Mengatasi Mood Remaja Labil


WhatsApp Image 2019-12-31 at 3.57.03 PM

Read 105 

Masa remaja sering membuat seseorang terlihat labil. Malahan kadang jadi kesal sendiri menanggapi remaja yang melakukan perbuatan aneh-aneh. Padahal semasa remaja, sangat wajar sekali mood mereka naik-turun, tergantung situasi yang dihadapi. Psikolog Ayoe Sutomo menyebutkan, kaum remaja sering kali sulit mengontrol emosinya. Ketika mendadak perasaannya kalut, jadilah mereka bersikap menjengkelkan.

Maka setiap remaja punya peran penting agar bisa membangkitkan mood-nya. Setiap waktu, kaum remaja harus mudah mengubah mood negatif jadi positif. Jangan terus bersikap labil, kemudian malah merepotkan atau membuat jengkel orang lain. Nah, gimana sih cara untuk membangun mood positif itu biar bangkit lagiii! Yuk simak yuk!

Salah satu mood booster remaja yang paling ampuh adalah teman. Hal tersebut dapat terjadi karena frekuensi pertemuannya yang lebih sering saat di sekolah.Dengan begitu, maka bukan tidak mungkin jika anak mama akan lebih terbuka pada temannya, baik dalam menceritakan kebahagiaan ataupun kesedihan yang ia rasakan. Oleh karena itu, jika mood anak remaja mama sedang tidak baik, sarankanlah padanya untuk menelepon atau mengajak temannya ke rumah untuk membangkitkan semangatnya kembali. Namun lagi-lagi, Mama juga harus tetap mengingatkannya untuk dapat mengontrol moodnya sendiri tanpa harus bergantung dengan teman atau orang sekitar.

Menonton Film
Nonton film juga tentunya harus ditemani mamah yaa! Tonton film favorit dan ingat tontonlah film sesuai usiamu ya kawan, bisa sambil masak popcorn pula di rumah. Atau bisa juga kamu menonton film di bioskop bareng mama

Cara yang satu ini cocok sekali diterapkan yang memiliki minat bermusik yang tinggi. Anak remaja seperti ini biasanya sudah tahu bagaimana cara memperbaiki moodnya yang sedang tidak baik.
Salah satu cara yang ia lakukan adalah dengan mendengarkan musik favoritnya. Dengan mendengarkan musik, maka secara tidak sadar musik akan mengalihkan pikiran negatifnya menjadi sesuatu yang positif.

Nah, tips yang satu ini merupakan cara yang paling disukai oleh banyak anak remaja. Pengalihan terbaik dari bad mood yang menyerang adalah makanan dingin dan manis. Tak lain tak bukan ialah es krim! Makanan yang satu ini diketahui dapat dengan mudah menaikan mood setiap orang, bahkan remaja mama yang masih labil.
“Secara ilmiah, mengonsumsi es krim ada bagian di otak kita yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan emosi positif,” ungkap psikolog, Ayoe Soetomo yang ditemui pada acara peluncuran Joyday Ice Cream di Four Seasons Hotel. Ia juga menjelaskan bahwa es krim terbukti secara ilmiah dapat membuat seseorang merasa senang dan mengubah mood yang negatif menjadi positif, serta membuat mood yang sudah positif menjadi lebih senang dan bahagia.

Setelah anak mamam sudah mulai beranjak remaja, maka saat-saat itulah ia sudah mulai bisa berpikir secara dewasa. Maka dari itu, jangan heran jika suatu hari ia menumpahkan seluruh keluh kesahnya pada Mama.Nah, jika sudah begini maka sudah seharusnya Mama memberikan nasihat dan masukan yang tepat baginya agar ia dapat mengetahui langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalahnya. Ketika ia sudah mendapatkan solusinya, maka pasti moodnya juga akan kembali normal.

Tarisa Sri Lestari
Follow me
Latest posts by Tarisa Sri Lestari (see all)
Tarisa Sri Lestari

Tarisa Sri Lestari

Lahir di Bandung asli orang bandung