakalh momen yang lebih bikin kamu engga bahagia yang mungkin bisa terjadi atau pernah terjadi dalam hidupmu?”

“Ada”

“Setelah menyadari itu, kembali ke skala momen setelah berpisah tadi. Sekarang di skala berapakah momen setelah kamu berpisah?”

Saya rasa menjadi 7, setelah menyadari momen-momen lainnya yang lebih bikin saya enggak bahagia.”

“Dengan menyadari skalanya jadi 7, lalu apakah itu mempengaruhi skala cemasmu, di mana 1 benar-benar cemas dan 10 sangat nyaman?”

“Jadi 6. Enggak secemas yang saya rasa sebelumnya.”

Sumber: https://www.instagram.com/adjiesantosoputro/

infiniteens.id

infiniteens.id

Youth Digital Literacy